-->

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Dan Olahraga

Tips praktis menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga
Cara mudah menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga - Bentuk dan berat badan yang ideal tentu menjadi idaman setiap orang. Namun sayangnya, gaya hidup masa kini membuat pola makan serta aktivitas setiap orang menjadi berantakan.

Mempertahankan berat badan ideal kerap kali lebih sulit dibandingkan dengan menurunkannya. Nah, agar berat badan yang sudah ideal tetap terjaga, yuk terapkan pola makan ini.

"Diet penurunan berat badan tidak selalu buruk dan ekstrem seperti yang terlihat, kuncinya adalah menemukan pola makan yang tepat dan seimbang, serta pemilihan makanan yang sesuai kebutuhan tubuh," ungkap nutrisionis dari Australia, Aloysa Hourigan.

Ahli gizi lainnya, Brooke Stoddart, menyebutkan bahwa selain memilih makanan yang tepat, penting juga untuk memiliki porsi yang cukup dan tak berlebihan. Selain itu, sempatkan juga untuk melakukan latihan ringan setiap hari, misalnya dengan berjalan kaki setidaknya 30 menit.

Berikut tips praktis untuk Anda yang ingin memiliki pola makan sehat dan mempertahankan berat badan :
1. Seimbangkan protein, karbohidrat, buah-buahan dan sayuran. Yakni dengan membagi piring Anda menjadi setengah porsi sayuran, seperempat karbohidrat dan satu seperempat porsi protein.
2. Pilih protein dari daging tanpa lemak, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan dan kacang-kacangan. Karbohidrat dari biji-bijian, beras merah, buah-buahan dan sayuran.
3. Orang dewasa sebaiknya mengonsumsi empat lembar roti gandum atau sereal per hari, dua porsi buah dan lima porsi sayuran.
4. Sertakan beberapa asupan susu dalam diet Anda, sebaiknya pilih produk yang rendah lemak.
5. Pilih camilan di antara waktu makan dengan pilihan asupan kacang-kacangan dan buah. Batasi makanan manis dengan gula yang berlebihan.
6. Cobalah untuk makan makanan segar sebanyak mungkin dan batasi konsumsi makanan yang diproses atau berpengawet.
7. Makan perlahan-lahan dan nikmati, jangan terburu-buru. Sediakan juga air putih yang cukup.

Beberapa cara berikut ini juga dapat Anda lakukan untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh :
- Kurangi setengah porsi nasi atau segenggam kepalan tangan. Itu Anda sudah mengurangi sekitar 100-150 kcal. Sementara itu, mengurangi konsumsi gula sebesar 1 sendok makan, Anda sudah mengurangi 50 kcal.
- Makanan yang dilapisi tepung dan digoreng akan menyerap lebih banyak minyak goreng. Oleh karena itu, sebaiknya 'memeras' makanan tersebut dengan tisu sebelum disantap.
Dengan demikian, Anda sudah mengurangi kalorinya sebanyak 50 kcal.
- Kulit ayam adalah bagian dari olahan ayam yang paling disukai karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang garing, namun mengandung kalori cukup tinggi. Tidak mengonsumsi kulit ayam membuat Anda menghilangkan 100 kcal.
-Mengurangi atau bahkan menghilangkan konsumsi kuning telur, sama halnya Anda sudah menghilangkan kalori sekitar 45 kcal.
- Jadikan buah sebagai camilan.Banyak buah yang bisa Anda jadikan camilan apalagi buah atau sayur dikenal mengandung banyak serat yang dicerna lebih lama sehingga Anda tak mudah lapar.
- Minum Teh hijau. Teh mengandung nol-kalori dan antioksidan yang dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh kita. Teh hijau juga menonaktifkan komponen yang dinamakan PPAR yang dapat mengaktifkan sel lemak. Minum teh hijau ini mencegah PPAR hidup sehingga dapat mengurangi produksi sel lemak.

Mudah bukan cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga? Yuk mulai konsisten mengurangi asupan kalori agar berat badan tetap terjaga dan risiko overweight bisa dihindari sebelum terlambat.
loading...

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Dan Olahraga. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Dan Olahraga"