-->

Panduan Pokemon Go, Cara Download Dan Bermain

Apa itu Pokemon Go - Dunia saat ini sedang dibuat heboh oleh sebuah game baru bernama Pokemon Go, tak terkecuali di Indonesia. Demam Pokemon Go membuat game ini menjadi viral di linimasa media sosial.
Demam Pokemon go di Indonesia.
Dunia yang terlihat di Pokemon Go selaras dengan dunia nyata (sumber : Bbc.com)
Pokemon Go adalah game atau permainan menangkap monster Pokemon di perangkat smartphone. Game Pokemon Go dikembangkan oleh Niantic, sebuah perusahaan spin off Google, bersama dengan Nintendo dan Pokemon Company. Game tersebut secara resmi dirilis pada minggu pertama Juni 2016 di tiga negara, yakni Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.

Pokemon sendiri adalah pocket monster alias monster saku yang lucu. Monster-monster ini pertama kali populer pada tahun 90-an ketika Nintendo Game Boy muncul. Pokemon di Game Boy dan DS (Nintendo) tadinya adalah program kartun dengan teknologi sederhana serta permainan kartu untuk ditukar, dalam perkembangnya Pokemon company juga menghadirkan dalam bentuk lain, seperti film animasi, mainan fisik hingga buku. Dan sekarang ini dikembangkan menjadi game di ponsel pintar dengan nama Pokemon Go.

Melalui game Pokemon Go, pemain diajak untuk menjalankan profesi Pokemon Master (pelatih tokoh monster). Dua monster Pokemon yang paling terkenal adalah Pikachu dan Mewtwo. Game Pokemon Go dihadirkan secara augmented reality (realitas bertambah) dengan memanfaatkan GPS (Glogal Positioning System) dan kamera belakang smartphone untuk menangkap Pokemon virtual di berbagai lokasi dunia.

Pengguna bisa melihat dunia Pokemon melalui layar smarphonenya sebagai viewfinder dari kamera perangkat. Nantinya, pemain akan melihat berbagai animasi dan objek 3D di layar tersebut.

Objek-objek 3D tersebut berupa monster Pokemon. Para pemain nantinya akan berperan sebagai Trainer yang bertugas untuk menangkap sebanyak mungkin Pokemon.

Berbagai jenis Pokemon dapat ditemukan di beberapa area geografi dunia. Sebagai contoh, jika pemain pergi ke daerah sungai, akan menemukan Pokemon berjenis air. Tentunya ia akan mengajak pemain untuk menjelajah daerah.

Setelah menangkap pokemon, sesuai namanya, Trainer, bertugas untuk melatih Pokemon tersebut agar levelnya meningkat dan semakin kuat.

Setelah itu, para Trainer bisa saling bertukar Pokemon. Pemain juga dapat berkompetisi dengan membuat Pokemon saling bertarung. 

Dalam permainan Pokemon Go, pemain juga dibekali perangkat berbasis bluetooth bernama Pokemon Go Plus. Perangkat berbentuk Poke Ball ini--bola tempat menyimpan monster Pokemon--akan bergetar dan menyala saat pemain mendekati Pokemon.
Pokemon Go Plus
Pokemon Go Plus (sumber ; Kompas.com)
Perangkat ini sendiri dikatakan tidak merupakan suatu keharusan dalam permainan. Akan tetapi, ia bisa mempermudah pemain dalam bermain game tersebut. 

DOWNLOAD APLIKASI POKEMON GO 

Untuk dapat mengikuti dan menjalankan game Pokemon Go, pemain harus mengunduh aplikasinya di toko-toko aplikasi seperti App Store (iPhone) atau Google Play (Android).

Meskipun game Pokemon Go ini gratis, namun layaknya game gratis lainnya, ada hal-hal yang harus dibeli dengan uang ketika pemain sudah masuk dalam game ini.

Di Indonesia, Pokemon Go belum dirilis, namun pengguna Android dan iOS bisa mendapatkan game tersebut dengan teknik tertentu. Banyak gamer yang mengunduh aplikasi game ini melalui APK (Android application package) yang disebar di situs-situs teknologi dan game.

Khusus pengguna Android, bisa mengunduh file APK melalui link berikut ini. Besarnya file dari APK tersebut adalah 58,06 MB.

Lalu, bagaimana cara mengunduh Pokemon Go untuk iOS? Pengguna iOS cukup membuat atau menggunakan akun App Store AS, Australia, atau Selandia Baru untuk mengunduh game populer tersebut.

Dengan cara itu, Anda bisa mencoba Pokemon Go namun dengan sejumlah keterbatasan. Salah satunya adalah tidak tersedianya Pokemon Trainer Club, yaitu fitur untuk membuat akun global dan bermain Trading Card secara online.

