-->

Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP

Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP - Daya baterai HP/ponsel smartphone yang relatif cepat habis menjadi masalah yang banyak dirasakan para penggunanya. Saat berada di rumah atau kantor memang tidak masalah, tinggal dihubungkan dengan colokan ke listrik, HP siap diisi daya lagi. Tapi jika berada di luar rumah atau sering bepergian, maka mau tak mau orang harus mengandalkan powerbank sebagai pengisi daya baterai.

Cara mempercepat pengisian baterai HP.

Proses menunggu terisinya daya baterai HP sampai penuh kadang membutuhkan waktu berjam-jam. Ini tentu saja tidak efisien. Lalu, bagaimana cara mengisi baterai dengan maksimal saat Anda tidak punya banyak waktu?

Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba untuk memastikan bahwa baterai smartphone terisi dengan efektif saat sedang diisi baterainya.

Jangan Biarkan Daya Baterai Habis Total


Banyak yang mengatakan agar baterai smartphone sebaiknya dibiarkan habis terlebih dahulu sebelum di-charge kembali. Hal itu memang benar untuk baterai dengan bahan nikel, yang saat ini sudah mulai ditinggalkan.

Ponsel atau smartphone modern umumnya sudah menggunakan baterai berbahan litium-ion, yang cara perawatannya pun juga berbeda dari baterai bahan nikel.

Baterai litium rawan jika dibiarkan sering kehabisan daya sebab baterai tersebut juga memiliki komponen yang bisa digunakan untuk merusak baterai sendiri untuk mencegah agar baterai tidak meledak. Walau tidak terjadi tiap hari, pengguna wajib waspada.

Baterai smartphone sebaiknya dijaga agar daya yang disimpan di dalamnya tetap di atas 50 persen atau minimal 20 persen.

Meski begitu, sesekali daya baterai juga perlu "dikuras" hingga habis, misalnya sekali dalam sebulan untuk keperluan kalibrasi.

Aktifkan Airplane Mode

Dengan melakukan hal ini, daya yang dihabiskan oleh smartphone Anda akan menjadi berkurang. Perangkat yang diisi saat Airplane Mode berada dalam keadaan aktif, baterainya akan terisi 2 kali lebih cepat daripada smartphone yang menyala dalam keadaan normal.

Kabel USB terbaik

Meskipun terkesan sepele, kualitas kabel ini berpengaruh pada kecepatan pengisian daya ponsel. Kabel USB murah atau bukan orisinal, biasanya dibuat sangat tipis dan tidak menghantarkan daya dengan baik. Logam yang dipakai pun berkualitas rendah sehingga tidak bisa menangani listrik berdaya tinggi.

Jika kabel USB dari paket pembelian ponsel sudah rusak, carilah kabel USB kualitas terbaik buatan brand yang sudah Anda percaya.

Lepaskan casing

Khususnya casing tebal yang terbuat dari karet. Karena, semakin tinggi suhu baterai, semakin lambat pula dayanya terisi. Selain itu casing karet yang tebal membuat smartphone semakin panas.

Matikan ponsel

Meski ponsel Anda sedang tidak dipakai sama sekali, bila dalam keadaan menyala tetap ada aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. Meskipun kecil, kinerja aplikasi tersebut tetap menyedot daya dan membuat proses pengisian daya melambat. Karena itu mematikan ponsel saat di-charge.

Ketika dimatikan, maka seluruh aplikasi ikut mati. Efeknya membuat seluruh daya yang disalurkan benar-benar masuk dan terkumpul.

Bila tak ingin mematikan ponsel, aktifkan Airplane Mode. Mode tersebut berguna menghentikan transmisi sinyal seluler dan Wi-Fi yang berperan besar menyedot daya baterai ponsel.

Jangan charge via port USB komputer

Output daya dari port USB komputer biasanya berkisar antara 0,1 A hingga 0,5 A. Ini jauh lebih rendah dibandingkan output menggunakancharger khusus ponsel yang mencapai 2A atau lebih.

Demikian berarti kecepatan pengisian daya juga akan jadi lebih rendah. Bila Anda sedang terburu-buru, jangan charge ponsel menggunakan port USB komputer. Sebaiknya langsung saja memakai charger bawaan.

Perlu ditambahkan bahwa port USB di sebagian komputer yang mendukung intrerface USB 3.0 mampu menyalurkan arus sebesar 1A sehingga tetap bisa dipakai untuk mengisi daya ponsel dalam waktu relatif singkat, atau setidaknya sama cepat dengan charger bawaan ponsel.

Jangan sentuh ponsel!

Diamkan ponsel saat mengisi daya. Kadang kita tidak bisa menahan diri untuk tidak menyalakan layar ketika ada notifikasi masuk. Cobalah untuk menahan hasrat mengecek ponsel kecuali memang ada pesan atau panggilan penting yang masuk.

Saat Anda mengecel ponsel, layarnya otomatis menyala. Hal ini membuat ponsel menghabiskan daya lebih banyak, karena layar merupakan salah satu bagian yang paling menguras baterai.

Selain mengecek ponsel, jangan menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti mengunduh alplikasi, memutar video atau bermain game selagi mengisi daya.

Demikian cara mempercepat pengisian baterai HP, semoga bermanfaat.
loading...

Labels: Gadget, Tekno

Thanks for reading Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP"