-->

Cara Perawatan Aki Motor Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Perawatan Aki Motor - Aki motor banyak tipe dan mereknya. Harga pun beragam. Jangan mudah tergoda merek yang harganya miring. Karena aki murah, kualitasnya sebanding harganya; tidak tahan lama. Paling lama bertahan dalam hitungan bulan saja. Dihitung-hitung dengan umur pakainya, selisih harga belasan ribu dengan aki kelas premium, jatuhnya malah lebih mahal. Dengan perawatan yang rutin, aki motor seharusnya bisa awet dan mampu bertahan lebih 2 tahun.
Cara merawat aki motor agar awet.
Air aki jangan melewati batas atas atau batas bawah.
Dari pengamatan, kebanyakan bikers malas memberi perhatian pada komponen yang satu ini. Padahal yang diperlukan hanya pengecekan berkala, sebulan sekali, melihat isi air aki. Jika airnya dibawah garis Batas Atas (upper lever) , apalagi Batas Bawah, harus ditambah AIR AKI yang bungkusnya berwarna biru SAMPAI mencapai batas garis atas. Ketinggian air aki normal berada antara batas atas dan bawah.

Jangan mengisi air aki melebihi Batas Atas. Bukannya membuat kinerja aki bertambah baik, malah merusak aki. Dengan penuhnya ruang elemen akan terjadi reaksi di kutub aki. Akibatnya, timbul kerak pada terminal aki dan mengakibatkan aliran listrik terhambat. Motor sampean yang menggunakan starter elektrik akan kesulitan untuk menghidupkan mesin motor.

Sebaliknya, jika air aki terlanjur dibawah Batas Bawah, siap-siap rogoh kocek buat beli aki baru. Aduh mak, harga aki sekarang mahal. Makanya jangan lupakan perawatan. Malas? Mending bawa ke bengkel, biar mekanik yang menangani. Tul kan?

Selain itu agar aki motor Anda awet dan tahan lama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Hindari memodifikasi aliran listrik aki. Menyambung kabel ke aki dengan cara tidak benar menyebabkan daya listrik cepat habis. Terlebih bila sistim pengisian ke accu bermasalah.

2. Meskipun motor sekarang umumnya menggunakan starter elektrik, sebisa mungkin Anda menggunakan kick starter (engkol) untuk menghidupkan mesin motor saat pertama kali menggunakan. Hal tersebut biasanya dilakukan pada pagi hari ketika hendak beraktivitas. Penggunaan kick starter di pagi hari ternyata cukup signifikan menghemat baterai aki.

3. Cara lain yang ampuh menghemat aki motor adalah perhatikan jarak antara penggunaan motor dan tidak menggunakan motor. Ketika motor tidak digunakan dalam waktu 8-12 jam sebaiknya Anda menggunakan starter engkol ketika menghidupkan motor. Sebaliknya elektrik starter dapat digunakan jika motor tidak digunakan dalam waktu singkat (5-7 jam). Intinya jangan berlebihan menggunakan elektrik starter.

Membersihkan kerak pada terminal aki.
Kerak pada terminal aki wajib dibersihkan.
4. Jika terdapat kotoran atau kerak putih pada terminal aki, maka jangan dibiarkan saja karena dapat mengganggu kinerja aki. Selain itu bagian yang tertempel kerak tersebut dapat menimbulkan karat. Segera bersihkan terminal aki dengan melepaskan skun kabel aki pada konektor aki lalu menyiram dengan air panas dan setelah kering diampelas perlahan hingga bersih. Selain itu Anda juga bisa menggunakan cairan khusus yang berfungsi sebagai pembersih kerak pada logam.

5. Jangan sembarangan ganti aki basah dengan aki kering. Jika akan mengganti aki basah dengan aki kering, perhatikan spesifikasinya: kuat arus dan tegangan aki kering harus sama dengan aslinya. Voltasenya harus sama. Jika ampere aki aslinya 5 ampere, harus diganti dengan dengan aki kering 5 ampere. Selain itu karena beda sistem pengisian antara aki basah dan aki kering, maka penggantian tipe aki juga seharusnya disertai penggantian regulator yang sesuai.

Dengan menerapkan tips sederhana tersebut terbukti mampu menghemat aki motor cair hingga 3-4 tahun. Tentu menyenangkan jika aki motor Anda awet daripada tiap tahun harus belanja aki karena teledor terhadap perawatannya.
loading...

Labels: Aki, Otomotif

Thanks for reading Cara Perawatan Aki Motor Agar Awet Dan Tahan Lama. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Perawatan Aki Motor Agar Awet Dan Tahan Lama"