-->

Cara Menyingkat Link Alamat Web Atau Membuat Short URL Website

Cara Menyingkat URL Alamat Blog - Mengapa alamat website atau blog (URL) harus disingkat? Tentu saja tujuan utamanya agar lebih singkat, praktis dan mudah diingat atau dicatat. Sebagai contoh URL artikel ini http://infonya123.blogspot.co.id/2015/06/cara-menyingkat-alamat-blog-atau-url-short.html bandingkan dengan http://bit.do/url-singkat. Tentu Anda sepakat, lebih mudah diingat dan praktis URL yang terakhir. Padahal kedua URL tersebut merujuk pada hal yang sama.
Cara menyingkat URL

Oya, URL adalah singkatan Uniform Resource Locator, yaitu cara penamaan alamat file di internet, yang berupa serangkaian karakter (huruf, angka atau simbol) yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan. URL menunjukkan alamat suatu sumber di internet. Contoh URL blog ini : www.infonya123.blogspot.co.id

Bagi pengguna media sosial, khususnya Twitter yang membatasi penggunaan kata maksimal 140 karakter, maka URL yang singkat sangat bermanfaat ketika mengupdate status, karena menghemat karakter. Selain itu ada orang yang memang dengan sengaja ingin menyembunyikan URL asal dari sebuah artikel misalnya, dengan cara menyingkatnya. Biasanya supaya membuat orang tergelitik ingin mengetahui sumber URL tersebut.

Ada banyak situs di internet yang menyediakan layanan gratis untuk menyingkat URL yang panjang menjadi lebih pendek. Sebagian layanan tersebut mensyaratkan penggunanya mendaftarkan diri lebih dahulu, tapi ada juga yang tanpa perlu mendaftar. Selain itu ada layanan penyingkat URL yang memberikan opsi kostumisasi URL yang ingin disingkat dengan kata-kata tertentu yang bisa kita pilih. Bahkan ada juga layanan penyingkat URL yang memberikan imbalan uang.

Cara menyingkat link alamat web atau artikel tertentu :
- Kunjungi situs penyingkat URL tersebut,
- Copy link alamat web atau link artikel yang akan dibuat URL singkatnya,
- Pastekan pada tempat yang disediakan untuk menyingkat URL panjang menjadi lebih pendek,
- Klik tombol Shorten/Go/Shrink URL atau sejenisnya.

Berikut beberapa layanan URL singkat yang dapat Anda gunakan sesuai keinginan.

1. GOO.GL

Yaitu URL penyingkat link milik Google, merupakan salah satu yang terpercaya dan banyak digunakan. Jika Anda login dengan akun Google, maka link yang disingkat akan tersimpan dalam akun Anda. Anda bisa melihat data statistik berapa kali link tersebut pernah dibuka dalam jangka waktu tertentu dan darimana lokasi orang yang mengaksesnya.

Google URL shortener.
Google URL Shortener


2. BITLY.COM

Bitly.com merupakan salah satu URL penyingkat link yang cukup populer penggunaannya.

Bitly.com Short URL
Bitly.com
3. BIT.DO

Layanan penyingkat URL Bit.do memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk mengkostum URL yang disingkat dengan kata-kata tertentu.
Short URL Bit.do
Bit.do
  4. ADF.LY

Layanan penyingkat URL Adf.ly banyak disukai pemilik blog yang memiliki trafik tinggi, karena dengan menggunakan layanan ini mereka sekaligus mendapatkan dolar. Yaitu 2 USD setiap ada 1000 kali klik pada URL yang telah disingkat dengan menggunakan Adf.ly.


5. a3a.co

a3a.co adalah layanan pemendek url yang memberikan penghasilan dari setiap kunjungan ke url pendek yang Anda bagikan.

Salah satu kelebihan a3a.co,  memiliki skrip otomatis untuk mengubah semua link artikel blog/web, tanpa harus susah-susah mengedit satu per satu secara manual. Bagi pemilik blog/web yang memiliki ratusan bahkan ribuan artikel, terlebih yang berpotensi viral, skrip ini sangat menguntungkan jika ada yang membagikan ke media sosial. Karena setiap klik akan menghasilkan uang. Pihak a3a.co menjanjikan membayar minimal $1.5 per 1000 tampilan. 

Selain yang sudah disebut, masih banyak lagi layanan penyingkat URL yang bisa dipilih, seperti :

- TINY.CC
- TINYURL.COM
- OW.LY
- SHORTURL.COM
- TR.IM


MENGKONVERSI URL SINGKAT KE URL ASALNYA

Sebaliknya, jika Anda ingin "mengembalikan" atau mengkonversi URL Singkat yang telah dibuat ke URL asalnya, maka Anda bisa menggunakan layanan dari Untiny.me

Caranya, kunjungi web tersebut, lalu masukkan URL yang ingin dikonversi, klik Extract.

Demikian info tentang Cara Menyingkat Link Alamat Web Atau Membuat Short URL Website, selamat mencoba.
loading...

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Menyingkat Link Alamat Web Atau Membuat Short URL Website. Please share this article.

Share:

2 Komentar untuk "Cara Menyingkat Link Alamat Web Atau Membuat Short URL Website"

a3a.co Payout ratenya cukup tinggi hingga $4,6 per 1000 kali tayang. Lumayanlah buat nambah2 penghasilan

There are a lot of people still using their website URL to advertise or link to their business page. Sometimes these link URLs are extremely long and tend to break when copied into a browser bar. Are you losing visitors because of too long URLs? url shortener