Namun, Ada harus berhati-hati dalam mengunduh APK. Sebab saat ini banyak malware atau program jahat yang menyamar menjadi Pokemon Go. Ditengarai banyak pihak yang memanfaatkan momen membludaknya popularitas Pokemon Go dengan menyediakan file APK palsu. Oleh karena itu, mawas diri dan selidiki sumber APK sebelum mengunduhnya. Baca juga testimony dari pengunduh lainnya.


Pastikan file yang diunduh adalah Pokemon Go versi 0.29.0 dan Android yang digunakan versi 4.4 KitKat atau lebih baru. 

CARA BERMAIN POKEMON GO


Setelah mengunduh aplikasi Pokemon Go, pemain bakal diberi pilihan untuk sign up lewat akun Google atau Pokemon Trainer Club.

Setelah semua proses pendaftaran rampung, pemain diibaratkan sebagai trainer. Pemain bebas memoles penampilan trainer, mulai dari warna rambut, warna kulit, hingga pakaian.

Tugas pemain atau trainer adalah mengumpulkan dan melatih Pokemon yang berseliweran di jalanan. Sekarang, mari kita mulai.

Pokemon pertama

Mula-mula pemain akan diberi kesempatan menangkap Pokemon pertama di manapun pemain berada. Pokemon pertama itu bisa berupa Bulbasaur, Charmander, Squirtle, bahkan sang primadona Pikachu.
Menangkap pokemon pertama.
Pokemon pertama ditangkap menggunakan Pokeball berwarna merah putih. Caranya mudah, cukup arahkan Pokeball ke arah Pokemon, lalu tembak Pokeball ke arah Pokemon.

Di layar, Pokemon seakan-akan berada tepat di depan pemain. Jika tembakan tepat, Pokemon akan masuk ke Pokeball dan menjadi milik pemain.

Berburu pokemon dan item lainnya

Jangan puas dengan satu Pokemon saja. Pemain bisa mengumpulkan sebanyak-banyaknya jenis Pokemon dengan berpindah tempat.

Sebab, monster-monster Pokemon dibuat seakan bersembunyi di lokasi-lokasi tertentu di dunia nyata kita. Pemain harus berlari ke sana ke mari secara nyata untuk menemukan mereka di dunia game.

Pemain harus berpindah tempat untuk mencari 
dan menangkap Pokemon yang bersembunyi.
Saat lokasi pemain berada dekat dengan Pokemon,game bakal memberikan radar tertentu berupa ikon dedaunan yang melayang.

Pemain harus belari cepat menghampiri radar itu. Jika tidak, Pokemon yang tadinya dekat bisa kabur.

Lokasi dalam layarsmartphone sejatinya menyesuaikan dengan lokasi pemain di kehidupan nyata. Hal ini dimungkinkan sinkronisasi antara geolokasi pada smartphone pemain dengan aplikasi Pokemon Go.

Pokestop, pokeball, dan candy

Beberapa titik yang digambarkan sebagai kotak biru merupakan Pokestop. Titik itu perlu disinggahi untuk mengumpulkan lebih banyakitem.

Pokeball dan Candy adalah dua item yang bisa ditemukan di titik tersebut. Pokeball berfungsi untuk menjadi wadah Pokemon yang hendak ditangkap. Sementara itu, Candy berfungsi untuk menambah kekuatan Pokemon.

Level 5

Level 1 hingga level 4 Pokemon Go bisa diibaratkan sebagai tahap perkenalan dan adaptasi. Pemain akan dibiasakan dengan aktivitas dasar game mobile tersebut.
Pada level 5, pemain bisa masuk ke Gym, 
bertarung, dan bergabung ke tim.
Tahap yang lebih seru akan dirasakan saat memasuki level 5. Pemain bisa bergabung dalam sebuah tim saat masuk level itu.

Caranya cukup masuk ke Gym yang digambarkan sebagai tower tinggi berbalut emas dan silver pada peta antarmuka aplikasi. Di sana pemain akan ditawarkan untuk masuk ke tim-tim tertentu.

Di level ini, pemain juga bisa mengadu kehebatan Pokemon yang dikumpulkan dengan Pokemon dari tim lain.

Jika pemain masuk ke Gym dengan warna berbeda dari tim yang dimiliki (merah, kuning, atau biru), pemain boleh bertarung di sana. Pemain harus memenangkan pertarungan untuk menambah kekuatan.

Pada tahap ini, pemain juga bisa menaruh seekor Pokemon di Gym dan mengklaimnya sebagai Pokemon tim. Setelah level 5, permainan akan semakin seru dari level sebelumnya. Selamat bermain.
(sumber : Kompas.com)


#PokemonGo
loading...

Labels: Gadget, Tekno

Thanks for reading Panduan Pokemon Go, Cara Download Dan Bermain. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Panduan Pokemon Go, Cara Download Dan Bermain"