Cara Mudah Mengetahui Jarak Antar Kota Di Indonesia

Cara Mengetahui Jarak Antar Kota - Ketika kita akan bepergian ke suatu tempat atau kota untuk yang pertama kalinya, tentu kita ingin mengetahui berapa jauh jaraknya dari tempat kita berangkat. Dengan mengetahui jarak tempuhnya, setidaknya kita bisa memperkirakan waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapainya.

Untuk mengetahui jarak antar kota, khususnya di Pulau Jawa, kita bisa melihat pada tabel di bawah ini. Misalnya dari Bandung kita akan menuju kota Kediri, maka jaraknya adalah 662 km. Tentu saja kelemahan tabel ini hanya menunjukkan jarak sebatas pada kota-kota tertentu saja. Selain itu jarak antar kota dalam tabel tersebut sifatnya perkiraan jarak dengan mengambil titik ukuran di tengah kota, padahal bisa jadi tujuan kita ke suatu tempat lokasinya bukan di dalam kota, tapi di sebuah kecamatan yang jaraknya masih cukup jauh dari dalam kota. Tentu saja datanya menjadi tidak akurat.

Tabel Jarak Antar Kota Di Pulau Jawa
Jarak antar kota di Pulau Jawa.
Sumber : http://jogjarentalmobil.info
Nah, ada cara kedua yang lebih akurat, yaitu dengan memanfaatkan Google Maps. Dengan aplikasi Google Maps mengetahui jarak antar kota menjadi lebih mudah dan hasilnya akurat. Tidak hanya jarak antar kota di Pulau Jawa, tapi meliputi seluruh wilayah Indonesia. Lebih dari sekedar informasi jarak, Google Map juga memandu kita dengan menunjukkan rute jalan yang harus dilalui.

Cara mengetahui jarak antar kota dengan Google Maps ini tentu saja kita harus terhubung dengan internet, baik melalui laptop/komputer maupun aplikasi Google Maps di smartphone Android maupun Iphone. Kali ini saya akan tunjukkan cara mengetahui jarak antar kota dari laptop.

Misalnya Anda tinggal di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dan akan bepergian ke tempat saudara di daerah Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Pertama-tama buka laman www.google.co.id/maps. Lalu di ketikkan tujuan Anda, yaitu "Kecamatan Pare Kediri, Jawa Timur" pada kotak isian di sudut kiri atas. Maka akan muncul peta kota Pare.

Berikutnya klik Petunjuk Arah (lihat gambar di bawah), lalu isikan lokasi dimana Anda Tinggal, yaitu Kecamatan Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah.


Maka Google akan menampil peta rute perjalanan dari Kajen-Pekalongan menuju Pare-Kediri, lengkap dengan jarak dan panduan arahnya. Anda bisa memperbesar tampilan peta tersebut sampai ukuran maksimal lalu di-print sebagai pegangan Anda berkendara menuju tempat tujuan.
Cara mengetahui jarak antar kota dengan Google map.

Jika memiliki smartphone Android Anda bisa menginstal aplikasi Google maps ini, karena dengan aplikasi di HP Anda bisa kemana saja ke tempat yang baru pertama Anda datangi sekali pun, tanpa takut tersesat. Karena Google maps akan memandu perjalanan Anda step by step sejak dari depan rumah sampai ke tempat tujuan.

Lihat juga : Cara memantau kemacetan dengan Google Maps
loading...

Labels: Internet, Tekno

Thanks for reading Cara Mudah Mengetahui Jarak Antar Kota Di Indonesia. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Jarak Antar Kota Di Indonesia"