-->

Aneka Status Penerbangan Pesawat Di Bandara

Status Penerbangan pesawat - Naik pesawat kini sudah bukan monopoli kalangan menengah atas. Seperti slogan salah satu maskapai penerbangan, kini setiap orang dapat terbang. Dengan banyaknya tawaran harga tiket pesawat murah yang kian ngentren, harga tiket pesawat menjadi semakin berjangkau oleh semua orang.
Status penerbangan pesawat di bandara.
Bagi yang sudah biasa naik pesawat terbang, tentu tidak mengalami kesulitan dengan proses administrasi di bandara, termasuk proses dan status penerbangan di bandara. Namun bagi yang baru pertama kali naik pesawat, biasanya akan mengalami kebingungan saat tiba di bandara.
Status penerbangan menunjukkan kondisi atau persiapan penerbangan yang akan Anda naiki. 

Siapapun wajib mengetahui status penerbangan begitu tiba di bandara. Apakah penerbangan akan tepat waktu, delayed, atau mungkin dibatalkan.

Status penerbangan menggunakan beberapa kode status sebagai penunjuk dari keadaan penerbangan tersebut. Berikut status penerbangan yang perlu Anda ketahui :

1. Scheduled (S)

Penerbangan dengan status Scheduled (S) berarti memiliki waktu keberangkatan dan kedatangan sesuai rencana penerbangan yang telah dijadwalkan. Namun, penerbangan dalam status ini bisa berubah sewaktu-waktu menjadi Cancelled (C), Active (A), atau Unknown (U).

2. Boarding

Saat melihat papan di bandara dan penerbangan Anda bertuliskan Boarding, saatnya bergegas ke boarding gate. Ini berarti penumpang sedang memasuki pesawat.

3. Active (A)

Penerbangan dengan status Active (A) berarti pesawat sudah mengudara. Penerbangan dengan status Active ini bisa berubah menjadi Unknown (U), Landed (L), atau Redirected (R). Biasanya, penerbangan dengan status ini sedang menunggu ketersediaan tempat atau lahan parkir di bandara.
Untuk penerbangan yang berstatus aktif, informasi mengenai keberangkatan, perkiraan kedatangan dan juga informasi posisi pesawat (jika tersedia) dapat dilacak oleh situs Flight Stats.com

4. Unknown (U)

Penerbangan dengan status Unknown (U) menunjukkan keberadaan atau ketersediaan pesawat tidak terdeteksi. Ini bisa terjadi ketika pesawat tidak berubah statusnya dalam waktu yang terlampau lama.
Sebuah penerbangan berstatus Unknown (U) atau tidak diketahui ketika Flight Stats tidak mampu menentukan status akhir penerbangan karena kurangnya sumber data valid yang tersedia dalam waktu tertentu.

5. Redirected (R)

Penerbangan dengan status Redirected (R) berarti pesawat sedang mengudara kemudian mengubah rute menuju bandara lain. Ini bisa terjadi karena berbagai hal, misal kondisi cuaca atau kendala pada mesin pesawat. Jika pesawat telah mendarat di bandara tersebut, statusnya akan berubah menjadi Diverted (D).

6. Diverted (D)

Diverted (D) berarti pesawat telah mendarat di bandara yang tidak terjadwal sebelumnya. Berkaitan dengan status sebelumnya, hal ini bisa terjadi saat pesawat mendarat darurat karena beragam kendala.

7. Landed (L) 

Penerbangan dengan status Landed (L) berarti pesawat telah mendarat di bandara yang terjadwal.

8. Delayed (D)

Penerbangan dengan status Delayed (D) berarti penerbangan harus ditunda karena beberapa kendala. Seperti karena faktor cuaca, ketidaksiapan pesawat, atau keberadaan pesawat yang masih dalam status Active (A).

9. Cancelled (C)

Penerbangan dengan status Cancelled (C), berarti Anda batal terbang. Penerbangan dibatalkan dan Anda harus menunggu untuk informasi selanjutnya.

10. No Operation (NO)

Status No Operation (NO) biasanya terjadi saat pesawat datang di luar jadwal kedatangan dan keberangkatan bandara. Hal ini cukup jarang terjadi dalam dunia penerbangan. 

11. En Route

Status En Route berarti pesawat sedang berada dalam perjalanan menuju bandara tujuan.

12. On Time

Status penerbangan yang menunjukkan bahwa pesawat dijadwalkan tiba tepat waktu dan dapat melakukan penerbangan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Demikian info status penerbangan pesawat di bandara yang wajib diketahui oleh setiap calon penumpang.
loading...

Labels: Tekno

Thanks for reading Aneka Status Penerbangan Pesawat Di Bandara. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Aneka Status Penerbangan Pesawat Di Bandara"