-->

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline Tanpa Internet

Google Maps Tanpa Koneksi Internet (offline) sudah bisa diakses di smartphone Android, namun mungkin belum semua pengguna mengetahui atau masih bingung menjalankan fitur tersebut.
Google maps offline.
Google Maps bisa dijalankan tanpa internet.
Fitur offline ini mengizinkan pengguna untuk mengunduh sebuah area ke ponsel. Jadi, saat perangkat mulai offline, Google Maps tetap bisa bekerja seperti biasa.

Saat masuk ke mode offline, pengguna tetap bisa mencari destinasi, mendapat navigasi belokan demi belokan, dan menemukan informasi tentang destinasi tersebut, seperti jam operasional, nomor telepon, dan rating.

Tentu saja, area yang ingin dicari pengguna sebelumnya sudah harus diunduh terlebih dahulu sebelum masuk ke mode offline. Apabila area belum diunduh, Google Maps tidak akan menampilkan destinasi yang dicari.

Kemampuan akses offline ini diharapkan dapat membantu pengguna memangkas pemakaian data (dan sedikit banyak penggunaan baterai) saat mengakses Maps di tengah jalan.

Kemampuan offline tersebut hadir di Google Maps versi terbaru. Bagaimana cara mengetahui versi Google Maps Anda sudah bisa atau belum untuk mengakses Google Maps offline ? Begini caranya.

Saat membuka lokasi di maps, jika Anda melihat tiga kombinasi opsi "Save", "Share", dan "Download", maka berarti aplikasi Anda telah diperbarui dan bisa menggunakan fasilitas peta Google Maps secara offline.

Namun, jika kombinasi opsi masih terpaut pada "Call", "Save" dan "Website", artinya aplikasi belum mendapat pembaruan, atau pengguna harus memperbaruinya secara manual terlebih dahulu.

Bagi pengguna yang sudah mendapat pembaruan, berikut langkah-langkah memanfaatkan fitur akses offline pada Google Maps.

Bagi pengguna yang sudah mendapat pembaruan, lanjutkan langkah-langkah berikut.

Pertama, buka aplikasi Maps pada perangkat Anda
Google Maps offline dapat dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS.

Kedua, cari lokasi tujuan
Pada tahap ini pengguna masih harus terkoneksi internet. Jika di rumah atau di kantor tersedia akses Wi-Fi, pengguna bisa lebih menghemat pemakaian data sebelum kemudian beranjak ke tempat sasaran.

Ketiga, unduh lokasi tujuan 
Maps bakal memperlihatkan informasi estimasi waktu untuk mencapai tujuan. Adapula informasi cuaca, foto-foto, dan deskripsi tempat jika sudah tersedia.

Bersamaan dengan itu, terpatri juga tiga opsi yang telah disebutkan sebelumnya (Save, Share, Download). Pengguna cukup menekan pilihan "Download" untuk mengunduh lokasi.

Keempat, konfirmasi lokasi tujuan
Maps bakal menunjukkan rute lokasi dan memastikan kepada pengguna apakah rute tersebut yang ingin ditempuh. Jika benar, pengguna cukup menekan layar untuk menyetujui perintah unduh.

Kelima, Maps akan mengunduh lokasi tujuan yang telah disepakati
Setelahnya, pengguna bisa beranjak menuju lokasi tersebut dengan informasi rute dari Maps tanpa harus mengaktifkan internet.

Kemampuan akses offline ini diharapkan dapat membantu pengguna memangkas pemakaian data (dan sedikit banyak penggunaan baterai) saat mengakses Maps di tengah jalan.

Untuk lebih lengkapnya cara menggunakan Google Maps versi offline ini, simak video berikut ini. Selamat mencoba! (Kompas.com)

loading...

Labels: Internet, Tekno

Thanks for reading Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline Tanpa Internet. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline Tanpa Internet"