-->

Tips Berjilbab Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Berjilbab Sesuai Bentuk Wajah - Salah satu cara pertimbangan ketika memilih jilbab adalah menyesuaikan dengan bentuk wajah penggunanya. Meskipun semua jenis hijab bisa dikenakan untuk semua wanita, namun dengan memilih model jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah, akan membuat tampilan lebih menarik dan percaya diri.
Berjilbab sesuai dengan bentuk wajah.
Agar tampil cantik, model hijab harus disesuaikan dengan bentuk wajah.
(sumber : Ethica-collection.com)
Setidaknya ada 7 bentuk wajah pada seorang wanita, diantaranya wajah panjang, bulat, kecil/oval, segitiga, kotak, dahi lebar dan pipi temben (tulang pipi atas menonjol). Karena setiap wanita memiliki bentuk wajah berbeda, maka model hijab yang dipilih harus sesuai. Model hijab harus memperlihatkan kelebihan bentuk wajah dan menutupi kekurangan bentuk wajah pemakainya.

Berikut tujuh tips mengenakan hijab sesuai bentuk wajah yang wajib diketahui para hijabers :

1. Wajah Panjang / Lonjong

Bagi hijaber yang memiliki wajah panjang, lebih cocok menggunakan turkish hijab style atau hijab Arab. Jilbab model ini mengunakan undercaps (ciput dalam) hingga dahi, sehingga mengurangi efek panjang wajah dan memberi kesan penuh dan lebih padat bagi wajah yang panjang. Selain itu bisa juga menggunakan bandana, sehingga memberikan kesan volume pada wajah yang lonjong.

Model hijab bervolume lain yang juga cocok adalah gaya inner bandana bertumpuk, gaya turban dan model jilbab lilit lapis juga bisa dijadikan gaya yang cocok agar tampil maksimal dan lebih cantik . 

Bisa juga memakai ciput ninja yang bagian sudut jahitan pada pipi berada sejajar hidung atau batang hidung. Kenakan juga hijab yng sedikit agak mundur atau berjarak dari ujung alis agar wajah anda dapat memperlihatkan sudut rahang yang membuat wajah tidak terlalu lonjong. Akan tetapi pada bagian dahi agak diturunkan dalaman jilbabnya.

Untuk tatanan rambut, Anda boleh menggelungnya sebagai cepol belakang, agar bentuk kepala lebih bagus dan seimbang dengan wajah. Namun jangan menggelung rambut terlalu tinggi, karena akan membuat kepala anda terlihat semakin panjang. 

2. Wajah Bulat

Bagi wanita yang memiliki Wajah Bulat, lebih pantas menggunakan jilbab yang menutupi sebagian luar pipi, tujuannya memberi kesan lebih panjang untuk wajah anda. Hindari pemakaian jilbab yang ketat dan menutupi dahi anda serta menonjolkan dahi anda.

Pakailah kerudung atau jilbab yang menutupi setengah bagian pipi untuk menutupi bagian pipi yang chubby. Bagian pipi tarik sampai separuh bagian pipi tertutup menambah kesan mungil pada wajah.
Gunakan juga bahan yang jatuh (loose) agar memberikan efek wajah lebih ramping. Jangan gunakan sifon sutra (yang terlalu jatuh dan tipis) dan kaos tipis karena akan mempertegas tekstur wajah bulat anda, gunakan bahan sifon serat jagung, rajut ringan, crepe berfungsi memberi dimensi antara wajah dan kerudung.

Tatanan rambut juga penting diperhatikan. Jika anda mempunyai rambut yang panjang, sebaiknya dikuncir biasa, karena cepol atau konde yang berisi/volume akan memberikan efek terhadap kepala semakin besar, selain tatanan rambut yaitu aksesoris, jangan menggunakan aksesoris yang berisi/volume di area kepala yang memberikan efek membundar/bulat seperti brooch bunga mengembang.

3. Wajah Kecil / Oval

Bagi hijaber yang bentuk wajahnya oval, semua bentuk dan gaya hijab akan kelihatan serasi dikenakan. Pemilik wajah oval tak perlu ragu lagi tampil berjilbab dengan style apapun, asal bagian wajah dibuat sedikit lebih terbuka, bagian pada pipi ditonjolkan agar wajah anda lebih terlihat besar.

Anda bisa menggunakan dalaman/ciput seperti ciput topi, dalaman ninja, atau ciput maroko,yang pada bagian sudut jahitannya pada pipi berada dibawah hidung atau sejajar dengan tulang pipi anda. 

Bagi pemilik wajah oval kecil, anda bisa memakai aksen turban dan gunakan aksen loose dan pilih bahan yang jatuh. Model hijab yang terbuka pada area tulang pipi di sekitar telinga hingga ke arah dagu juga direkomendasikan, tujuannya agar membuat bagian wajah tetap stand out dan tidak tampak semakin kecil.

4. Wajah Segitiga

Wanita dengan bentuk wajah segitiga memilih rahang yang lebih besar dan berbentuk hati, garis rahang dominan tulang pipi, pelipis, kening sempit dan bagian dagu lebih besar. Kelompok ini lebih cocok jika mengunakan jilbab yang longgar.

