-->

Alive Museum Ancol, Museum Interaktif Tiga Dimensi Pertama Di Indonesia

Alive Museum yang terletak di Ancol Beach City Mall memang berbeda dengan kebanyakan museum. Disini tidak ada benda-benda peninggalan sejarah dan barang-barang kuno, tapi yang disajikan di Alive Museum adalah berbagai seni lukis dan seni rupa yang dipadupadankan dengan teknologi digital yang mampu memainkan imajinasi pengunjung.

Ya, Alive Museum sejatinya adalah sebuah wahana perpaduan antara lukisan, seni rupa dan seni digital berbentuk tiga dimensi.
Alive Museum Ancol.
Alive Museum (sumber : Radarindonesianews.com)
Alive Museum Ancol merupakan cabang ke 18 dari Alive Museum Korea yang sudah terdapat dibeberapa negara seperti Korea, Singapura, Thailand, Vietnam, Cina, dan Istambul. Semua koleksi Alive Museum Ancol dibuat dan didatangkan langsung dari Korea. Museum ini resmi dibuka tanggal 24 Oktober 2015 untuk umum.


Alive Museum Ancol memiliki berbagai zona bermain dengan tema-tema khusus seperti zona fantasi, dark road, zona horor, zona ekstrim, zona sirkus dan zona travel. Dan khusus di cabang Jakarta, Alive Museum membuat lukisan 3D Monas (Monumen Nasional) sebagai landmark dari kota Jakarta.
Diatas Monas (sumber : Groupon.co.id)
Koleksi lukisan dan seni rupa yang ditampilkan di Alive Museum ditampilkan dengan trik-trik ilusi tiga dimensi yang merangsang panca indra ikut bermain didalamnya. Mau tak mau pengunjung akan tergoda untuk berfoto ria dengan berbagai macam gaya dan ekspresi sesuai dengan visualisasi lukisan dan seni rupa yang dijadikan background. Jadilah Alive Museum sebagai museum interaktif  yang melibatkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan lukisan 3 dimensi yang dipajang. Foto-foto yang dihasilkan akan menunjukkan bagaimana seolah-olah pengunjung menjadi bagian dari obyek lukisan atau seni rupa tersebut, terlebih pencahayaan didalam ruang museum sangat baik, sehingga hasil fotonya pasti jelas dan bagus.
Zona horor di Alive Museum.
Zona horor, mimpi buruk jika terjadi beneran.
(sumber : Cunystory.blogspot.co.id)
Alive Museum Ancol adalah bagian dari 3 museum sekaligus di lokasi yang sama. Selain Alive Museum, ada Alive Star, sebuah wahana yang menampilkan patung-patung lilin para public figure baik dari Indonesia sampai internasional, termasuk bintang-bintang Korea yang banyak digandrungi remaja Indonesia. Tak cuma tokoh dunia, patung superhero juga ada di Alive Star yang merupakan museum patung lilin pertama di Indonesia.


Terakhir ada Dynamic Maze Museum, yaitu wahana permainan berupa labirin indoor untuk aktivitas dalam kelompok dengan berbagai misi dan ragam permainan halang-rintang. Yang terakhir ini baru ada di tahun 2016.


ALIVE MUSEUM ANCOL
Ancol Beach City Mall Lantai 3 – Taman Impian Jaya Ancol.

Jam Buka
Jam operasional museum dibuka pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Tiket Masuk

Tiket masuk museum Rp 100.000,-/orang.


loading...

Labels: Jakarta, Museum

Thanks for reading Alive Museum Ancol, Museum Interaktif Tiga Dimensi Pertama Di Indonesia. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Alive Museum Ancol, Museum Interaktif Tiga Dimensi Pertama Di Indonesia"