-->

Pantai Sine Tulungagung

Pantai Sine Tulungagung - Pantai Sine merupakan pantai alam yang berbentuk sebuah teluk di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Hal ini tak lepas dari keindahan pantainya yang alami, ombaknya yang cukup landai dan panorama sekitarnya yang asri. Di sebelah utara pantai sine terdapat tebing yang memiliki mata air alami yang membentuk sebuah pancuran sedangkan di sebelah utara pantai sine terdapat hutan yang masih alami dan dilindungi.
Pantai Sine Tulungagung.
Pantai Sine Tulungagung (sumber : Beritadaerah.co.id)
Pantai Sine yang terletak di desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Jawa Timur, berjarak 35 km arah selatan kota Tulungagung ini keindahannya diibaratkan seperti "Balinya Tulungagung", mengingat di sepanjang bibir pantainya dipenuhi dengan hamparan pasir putih. Karena keindahannya itu tak heran jika pada akhir pekan dan hari libur nasional Pantai Sine mulai banyak dikunjungi wisatawan. 

Keindahan pantainya kala sunrise membuat pantai Sine juga dikenal sebagai pantai matahari terbit kota Tulungagung. Di sekitar pantai terdapat fasilitasi lokasi outbond, triel track, kuliner, mancing mania dengan perahu nelayan, pemandangan tebing yang membuat seakan terbang bak melihat panorama surga.
Sunrise di Pantai Sine.
Sunrise di Pantai Sine (sumber : Riderkartini.blogspot.co.id)
Sepanjang jalan mulai dari Kota Tulungagung hingga lokasi wisata Pantai Sine, semuanya sudah lebar dan beraspal. Pemandangan alam pegunungan yang sangat elok menambah daya tarik kawasan pantai Sine. 

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Tulungagung telah melakukan berbagai usaha perbaikan, mulai dari perbaikan jalan, melebarkan akses jalan yang menuju pantai, pemasangan beberapa lampu jalan hingga penambahan fasilitas baru seperti toilet dan tempat pelelangan ikan di sekitar Pantai Sine.
Area paving di Pantai Sine (sumber : Semenanjung-senja.blogspot.co.id)
Bagi penggemar kuliner khas daerah, di sekitar pantai Sine juga sudah ada warung makanan dan minuman, bahkan ada juga ikan asap yang siap disantap atau dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Anda juga bisa belanja beragam ikan segar hasil tangkapan nelayan pantai Sine.
Labuh laut warga Sine Tulungagung.
Syukuran labuh laut warga Sine (sumber : Tulungagung.go.id)
Selain menyajikan keindahan alam, di Pantai Sine ini juga menyajikan keragaman budaya lokal masyarakat sekitar, seperti pertunjukan kesenian wayang kulit setiap tanggal satu Suro, juga prosesi larung sesaji yang dipercaya dapat mengusir semua hal buruk dan acara memandikan senjata kuno seperti keris dan tombak dari para sesepuh masyarakat.
loading...

Labels: Jawa Timur, Pantai Sine, Tulungagung, Wisata Pantai

Thanks for reading Pantai Sine Tulungagung . Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Pantai Sine Tulungagung "

mantap, kapan-kapan boleh dicoba nih sekalian liat wisata budaya di pantai sine