-->

Cara Memantau Kemacetan Lalu Lintas Dengan Google Maps

Cara memantau Kemacetan Lalu Lintas Dengan Google Maps - Sekarang Google Maps tidak hanya bisa digunakan untuk mengetahui jarak antar kota. Ternyata manfaat aplikasi Google Maps tidak hanya bisa menunjukkan peta jalan, tapi sudah dikembangkan lebih jauh lagi. Yaitu bisa digunakan untuk memantau kondisi lalu lintas di jalan raya secara real time. Apa yang terjadi di jalan yang akan dilewati kita bisa mengetahuinya, sehingga kita bisa mengalihkan ke rute lain.

Kemacetan memang menjadi masalah keseharian di kota besar Indonesia. Dan hal ini bisa mengganggu produktivitas. Berapa waktu yang terbuang sia-sia ketika orang-orang terjebak dalam kemacetan selama berjam-jam, belum masalah pemborosan bahan bakar. Google memahami masalah ini dan menawarkan solusi yang tepat guna melalui Google Maps yang terus diperbarui fiturnya.

Jika sebelumnya Google Maps hanya digunakan melihat rute suatu perjalanan dan jarak tempuhnya, lalu Google menambah fitur untuk memantau informasi kemacetan di jalan secara real time melalui Google Maps. Sebelumnya fitur ini hanya dapat diakses di 5 kota di Indonesia, lalu sejak 1 Juli 2015 Google telah menambahkan 19 kota baru. Kesembilan belas kota tersebut adalah Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Batam, Pekanbaru, Bogor, Bandar Lampung, Padang, Denpasar, Malang, Samarinda, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surakarta, Banda Aceh, Pekanbaru dan Jambi. Dengan demikian ada 23 kota di Indonesia yang kondisi lalu lintasnya dapat dipantau melalui Google Maps secara real-time yang bisa diakses di ponsel dan desktop.
Cara memantau kemacetan di jalan raya melalui Google Maps.
Dengan Google Maps, pengendara bisa memantau kondisi lalu lintas di berbagai kota secara real time (foto : Metrotvnews.com)
Untuk memantau  informasi mengenai kemacetan, aktifkan layer Traffic pada Google Maps. Cara mengaktifkan layer ini adalah dengan membuka menu yang dilambangkan dengan tiga garis pada pojok kiri atas.

Berikutnya masukkan rute yang dituju. Maka secara otomatis, peta pada Google Maps akan muncul rute yang telah dipilih bersamaan dengan informasi kemacetan. Peta pada Google Maps akan menjadi berwarna, yang menunjukkan perbedaan kondisi jalan yang ditandai dengan berbagai warna.

Terdapat 3 warna yang menandakan tingkat kemacetan yang berbeda. Warna hijau melambangkan jalan lancar, warna oranye melambangkan macet ringan sementara warna merah berarti terjadi kemacetan parah.

Tidak hanya informasi kemacetan, Google Maps juga memberikan informasi real time mengenai kecelakaan, perbaikan jalan, dan penutupan jalan. Jika ada insiden yang terjadi saat pengendara berada di jalan, Google Maps akan menggunakan informasi tersebut untuk memberikan rute alternatif, termasuk penjelasan mengapa rute tersebut disarankan. Sehingga pengendara bisa sampai ke tujuan dengan lebih cepat dan terhindar dari kemacetan.

Benar-benar bermanfaat, maka sangat disayangkan jika Anda memiliki ponsel Android sampai melewatkan aplikasi Google Maps yang bermanfaat memantau kemacetan lalu lintas.
loading...

Labels: Internet, Tekno

Thanks for reading Cara Memantau Kemacetan Lalu Lintas Dengan Google Maps. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Cara Memantau Kemacetan Lalu Lintas Dengan Google Maps"

ka boleh tau api kemacetan nya engga?