Pesona Wisata Kulon Progo Tidak Hanya Kalibiru

Wisata Kulon Progo kian menggeliat. Kabupaten yang terletak di sisi barat Yogyakarta ini banyak menawarkan pesona keindahan alam yang membuat orang-orang dibuat penasaran hingga akhirnya jatuh cinta. Peran sosial media, salah satunya Instagram, membuat obyek wisata alam di Kulon Progo ini makin dikenal luas.

Kabupaten Kulon Progo terletak sekitar 25 km di sebelah barat daya dari Yogyakarta. Nama Kulon Progo berasal dari letaknya yang berada di sebelah barat Sungai Progo (Kulon = barat).

Berikut ini beberapa tempat wisata populer di Kulon Progo Yogyakarta yang pantas menjadi agenda wisata Anda kala berkunjung ke kota yang terkenal dengan julukan Kota Menoreh ini :

Desa Wisata Kalibiru

Tak bisa disangkal popularitas Kalibiru telah melambungkan Kulon Progo sebagai destinasi wisata laris. Bahkan tersohornya tempat ini telah membawa artis-artis ibu kota berkunjung ke Kalibiru dan berfoto di spot paling hit di Instagram.
Wisata Kalibiru di Kulon Progo.
Spot paling diburu di Kalibiru (sumber : Ag03s.blogspot.co.id)
Kalibiru sebenarnya adalah sebuah desa wisata di Kulon Progo yang menyediakan aneka permainan seru, antara lain berupa outbound, flying fox, jalur trekking, gardu pandang, spot foto dan berbagai permaian outbound tersedia di sini.
Wisata Kulon Progo, Jogjakarta.
Jembatan gantung, salah satu sarana outbound (sumber : Detik.com)
Namun yang paling dicari tentu saja adalah spot foto, terutama saat sunrise dan sunset. Spot foto di Kalibiru telah menjadi agenda perburuan bagi para pengunjung.

Setidaknya terdapat lima spot foto di Kalibiru, selain dua spot foto yang sudah sering muncul di media sosial, ada pula spot bundar, love, maupun panggung. Pada musim liburan, selalu terjadi antrean panjang untuk menggunakan spot-spot foto tersebut, walaupun durasi foto sudah dibatasi oleh pihak pengelola.

Rute menuju Kalibiru : Jogja - Jalan Wates - Pertigaan Sentolo Kanan - Jalan Pengasih - Ambil Arah Clereng - Jembatan sehabis Pasar Clereng Kiri - lurus terus - Kalibiru.

Rute ke Kalibiru via Waduk Sermo : Dari Jalan Pengasih, ambil arah ke Kota Wates - Alun-Alun Wates - RSUD Wates - Waduk Sermo - Kalibiru.

Wisata Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan salah satu waduk terbaik di Indonesia. Pengunjungnya tak pernah sepi, hampir di setiap sudut waduk ini akan terlihat orang yang sedang asyik memancing. Waduk ini memang dikenal sebagai salah satu surganya bagi pemancing. Ikan Setan Merah adalah jenis ikan yang paling banyak menghuni waduk ini.
Waduk Sermo, Kulon Progo.
Waduk Sermo (sumber : Kotajogja.com)
Dilihat dari kejauhan tampak hijaunya Perbukitan Menoreh yang menjadi latar Waduk Sermo, seakan bak telaga alami. Untuk menikmati keelokan Waduk Sermo, Anda dapat mengelilinginya dengan berkendara atau menyewa perahu wisata untuk menyusuri tiap sisinya.

Waduk Sermo juga memiliki senja yang menawan, tak heran jika banyak pengunjung yang menghabiskan waktu atau menunggu hingga menjelang senja di waduk ini. Ditambah keuntungan lokasinya dilalui oleh mereka yang akan menuju ke Kalibiru, membuat Waduk Sermo kian ramai oleh pengunjung.

Rute menuju wisata Waduk Sermo : Jogja - Jalan Wates - Pertigaan Sentolo Kanan - Jalan Pengasih - ambil arah ke Kota Wates - Alun-Alun Wates - RSUD Wates - Waduk Sermo - Kalibiru.

Gardu Pandang Gunung Gajah

Kulon Progo banyak spot untuk menikmati keindahan kota dari ketinggian. Salah satunya Gardu Pandang Gajah, yang terletak di Desa Hargotirto, Kecamatan Girimolyo, Kulon Progo. Puncak-puncak tinggi di deretan Perbukitan Menoreh memang menjanjikan panorama memukau.

Spot Gunung Gajah sendiri namanya diambil dari sebuah bukit yang memiliki bentuk mirip kepala gajah yang menjadi salah satu spot menarik untuk menikmati relief alam yang memukau di sekitarnya. Terdapat dua gardu pandang sederhana dibangun warga setempat di sana.
Gunung Gajah, sekilas seperti kepala gajah (sumber : Ardiantoyugo.com)
Dari spot Puncak Gunung Gajah Anda akan diajak menikmati udara sejuk dan keheningan khas Pegunungan Menoreh. Dari sini Anda bisa melihat Waduk Sermo dari ketinggian, dan juga Kota Jogja dan sebagian Kota Magelang. Di sisi selatan juga terlihat Samudera Hindia yang nampak tipis, sementara di sisi barat ada pinggiran Purworejo dan sekitarnya.
Wisata Gardu Pandang Gunung Gajah, Kulon Progo.
Pemandangan dari puncak Gunung Gajah (sumber : Cahmbantoel.blogspot.co.id)

Rute menuju Gardu Pandang  Gunung Gajah : Jogja - perempatan Ring Road Demak Ijo - Jl. Godean - Pasar Godean - jembatan Sungai Progo - Pasar Kenteng - Nanggulan - Pasar Jonggrangan - pertigaan Gua Kiskendo - pertigaan Segathol, ambil kiri - pertigaan Gardu Pandang Tamanan, ambil kanan - Gardu Pandang Gunung Gajah.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut adalah primadona wisata terbaru dari Kulon Progo, tepatnya berada di Desa Wisata Jatimulyo. Kecantikan air terjun Kedung Pedut dengan warna air yang biru tosca yang bersembunyi di balik pengunungan Menoreh. Air terjun Kedung Pedot terdiri sebuah air terjun yang memiliki beberapa grojogan air kecil dibawahnya.
Air terjun Kedung Pedut, Kulon Progo.
Air terjun Kedung Pedut (sumber : Wisatabagus.co)
Rute menuju Air Terjun Kedung Pedut melalui Jogja : Jl. Godean ke barat - Pasar Godean - melewati Sungai Progo - Jl. Kiskendo - belok kanan ke Goa Kiskendo - dari wisata Goa Kiskendo belok kiri ke Desa Wisata Jatimulyo - pertigaan Grojogan Mudal belok kiri - pertigaan setelah gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka belok kiri - Air Terjun Kedung Pedut.

Bila dari Kalibiru via Clereng, rutenya dari jembatan Clereng lurus saja mengikuti  jalan aspal, sampai nantinya ketemu Air Terjun Kedung Pedut.

Air Terjun Grogojan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu ini berada di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Dinamakan demikian karena terdapat banyak jeram yang harus dilalui air sebelum jatuh ke kolam alami di bawahnya, sehingga membuatnya terlihat seperti beberapa air terjun yang terkumpul jadi satu.
Grojogan Sewu di Kulon Progo.
Grojogan Sewu (sumber : Yogyes.com)
Ada keunikan air terjun Grojogan Sewu, airnya tak pernah keruh, meskipun saat musim hujan tiba.. Selain keindahannya, pohon-pohon rindang di sekitarnya pun membuat lokasi ini tetap teduh dan sejuk.

Rute menuju Air Terjun Grojogan Sewu-Kulon Progo :  Tugu Jogja ke arah barat - Jl. Kyai Mojo - perempatan Demak Ijo Ring Road Barat - Jl. Godean - Pasar Godean - perempatan Nanggulan - Pasar Kenteng - Kecamatan Girimulyo - Pasar Jonggrangan - Dusun Beteng - Grojogan Sewu.

Air Terjun Curug Setawing

Air terjun Curug Setawing masih berada di barisan perbukitan menorah. Letaknya berada di dusun Jonggrangan, desa jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Air terjun Curug Setawing ini termasuk masih baru, namun karena keindahannya, jumlah pengunjung yang datang terutama waktu hari libur sangat banyak. Untuk kondisi jalannya, mobil dapat masuk sampai tempat parkir.

Curug Setawing, Kulon Progo.
Curug Setawing (sumber : Titik0jogja.blogspot.co.id)
Rute menuju ke air Terjun Curug Setawing :

Rute jalannya sama seperti rute jalan ke grojogan sewu. Bedanya kalau ke Curug Setawing, saat di Jl. Kiskendo belok kanan, sedangkan grojogan sewu belok kiri.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo letaknya memang cukup tersembunyi, membuat air terjun setinggi kurang lebih 75 meter ini jarang terjamah wisatawan. Sehingga muncul sebutan sebagai Air Terjun Perawan.
Air terjun Sidoharjo, kulon progo.
Air terjun Sidoharjo (sumber : Ardiantoyugo.com)
Air Terjun Sidoharjo ini semakin eksotis di musim hujan, ketika debit airnya cukup deras. Perpaduan tebing batu cadas yang tinggi dan derasnya air terjun, mau tak mau membuat orang yang berada di jarak beberapa puluh meter dari air terjun ikut basah kuyup. Namun berbeda kondisinya pada musim kemarau, pada saat itu aliran airnya berkurang banyak.

