-->

Manfaat Kurma Dan Tip Memilih Kurma Yang Berkualitas

Manfaat Kurma Dan Tip Memilih Kurma Yang Berkualitas - Buah kurma merupakan salah satu buah yang identik pada saat Ramadhan. Selama bulan puasa, kurma rasanya menjadi salah satu menu yang wajib dikonsumsi sepanjang bulan. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kurma juga kaya akan manfaat untuk kesehatan.
Manfaat dan tips memilih buah Kurma.
Buah kurma.
Berikut beberapa manfaat buah Kurma yang baik untuk tubuh kita dan tepat dijadikan makanan pembuka puasa :

1. Mengontrol nafsu makan saat berbuka
Mengawali berbuka dengan memakan kurma dapat mengontrol rasa lapar saat berbuka, sehingga kita tidak akan makan berlebihan.

2. Mudah dicerna
Berbuka puasa dengan makan buah kurma membuat perut tidak kaget setelah berpuasa seharian. Sebab buah kurma yang kita konsumsi akan mengeluarkan zat yang mengaktifkan sistem pencernaan yang telah beristirahat selama berpuasa.

3. Sumber energi
Kandungan glukosa dan fruktosa yaang terdapat dalam buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh kembali bugar setelah seharian menjalani puasa.

4. Cegah sembelit
Saat berpuasa terkadang kita mengalami gangguan pencernaan, hal ini disebabkan oleh kekurangan serat dalam tubuh. Serat larut dan asam amino yang terdapat pada kurma bermanfaat untuk membantu sistem meringankan kerja sistem pencernaan kita.

5. Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
Saat berbuka tingkat keasaman darah cenderung meningkat, hal ini biasanya karena konsumsi daging dan karbohidrat ketika makan saat berbuka puasa. Dengan makan kurma tingkat keasaman dalam darah dapat seimbang.

Meskipun buah kurma kaya manfaat bagi kesehatan, namun jangan asal membeli kurma. Karena banyak jenis kurma, agar kurma yang kita beli berkualitas dan memiliki rasa serta tekstur yang enak, berikut tips cara memilih kurma :

1. Pilih kurma dengan kemasan yang baik.
Jika Anda membeli di pinggir jalan hindari memilih buah dengan kemasan yang kotor. Debu dan asap akan memengaruhi rasa dan kualitas serta kebersihan kurma.

2. Telitilah buah kurma saat akan membeli.
Lihat bagian kulit arinya. Pilih buah kurma dengan kulit ari yang masih utuh dan belum terkelupas.

3. Buah kurma yang baik memiliki bentuk yang besar.
Pilihlah kurma yang besar karena buah kurma yang kecil berarti sudah terlalu lama hingga mengering.

4. Pegang buah kurma dan pilihlah yang tidak lengket.
Kurma yang baik dan manis tidak memerlukan tambahan gula atau madu. Ini biasanya merupakan trik si penjual karena kurma yang kurang baik.

5. Pilih kurma dengan warna cokelat, merah, dan kekuningan.
Jika  terlalu merah sehingga terlihat hitam itu berarti buahnya kurang baik dan sudah lama.

6. Pilih kurma dengan batang yang masih utuh.
Hal ini karena dipercaya dapat mempertahankan rasa manis buah kurma.

loading...

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Manfaat Kurma Dan Tip Memilih Kurma Yang Berkualitas. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Manfaat Kurma Dan Tip Memilih Kurma Yang Berkualitas"