Jilbab yang erat khusus fokuskan pada daerah dahi yang lebih lebar, jadi usahakan tetap memakai jilbab dengan efek yang longgar dengan membuat lipatan lembut dibagian didaerah dahi tersebut.

Untuk yang berwajah jenis ini anda bisa memakai hijab dengan ninja yang sudut jahitan pada pipi berada di bawah tulang pipi. Pakai dalaman topi yang melengkung natural, jika anda ingin menambahkan dapat memakai jilbab yang terlalu maju ke arah dagu supaya dagu tidak tampak makin lancip. Berilah jarak sudut alis dan mata hingga dagu , tidak terlalu maju dan tidak terlalu mundur. Atur jilbab bagian dahi sedikit ke atas.

5. Wajah Kotak Persegi

Untuk Anda yang memiliki bentuk wajah kotak harus menyamarkan bentuk rahang yang tegas, caranya yaitu dengan memilih jilbab yang membulat yang akan membingkai lembut wajah anda sehingga menyamarkan garis-garis tajam di area bawah muka.

Contoh, apabila anda menggunakan jilbab segitiga, tarik jilbab bagian rahang agak maju, sehingga menutupi bagian tulang rahang yang tegas. Jika wajah Anda tidak panjang, jangan tutupi kening terlalu banyak sehingga dapat terlihat lebih lonjong.

Anda juga bisa menggunakan dalaman jilbab topi atau vciput ninja. Cara memakai jilbabnya adalah aplikasikan jilbab pada dahi,seperti dalam karakter hijab wajah bulat. Ketika penggunaan hijab, tutup bagian rahan sehingga membuat wajah yang tegas lebih terlihat lembut. Anda juga bisa menggunakan ciput variasi seperti yang digunakan marshanda agar wajah anda yang kotal lebih terlihat oval dan lembut dengan tidak mempertegas rahang.

6. Wajah Dengan dahi lebar

Untuk anda yang memiliki dahi yang lebar akan semakin terlihat cantik memakai jilbab jika memakai inner bagian luar sisi kanan dan kiri, atau menggunakan ciput arab yang memang menutupi sebagian dahi, cara ini akan membuat Anda lebih cantik.

Bagi hijaber yang memiliki dahi lebar akan semakin terlihat cantik  memakai jilbab bila memakai inner yang menutupi bagian luar sisi kanan dan kiri jidat dengan aksen silang. Atau mengenakan ciput arab yang memang menutupi sebagian besar dahi. Cara ini akan membuat dahi terlihat lebih kecil dan semakin cantik.

7. Wajah Dengan Pipi Tembem / Chubby / Tulang Pipi Atas Menonjol

Hijaber yang memiliki pipi tembem akan lebih terlihat cantik dan tampil stylish jika memakai inner hingga menutupi bagian bawah telinga. Lalu pilih jilbab dengan bahan loose yang akan membuat anda lebih cantik, dan sebaiknya hindari jilbab yang terbuat dari bahan sifon, karena bahan yang tipis bisa membuat pipi semakin terlihat besar.

Jangan lupa makeup juga pipi anda dengan menekankan shadding pada area pipi. Kalau ingin memakai aksesori, jangan pakai di dekat telinga. Hal ini membuat wajah menjadi lebih penuh.

WARNA HIJAB SESUAI BENTUK WAJAH

Tidak hanya dengan model jilbab yang dapat disesuaikan dengan bentuk wajah, tapi memperhatikan warna jilbab juga penting. Memilih hijab dengan memperhatikan warna dapat membuat penampilan pada bentuk wajah terlihat menarik.

Memilih warna yang kurang tepat bisa menimbulkan kesan kusam dan pucat pada wajah. Agar dapat memilih warna hijab yang tepat, yang pertama dilakukan adalah menganalisis warna kulit terlebih dahulu.

Cara yang paling mudah adalah dengan menempelkan beberapa hijab ke wajah di depan cermin dan di bawah pencahayaan yang cukup. Namun khusus wanita berwajah oval, bila hal tersebut dirasa kurang membantu, Anda dapat mengenakan hijab satu warna.

Sedangkan bagi Anda yang berwajah bulat, lebih tepat menggunakan hijab berwarna gelap karena dapat membuat ilusi pada wajah Anda.

Untuk wanita dengan wajah berbentuk persegi sangat cocok dengan warna hijab seperti pastel. Sebab warna ini dapat membuat wajah lebih terlihat tirus.

Kemudian bagi Anda yang memiliki wajah berbentuk hati dapat menggunakan hijab berwarna apa saja.


Demikianlah tips memakai hijab sesuai bentuk wajah yang harus anda ketahui, sehingga bisa menunjang penampilan.
loading...

Labels: Gaya Hidup, Hijab

Thanks for reading Tips Berjilbab Sesuai Dengan Bentuk Wajah. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Berjilbab Sesuai Dengan Bentuk Wajah"