-->

Apa Bedanya, Makan Buah Sebelum Dan Sesudah Makan Nasi ?

Makan buah sebelum atau sesudah makan nasi? - Kebiasaan masyarakat kita biasanya diawali dengan menu utama (nasi dan lauk-pauknya), kemudian diakhiri dengan makan buah. Namun, ada juga yang makan buah terlebih dahulu, lalu makan menu utama. Lalu, mana yang benar, sebaiknya makan buah sebelum atau sesudah makan?
Makan buah sebelum atau sesudah makan nasi.

 "Belum makan nasi kok sudah makan buah." Banyak orang salah kaprah dengan stigma tersebut. Makan buah setiap hari memang menyehatkan. Namun, kebiasaan makan buah setelah makan nasi justru bisa menyebabkan masalah pencernaan. Stigma inilah yang perlu diluruskan.

Kita disarankan untuk makan buah 20-30 menit sebelum makan nasi. Alasan utamanya adalah karena buah mengandung gula dan membutuhkan waktu untuk mencerna. Nah, jika kita makan buah setelah makan nasi, butuh waktu yang panjang untuk mencernanya.

Seperti dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa alasan mengapa makan buah harus dilakukan sebelum makan nasi :

1. Buah harus selalu dimakan 20-30 menit sebelum makan nasi
Makan buah sebelum makan nasi dapat membantu mengurangi berat badan karena membuat Anda merasa lebih kenyang. Jika Anda makan buah setelah makan nasi, maka Anda sebaiknya menunggu sampai 3 jam kemudian.

2. Meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh

Karena tubuh kita tidak mendapatkan makanan apapun selama delapan sampai sembilan jam ketika tidur, maka dianjurkan untuk makan buah-buahan sebelum makan nasi, karena hal ini dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Hindari makan buah sebagai lauk pada makanan

Makan buah sebagai pencuci mulut tidak memberikan hasil terbaik bagi tubuh seperti buah yang dicincang dan dicampur ke dalam salad atau es krim.

4. Hindari buah kaleng, buah beku atau buah yang telah diproses

Buah-buahan yang tinggi kadar gula, pengawet atau bahan kimia dapat berbahaya bagi tubuh. Sebab itu tidak dianggap sebagai buah yang sehat.

5. Menyerap nutrisi penting

Makan buah setiap pagi saat perut kosong (sebelum sarapan) membantu tubuh untuk menyerap nutrisi penting yang ditemukan dalam buah-buahan.

Inilah beberapa alasan kenapa Anda sebaiknya makan buah sebelum makan nasi. Menanamkan kebiasaan ini akan menguntungkan Anda dalam jangka panjang.

Cara Mengkonsumsi Buah Yang Baik

Ada beberapa anjuran tentang cara mengkonsumsi buah yang baik :

- Bagi  Anda yang tidak ingin gemuk, makan buah sebelum makan dapat membantu program diet. Kandungan serat dari buah mampu menahan nafsu makan yang muncul karena masih dalam kondisi kenyang. Namun, jika ingin gemuk atau tidak masalah dengan berat badan dapat mengonsumsi buah setelah makan.

- Bagi penderita maag yang sebaiknya tidak mengonsumsi buah yang rasanya asam seperti nanas sebelum makan. Akan tetapi, bila perut sudah dalam kondisi terisi, maka bisa mengonsumsinya.

- Dari beberapa cara pengolahan yang digunakan untuk mengonsumsi buah, yaitu langsung dimakan, diblender, atau dijus, yang lebih baik adalah langsung dimakan alias tanpa pengolahan apapun karena kita mendapat segala kandungan nutrisinya dengan utuh.

Jika diblender, kandungan serat dan vitamin masih didapat meski tidak utuh. Namun, jika dijus kandungan seratnya akan hilang, hanya mendapat cairan dan vitamin. Padahal, serat dalam buah memberi banyak manfaat, seperti mempelancar saluran pencernaan, membantu mengikat lemak, dan membantu mengikat gula.
loading...

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Apa Bedanya, Makan Buah Sebelum Dan Sesudah Makan Nasi ?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Apa Bedanya, Makan Buah Sebelum Dan Sesudah Makan Nasi ?"