-->

Tips Aman Mudik Naik Sepeda Motor

Mudik aman naik sepeda motor - Setiap lebaran selalu ditandai dengan tradisi pulang kampung alias mudik. Seakan belum afdol jika lebaran tanpa mudik ke kampung halaman untuk bersilahturahmi dengan sanak keluarga dan teman-teman lama.

Meskipun sudah ada himbauan dari pemerintah untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, namun faktanya mudik dengan naik motor masih jadi favorit bagi para pemudik. Alasannya memang klasik, yaitu lebih praktis dan lebih murah. Karena nantinya di kampung halaman mereka yang mudik juga membutuhkan transportasi, dan motor adalah pilihan yang tepat karena di daerah - terlebih pada hari lebaran - sulit mendapatkan transportasi umum.
Mudik naik motor.
Agar mudik dengan naik motor berlangsung lancar, maka pemudik perlu menyiapkan diri dan kendaraan yang akan digunakan agar selamat selama perjalanan. Apa saja yang perlu disiapkan , berikut ini beberapa kiat untuk para pemudik yang akan menggunakan sepeda motor :

Sebelum berangkat:
  1. Pastikan Surat surat kendaraan (STNK) dan SIM masa berlakunya masih lama. Bila masa berlakunya habis akan membuat konsentrasi pengendara terpecah.
  2. Periksa kondisi motor meliputi (cek kondisi mesin, oli, periksa kelayakan lampu depan dan lampu rem.
  3. Periksa kelayakan roda belakang dan depan bila sudah tipis segera diganti, karena kita tidak bisa prediksi cuaca di perjalanan. Siapkan jas hujan usahakan jas hujan celana dan baju 2 pieces (celana dan baju).
  4. Bila Anda pemula atau pertama kali melakukan perjalanan mudik alangkah baiknya banyak bertanya kepada teman-teman mengenai suasana dan keadaan yang akan dilalui nanti termasuk kapan harus istirahat dan di mana istirahat yang baik. Tanyakan juga situasi perjalanan harus di perhatikan dan diwaspadai.

Ketika di perjalanan:

Sebelum perjalanan Anda lebih baik berdoa karena berdoa mental kita akan tetap tinggi dan siap dalam menghadipi perjalanan panjang ini. Jangan lupa memperhatikan kondisi pengendara seperti:
  1. Menggunakan pakaian dan jaket yang nyaman dipakai (jangan pakai jaket yang sempit atau pun terlalu longgar).
  2. Pada saat perjalanan pastikan badan Anda sehat/kondisi badan fit.
  3. Taati peraturan lalu lintas/road safety.
  4. Menyalakan lampu kendaraan pada siang/malam hari
  5. Jangan membawa barang berlebihan dan ataupun diletakan dekat bagian depan dekat stang, karena akan mempengaruhi manuver kendaraan.
  6. Jangan paksa kemampuan diri dan kendaraan diatas kemampuan rata-rata rekomendasi.
  7. Jangan mudah terbawa emosi terhadap pengendara lainnya sehingga mengendarai motor dengan balapan.
  8. Bila mengendarai kendaraan dalam kondisi puasa atur ritme perjalanan, bila kondisi panas dan lelah jangan ragu untuk istirahat.
  9. Isi bensin kembali di SPBU terdekat walaupun kondisi penunjuk bensin berada di posisi seperempat mendekati habis, karena kita tidak tahu seberapa jauh lagi pom bensin di depan kita.
  10. Buat perjalanan mudik Anda sebagai perjalanan 'seolah-olah' rekreasi yang menyenangkan sehingga badan dan pikiran akan selalu rileks.
Dengan menerapkan kiat-kiat mudik bersepeda motor tadi mudah-mudahan perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan aman.
loading...

Labels: Otomotif, Safety Riding, Sepeda Motor

Thanks for reading Tips Aman Mudik Naik Sepeda Motor. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Aman Mudik Naik Sepeda Motor"