-->

Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Bisa Melalui 4 Jalur

Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi - Dari sekian banyak beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa maupun calon mahasiswa, salah satu yang paling banyak diincar adalah Beasiswa Bidik Misi. Tak heran karena beasiswa Bidik Misi merupakan beasiswa yang cukup populer dan persyaratannya terbilang lebih mudah dibanding beasiswa lainnya.

Namun banyak yang belum mengetahui, bahwa beasiswa Bidik Misi bukanlah beasiswa prestasi seperti beasiswa pada umumnya. Bidik Misi adalah bantuan atau dukungan biaya pendidikan kepada mereka yang memiliki minat melanjutkan jenjang perguruan tinggi (PT) namun terbentur pembiayaan.


Cara daftara beasiswa Bidik Misi 2016 secara online.
Berbeda dengan beasiswa prestasi yang fokusnya memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, Bidik Misi berfokus kepada mereka yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi.

Hal ini tertuang dalam penjelasan Pasal 76 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Karena itu, pemerintah berkewajiban memberikan bantuan melalui program Bidik Misi.

Meski demikian agar tujuan tersebut benar-benar dapat menjamin bahwa penerima Bidik Misi adalah mereka yang punya potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi dengan sebaik mungkin, maka ada persyaratan tertentu bagi penerima beasiswa Bidik Misi.

Seperti dilansir dari laman resmi Bidik Misi, sejak 2016 pendaftaran beasiswa Bidik Misi  dilakukan secara online.

Pendaftaran Bidik misi dibuka melalui 4 jalur, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta.

Berikut ini rangkauman bagaimana cara mendaftar bidik misi sesuai dengan jalur penerimaannya :

1. Pendaftaran melalui SNMPTN 
– Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke bidikmisi.dikti.go.id dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 2 bagian F) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
– Ditjen dikti memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
– Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui website bidikmisi.dikti.go.id, menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
– Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing masing siswa yang sudah direkomendasikan.
– Siswa mendaftar melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.

2. Pendaftaran melalui SBMPTN 
– Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
– Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
– Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2016 melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya seleksi.
– Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN 2016, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN 2016 tanpa harus membayar biaya seleksi.
– Calon peserta penerima beasiswa Bidik Misi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

3. Pendaftaran melalui PMDK-PN 
– SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI yang ada di luar negeri.
– Sekolah terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2016
– Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2016.
– Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
– Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
– Memiliki prestasi akademik di sekolah setiap semester.

4. Pendaftaran melalui seleksi mandiri PTN dan PTS
– Persyaratan pendaftaran sesuai dengan aturan PTN atau PTS masing-masing dengan cara mengunjungi situs web universitas tersebut.

Dengan informasi terbaru tentang cara pendaftaran beasiswa Bidik Misi tahun 2016, diharapkan para calon mahasiswa yang berminat dapat mempersiapkan diri sejak awal mengingat peminatnya sangat banyak.
loading...

Labels: Beasiswa, Pendidikan

Thanks for reading Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Bisa Melalui 4 Jalur. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Bisa Melalui 4 Jalur"