-->

Trik Aman Simpan Paspor Saat Liburan Keluar Negeri

Trik Simpan Paspor - Salah satu benda penting yang harus dijaga keamanannya saat berlibur ke luar negeri adalah paspor.

Beberapa negara di Eropa seperti Itali dan Perancis disinyalir memiliki tingkat pencurian yang cukup tinggi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa negara ini merupakan ‘sarang’nya pencopet ulung yang kerap menghantui berbagai obyek wisata di kota tersebut.
Trik simpan paspor saat liburan.

Nah, liburan Anda berjalan lancar dan nyaman, berikut cara aman menyimpan paspor saat liburan ke luar negeri :

Buatlah salinan paspor sebelum berangkat
Sedia payung sebelum hujan. Selalu ada resiko kehialngan paspor saat jalan-jalan di negeri orang. Sebelum anda berangkat ke negara tujuan, sebaiknya membawa dokumen cadangan untuk mengatasi saat terjadi musibah.

Siapkan beberapa fotokopi paspor halaman data dan foto, scan paspor halaman data lalu kirim paspor ke email Anda sendiri.

Setelah membuat beberapa salinan paspor, letakkan di tempat terpisah, seperti di bawah koper, bila perlu titipkan pada teman liburan. Jangan lupa meninggalkan salinan di rumah untuk berjaga-jaga. Hal ini akan membantu saat kehilangan paspor dan harus membuat yang baru.

Selalu taruh paspor di tempat aman
Jika menginap di hotel, tanyalah petugasnya apakah mereka memiliki tempat penyimpanan yang aman untuk dokumen-dokumen penting? Jika mereka tidak memiliki fasilitas tersebut, selalu kunci paspor di dalam koper dengan gembok khusus travel yang saat ini telah banyak dijual.

Gunakan sampul paspor kaku
Sampul kaku diperlukan supaya paspor tidak mudah lecek saat dibawa pergi. Baik saat diletakkan di kantong celana ataupun tas.

Namun, saat menunjukkan paspor di daerah perbatasan, lepas paspor dari sampul terlebih dahulu. Hal ini akan membantu mempercepat proses pemeriksaan.

Sembunyikan paspor
Sangat penting membawa paspor sebagai identitas diri saat berjalan-jalan di luar hotel. Usahakan meletakkan paspor terpisah dengan dompet dan uang cash. Di beberapa negara aksi pencopetan sangat tinggi, terlebih lagi mereka banyak yang mengincar wisatawan asing.

Sembunyikanlah paspor di tempat yang sulit dijangkau pencuri. Contohnya, letakkan di dalam kantung tersembunyi yang ada dibagian dalam lengan baju.

Jaga baik-baik paspor
Kebanyakan orang hanya berpikir tentang bagaimana menjaga paspor dari aksi pencurian. Mereka lupa bahwa cuaca di negara destinasi terkadang tidak stabil bahkan meleset dari prediksi. Cuaca yang paling parah adalah saat terjadi hujan tak terduga.

Untuk amannya, masukkan paspor yang telah dibungkus ke dalam plastik kedap air. Plastik ini akan membuat paspor tidak lembab atau basah saat kena air hujan maupun keringat.

Ketahuilah hak Anda
Saat bepergian ke luar negeri memerlukan paspor untuk melewati petugas imigrasi dan keamanan bandara. Dalam beberapa kasus internasional, travellers harus mengetahui kasus apa saja yang memerlukan paspor saat pemeriksaan. Hal ini akan membantu melindungi travellers dari pencuri dan juga penipu ulung.


Demikian info tips aman menyimpan paspor ketika berlibur ke luar negeri.
loading...

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Trik Aman Simpan Paspor Saat Liburan Keluar Negeri. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Trik Aman Simpan Paspor Saat Liburan Keluar Negeri"