Pesona lain yang dapat ditemukan di tempat ini adalah adanya bunga-bunga liar yang tumbuh subur di sekitarnya. Jika beruntung kita akan melihat kera-kera berekor panjang yang bergelayutan di antara pepohonan di sekitarnya.

Rute menuju Air Terjun Sidoharjo :  Jogja - perempatan Ring Road Demak Ijo - Jl. Godean - Jembatan Progo - perempatan Nanggulan ambil kanan (ke arah utara) - perempatan Dekso ambil kiri (ke arah Samigaluh) - pertigaan di jalan menanjak, ambil kanan - MTs Sidoharjo, ambil kanan masuk jalan kecil di sebelah MTs - Air Terjun Sidoharjo.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo yang merupakan perkebunan teh satu-satunya di Jogjakarta ini berada di perbatasan, Samigaluhh, Kulon Progo dengan Magelang. Di kebun teh yang memiliki hawa sejuk dan pemandangan yang indah ini, Anda bisa menikmati the asli Desa Nglinggo dan kopi khas Samigaluh.
Kebun teh Nglinggo, Kulon Progo.
Kawasan Kebun teh Nglinggo dari atas bukit (sumber : Titik0jogja.blogspot.co.id)
Rute menuju Kebun Teh Nglinggo  : Jogja - Jalan Godean - Perempatan Nanggulan Kanan - Perempatan Dekso Kiri - Pertigaan Pasar Plono kanan - masuk arah Desa Wisata Nglinggo.

Wisata Pantai Glagah

Pantai Glagah terletak di pesisir pantai selatan, merupakan pantai primadonanya Kulon Progo yang menjadi salah satu spot terbaik melihat sunset. Pantai ini memiliki daya tarik ada laguna dan pemecah ombak berbentuk tetrapod yang terdapat di sisi kanan dan kiri dermaga yang berfungsi sebagai penahan ombak ganas Samudera Indonesia. Di atas tetrapod inilah biasanya para pemancing nongkrong sambil memancing.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Glagah adalah ketika bulan baru dan air laut pasang. Saat itu, kita dapat melihat atraksi ombak di pantai ini. Ombak akan menggulung-gulung hebat, pecah menghantam tetrapod dan buihnya mencapai dermaga.
Pantai Glagah, Kulon Progo
Ombak pantai Glagah (sumber : Yogyatrip.com)
Dengan kondisi ombak tersebut memang tidak disarankan untuk berenang. Ditambah karakter ombaknya merupakan ombak balik yang menarik ke arah laut, sehingga tentunya sangat berbahaya untuk berenang.

Namun Anda masih bisa bermain air di Laguna Pantai Glagah. Disini banyak wahana bermain seperti perahu bebek, kano, atau berkeliling laguna dengan perahu nelayan. Suasana senja indah di dermaga pantai juga menjadi momen yang tak akan dilewatkan.

Rute Menuju Pantai Glagah : Jogja - Jalan Wates - Simpang Lima Karangnongko ambil arah Purworejo - Pertigaan Terminal Kiri - Jalan Jogja-Purworejo - ada papan petunjuk setelah pom bensin kiri jalan - Belok Kiri - pertigaan pasar Kiri - Perempatan lurus.

Hutan Mangrove Congot

Hutan Mangrove Congot ini merupakan sebuah daerah konservasi untuk tanaman mangrove yang berada di Congot Kulon Progo. Tempat ini makin terkenal berkat media instagram, dimana banyak akun-akun treveling yang merepost foto tentang tempat ini.

Hutan mangrove Congot, Kulon Progo.
Hutan mangrove Congot (sumber : Jpswisata.com)
Rute menuju hutan mangrove Congot : Jogja  - Jalan Wates - Simpang Lima Karangnongko ambil arah Purworejo - Pertigaan Terminal Kiri - Jalan Jogja-Purworejo - Ambil arah ke Jalan Deandeles - Tak jauh dari jembatan sungai Bogowonto akan ada papan petunjuk di kiri jalan - masuk jalan tersebut.

Demikian informasi tempat wisata di Kulon Progo yang bisa menjadi referensi liburan Anda.

2 komentar untuk "Pesona Wisata Kulon Progo Tidak Hanya Kalibiru"