-->

Kabun Raya Baturaden, Ikon Wisata Baru Banyumas

Kebun Raya Baturadenyang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ini diresmikan pada 19 Desember 2015 oleh Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia Megawati Soekarno Putri. Tak heran karena tonggak berdirinya Kebun Raya Baturraden tak bisa dilepaskan dari inisiatif mantan presiden RI ke 5 ini. Setelah menunggu hampir 14 tahun sejak 2002, akhirnya Jawa Tengah memiliki Kebun Raya pertama dengan konsep pelestarian dan konservasi lingkungan seperti Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas. Wahana konservasi tanaman, pendidikan dan wisata ini berada di kawasan wanawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas.
Kebun Raya Baturaden Banyumas.
Kebun Raya Baturaden (sumber : Caritujuanwisata.blogspot.co.id)
Kebun raya Baturaden dibangun di luas lahan 143,5 hektare di Kelompok Pemangku Hutan (KPH) Banyumas Timur. Tempat wisata baru di lereng Gunung Slamet ini memiliki flora khas pegunungan di Jawa dengan total koleksi 2.637 spesimen (contoh) tanaman, baik tanaman umum maupun langka. Terdiri atas 571 spesies, 394 marga dan 196 suku. Secara keseluruhan, pembangunan Kebun Raya Baturraden akan berjalan selama 10 tahun dengan biaya mencapai Rp300 miliar. Dari total 143,5 hektar, baru 11 persen yang dikelola secara intensif.
Wisata Kebun Raya Baturaden.
Gerbang utama Kebun Raya Baturaden (sumber : Kompas.com)
Kebun Raya Baturaden akan dikembangkan konsep zonasi. Ada zona utama, zona alternatif, zona kantor, zona koleksi dan zona hutan. Untuk mendukung itu, zona koleksi akan dibuat paling luas dengan luasan 54 persen, hutan 25 persen, sisanya untuk zona lainnya.

Pada saat diresmikan, Kebun Raya Baturaden sudah dilengkapi dengan pembangunan sejumlah jalan, pedestarian, gedung kantor, hingga proses ekspolarasi tumbuhan koleksi. Sejumlah fasilitas pendukung juga dibangun, diantaranya rumah kaca, rumah kompos, rumah anggrek, tempat pembibitan, gazebo, dan rumah dinas.
Taman bunga (sumber : Viva.co.id)
Sejumlah taman juga telah dibangun, seperti taman paku-pakuan, taman obat, hingga taman tematik 'flora of java' yang terlihat indah. Di sekitar gerbang masuk sejumlah bunga terlihat warna-warni sangat menarik. Ke depan kebun ini juga berfungi untuk penanaman dan pemeliharaan koleksi tanaman lain. 
Wisata Baturaden
Rumah pohon, salah satu 'penghuni" Kebun Raya Baturaden
(sumber : Angkaspamujiecotourism.blogspot.co.id)

Dengan diresmikannya Kebun Raya Baturaden ini akan melengkapi destinasi wisata di Jawa Tengah dan menjadi salah satu ikon wisata di daerah Kabupaten Banyumas.

CARA MENUJU KEBUN RAYA BATURADEN
Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, jaraknya sekitar 14 km dari kota Purwokerto, atau sekitar 1,5 km dari gerbang utama Wana Wisata Baturaden. 

Untuk mencapai lokasi Kebun Raya Baturaden bisa ditempuh selama 30 menit menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor, bis tidak bisa masuk. Transportasi umum sejauh ini belum tersedia.

Akses untuk memasuki kebun raya ini harus melalui pintu gerbang Wanawisata Baturaden. Sekitar 2 km dari pintu gerbang Wanawisata, terdapat gapura bertuliskan Kebun Raya Baturaden.
loading...

Labels: Banyumas, Jawa Tengah, Kebun Raya, Wisata Alam

Thanks for reading Kabun Raya Baturaden, Ikon Wisata Baru Banyumas. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Kabun Raya Baturaden, Ikon Wisata Baru Banyumas"

wahhh baru tahu ada pemandangan sebagus ini di purwokerto, sejauh ini mainnya di wisata alam bandung . nice post gan, thumbs up :)