10 Tempat Wisata Indonesia Paling Populer Versi TripAdvisor

Borobudur tempat wisata terpopuler Indonesia versi TripsAdvisor.
Indonesia dikenal memiliki kekayaan alam dan tradisi-budaya yang luar biasa, hal ini bisa dikenali dari beragam banyaknya tempat-tempat wisata yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Namun dari sekian banyak tempat-tempat wisata unggulan yang ada,  Candi Borobudur menempati peringkat pertama sebagai tempat wisata paling popular di Indonesia. Setidaknya ini menurut versi situs perjalanan, TridAdvisor. Bahkan Candi Borobudur selama 2 tahun (2013 dan 2014) menempati peringkat teratas wisata populer Indonesia berdasarkan hasil survei Travelers' Choice yang dilakukan oleh jutaan ulasan dan opini dari wisatawan TripAdvisor. Pemenang penghargaan ditentukan menggunakan algoritma yang memperhitungkan kuantitas dan kualitas ulasan untuk ikon bangunan dan taman di dunia, yang dikumpulkan dalam periode 12 bulan.

Berikut daftar 10 tempat wisata populer Indonesia versi TripAdvisor :
No.
Peringkat 2013
Peringkat 2014
1
Candi Borobudur,  Magelang
Candi Borobudur,  Magelang
2
Candi Prambanan
Candi Prambanan
3
Candi Uluwatu, Uluwatu
Gunung Kawi, Tampaksiring, Bali
4
Tirtagangga, Candidasa
Tirta Gangga, Karangasem, Bali
5
Masjid Istiqlal, Jakarta
Tirta Empul, Tampaksiring, Bali
6
Candi Sewu, Yogyakarta
Ulun Danu, Baturiti, Bali
7
Candi Tirta Empul, Tampaksiring
Tjong A Fie's Mansion, Medan
8
Candi Plaosan, Yogyakarta
Candi Plaosan, Yogyakarta
9
Istana Air Tirtagangga, Karangasem
Taman Ujung Soekasada, Karangasem
10
Taman Ujung, Karangasem
Pura Taman Saraswati, Ubud

Secara keseluruhan, 10 tujuan wisata paling populer Indonesia masih didominasi Bali dan daerah Yogyakarta. Hal ini bisa dimengerti mengingat mayoritas wisatawan yang datang ke Indonesia melalui TripAdvisor mengunjungi kedua daerah tersebut. Namun hal ini setidaknya menunjukkan bahwa di mata wisatawan asing, Bali dan Yogyakarta merupakan daerah tujuan wisata utama di Indonesia.


Jika survei tersebut dilakukan terhadap wisatawan lokal Indonesia, pilihan terhadap 10 tempat wisata paling populer di Indonesia bisa jadi hasilnya akan ada perberbedaannya. Bagaimana menurut Anda ?

1 komentar untuk "10 Tempat Wisata Indonesia Paling Populer Versi TripAdvisor"