-->

Menyusuri Jejak Sejarah Rokok Di Museum House Of Sampoerna Surabaya

Ketika sedang mlaku-mlakudi Surabaya, ada destinasi wisata yang pantas dikunjungi, yaitu Museum House of Sampoerna. Banyak yang bisa dipelajari dari perusahaan penghasilan rokok legendaris asal Surabaya ini.

House of Sampoerna adalah museum berisi sejarah mengenai PT HM Sampoerna Tbk, salah perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang memiliki arsitektur tinggi. Penataan ruangnya sangat artistik dan dipadukan dengan berbagai karya seni.
Museum House of Sampoerna Surabaya
House of Sampoerna (sumber : Wisatamuseum.com)
Museum House of Sampoerna dibangun pada tahun 1864, menyajikan berbagai fasilitas seperti museum sejarah pendirian perusahaan Sampoerna, galeri seni, café yang menyajikan berbagai makanan dan minuman tradisional maupun internasional, toko souvenir yang menawarkan berbagai kerajinan khas Jawa Timur.

Di komplek museum ini terdiri dari beberapa gedung. Gedung yang paling besarlah yang dijadikan museum dan menjadi tempat produksi salah satu merek rokok terkenal, Dji Sam Soe.

Pertama kali memasuki ruang museum segera terasa aroma tembakau dan cengkeh yang baunya merebak ke seluruh ruangan. Anda akan menjumpai sebuah replika warung sederhana yang dimiliki oleh pendirinya dulu, berisi tembakau dan cengkeh pilihan dari nusantara.

Di dalam museum House of Sampurna berbagai macam produk Sampoerna dari zaman dulu hingga sekarang, serta berbagai macam pemantik api yang unik ditampilkan. Banyak juga display karya seni para seniman, foto-foto pabrik zaman dahulu dan foto jajaran direksi PT HM Sampoerna dari masa ke masa.

Masuk lebih ke dalam akan dijumpai beberapa ornamen jaman dulu seperti kereta kuda, sepeda antik dan ada juga display baju dan peralatan marching band.
Marching band kebanggaan  Sampoerna (sumber : Liputan6.com)
Marching band yang dibina oleh Sampoerna ini memiliki prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya pernah mengharumkan nama Indonesia melalui keikutsertaannya dalam "Tournament of Roses" di Pasadena, California, AS pada 1990-1991. 

Mereka tampil dengan sebuah "float" berbentuk Burung Garuda sebagai perwujudan dari "Unity in Diversity" atau "Bhinneka Tunggal Ika", yang mampu meraih "International Trophy" yang merupakan satu-satunya penghargaan untuk kategori "float" dari luar Amerika Serikat.

Di lantai 2 museum, pengunjung diajak menuju galeri toko yang menjual pernak-pernik suvenir khas Surabaya. Di sini kita bisa melihat tempat produksi rokok zaman dahulu dengan peralatan untuk membuat lintingan rokok yang dikerjakan oleh kurang lebih 2.500 wanita. Sekarang peralatan tersebut sudah tidak digunakan lagi namun masih dirawat dengan rapi dan bersih.

Jika datang pada hari dan jam kerja, pengunjung bisa langsung melihat aktivitas pekerja yang memproduksi rokok secara tradisional dengan cara melinting. Sayangnya, demi alasan privasi dan kenyamanan, untuk aktifitas di lantai 2 dan aktifitas pekerja membuat rokok ini pengunjung dilarang untuk memotret dan mengambil gambar.
Salah satu ruang House of Sampoerna (sumber : Infowisata.biz)
Keberadaan museum House of Sampoerna ini mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Salah satu buktinya, pada tahun 2015 museum House of Sampoerna meraih penghargaan "2015 Top Choice" dari Lianorg Beijing, sebuah situs informasi turistik yang berpengaruh untuk kawasan Asia. Selain itu, museum ini pernah meraih berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Cara Menuju Museum House of Sampoerna

Museum House of Sampoerna terletak di pusat kota Surabaya, tepatnya di Jalan Taman Sampoerna no. 6, Krembangan. Tidak sulit menemukan lokasinya, karena tidak jauh dari kawasan bekas penjara Kalisosok, kawasan Jembatan Merah dan Monumen Tugu Pahlawan. Akses jalan dan angkutan umum yang menuju lokasi museum pun cukup mudah.

Di depan museum terdapat bus yang merupakan Surabaya Heritage Track yang beroperasi di jam dan waktu tertentu. Bus tersebut beroperasi pada pukul 09.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB, 15.00-16.00 WIB. Dengan naik bus secara gratis tersebut, para wisatawan diajak untuk mengenal sejarah dan bangunan cagar budaya di Surabaya.
Bis wisata gratis dari House of Sampoerna (sumber : Detik.com)
Museum House of Sampoerna tiket masuknya pun gratis, dan bisa melayani pengunjung hingga pukul 22:00 WIB. Bahkan ada pemandu museum yang siap menjelaskan kepada Anda tentang seluk beluk dan sejarah museum ini.

House of Sampoerna sudah menjadi ikon pariwisata Surabaya yang dikunjungi lebih dari 14.400 pengunjung per bulan dari 150 negara. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya ketika berada di Surabaya.
loading...

Labels: Museum, Wisata Sejarah

Thanks for reading Menyusuri Jejak Sejarah Rokok Di Museum House Of Sampoerna Surabaya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Menyusuri Jejak Sejarah Rokok Di Museum House Of Sampoerna Surabaya"