-->

Mengenal Studi Di Belanda

Belanda dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki keunggulan dalam pendidikan, ada banyak pilihan program studi dan gelar yang ditawarkan dan memiliki banyak kampus-kampus terbaik di dunia.
Info studi lanjut ke Belanda.
Studiinholland.nl
Menurut versi Times Higher Education tahun 2015, ada delapan universitas yang masuk dalam jajaran 100 terbaik dunia berada di Belanda. Selain itu, terdapat 14 universitas riset dan 39 kampus berbasis ilmu pengetahuan di Belanda yang bisa dipilih.

Letak geografi Belanda sangat strategis. Mahasiswa yang belajar disana dapat  menggunakan kereta untuk menjelajahi negara dan kota di sekitarnya. Untuk ke Paris hanya memerlukan waktu 3 jam, ke London 5 jam, dan ke Berlin bisa ditempuh 6 jam. Apalagi Belanda termasuk negara yang aman. Berdasarkan Global Peace Index, Belanda menduduki urutan ke-20 sebagai negara yang paling aman dari 162 negara di dunia.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, maka tak heran banyak mahasiswa dari berbagai belahan dunia memilih Belanda sebagai Negara favorit untuk menuntut ilmu. Menurut data, ada lebih 90 ribu mahasiswa di Belanda merupakan pelajar internasional, secara rasio, 1 dari 10 mahasiswa di Belanda adalah mahasiswa asing.

Kondisi ini ditunjang fakta bahwa Belanda merupakan negara dengan tingkat kemahiran bahasa Inggris tinggi. Berdasarkan English Profeciency Index (EPI), Belanda menduduki peringkat dua di Eropa dan ketiga di dunia. Mahasiswa asing tidak akan terkendala masalah bahasa jika studi di Belanda.

TIGA JENIS KAMPUS DI BELANDA
Ada beragam tipe program studi untuk para mahasiswa, baik lokal maupun internasional di Belanda.
Secara umum, gelar yang ditawarkan pendidikan tinggi di sana hampir sama dengan di Tanah Air, yakni sarjana, master, dan doktor.

1. Universitas riset
Universitas riset di Belanda menyediakan program sarjana, master, dan doktor. Untuk sarjana, terdapat beberapa gelar yang tersedia, yaitu Bachelor of Science (BSc) dan Bachelor of Arts (BA) dengan masa studi kurang lebih 3 tahun.

Sedangkan untuk program master, terdapat Master of Science (MSc) dan Master of Arts (MA) dengan durasi studi satu sampai dua tahun.

Untuk program doktor, setidaknya terdapat dua gelar yang ditawarkan, meliputi PDEng dengan masa studi dua tahun, serta PhD dengan masa studi empat tahun.

2. Universitas ilmu praktis atau terapan
Universitas ilmu praktis di Belanda menawarkan tiga program bagi para mahasiswanya, yaitu Associate (Ad) atau diploma selama dua tahun, Bachelor (B) atau sarjana selama empat tahun, serta Master (M) selama satu sampai dua tahun. Institusi ini tidak menyediakan gelar doktor, sehingga bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah S-3 harus mendaftar di universitas riset.

3. Institusi pendidikan internasional
Institusi pendidikan internasional menyediakan beberapa program, yaitu Master of Science (MSc) dan Master of Arts (MA) dengan durasi studi selama 1-2 tahun, serta PhD dengan masa studi yang fleksibel dengan institusinya. Untuk program sarjana tidak tersedia.

KAMPUS FAVORIT DI BELANDA
Dari berbagai kampus yang terdapat di Belanda, setidaknya ada 6 kampus yang bisa menjadi pilihan studi.

1. University of Amsterdam
Kampus ini merupakan institusi pendidikan tinggi terbesar di Belanda yang memiliki sebanyak 31 ribu mahasiswa di universitas yang berdiri sejak 1632 itu. University of Amsterdam menawarkan program sarjana dan pascasarjana dengan banyak kelas bahasa Inggris pada program master.

2. Delft University of Technology (TU Delft)
TU Delft merupakan universitas teknik negeri tertua di Belanda. Sesuai dengan namanya, kampus ini fokus pada disiplin ilmu teknik, komputer, matematika, ilmu terapan, dan manajemen teknologi dengan total 19.500 mahasiswa.

3. Utrecht University
Utrecht University menjadi salah satu kampus prestisius di Eropa. Saat ini ada 30 ribu mahasiswa yang menimba ilmu di kampus yang berdiri sejak 1636 ini. Utrecht University mengklaim 12 nobel pernah didapatkan oleh alumnus maupun mantan staf di sana.

4. Leiden University
Universitas ini didirikan pada 1575 oleh William I, salah satu pendiri monarki Belanda. Kampus ini merupakan induk dari 40 institusi riset yang memiliki hubungan dengan banyak pemimpin, baik nasional maupun internasional. Tidak kurang dari 23 ribu mahasiswa memilih kampus ini sebagai tujuan studi untuk berbagai subjek, dari mulai program sarjana hingga doktor.

5. University of Groningen
Kampus ini menduduki peringkat lima terbaik di Belanda. University of Groningen memiliki sejarah yang panjang dalam membuat terobosan, termasuk astronot Belanda pertama.

6. Eindhoven University of Technology
Kampus yang memiliki sekitar 7.100 mahasiswa ini sangat direkomendasikan untuk mahasiswa yang tertarik melanjutkan studi di bidang teknik. Selain itu, Eindhoven University of Technology juga menjadi salah satu universitas terbaik untuk arsitektur.

BIAYA KULIAH DI BELANDA
Umumnya kendala klasik belajar di luar Negara adalah masalah biaya. Namun dibandingkan Negara Eropa lainnya, biaya kuliah di Belanda relatif lebih murah. Berikut perkiraan biaya yang dibutuhkan selama studi di Belanda.

Program sarjana
Biaya kuliah program sarjana di setiap institusi pendidikan tinggi di Belanda berbeda-beda. Misalnya, biaya kuliah di Erasmus University of Rotterdam berkisar USD9.400 atau sekira Rp130 juta per tahun untuk Jurusan Ilmu Ekologi dan Teknik.

Program pascasarjana
Pada umumnya biaya kuliah pascasarjana adalah sekira USD10.898 atau sekira Rp151 juta per tahun.
Berikut ini beberapa kisaran biaya kuliah berdasarkan jurusan di kampus-kampus Belanda per tahun.
- Seni dan sastra : USD14.304
- Ilmu perilaku dan sosial : USD17.710
- Ekonomi dan bisnis : USD17.710
- Hukum : USD14.305
- Life Sciences : USD17.710
- Sains dan teknologi : USD17.710
- Ilmu spasial : USD14.304

Akomodasi
Studi di Belanda harus siap mencari tempat tinggal sendiri di sekitar kampus karena universitas-universitas di Belanda tidak memiliki asrama. Tergantung kotanya, secara umum biaya sewa kamar di Belanda adalah 300 sampai 600 euro atau Rp4,5 juta sampai Rp9 juta per bulan.

Makanan
Biaya untuk makan di Belanda cukup mahal. Setidaknya membutuhkan 200 euro atau Rp3 juta per bulan untuk mencukupi biaya makan di sana. Tapi hal ini bisa disiasati dengan cara makan di kantin universitas dengan harga terjangkau atau mengusahakan masak sendiri atau bersama teman-teman lainnya.

Biaya lainnya
Selain belajar, mahasiswa tentu butuh hal lain seperti menonton bioskop, jalan-jalan, dan hiburan lainnya. Harga tiket bioskop di Belanda sekitar 10 euro atau Rp150 ribu. Sedangkan untuk bepergian keliling kota bisa menggunakan sepeda seharga kurang lebih 50 euro atau sekira Rp750 ribu. 

Nah itulah gambaran jika Anda akan melanjutkan studi ke Belanda yang dikenal memiliki kedekatan historis dengan negara kita. Yang jelas dari tahun ke tahun semakin banyak minat pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk belajar di negara yang dikenal kincir anginnya ini. Salah satunya akibat kian gencarnya penawaran beasiswa bagi calon mahasiswa asal Indonesia.
loading...

Labels: Pendidikan, Studi Luar Negeri

Thanks for reading Mengenal Studi Di Belanda. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Studi Di Belanda"