-->

Cara Menghilangkan Jerawat Bandel Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Jerawat - Jerawat memang menjengkelkan, sering tetap membandel walau sudah diobati. Timbulnya jerawat tentunya membuat penampilan terganggu serta menurunkan kepercayaan diri.

Dahulu jerawat dikenal sebagai masalah kulit yang menyerang remaja. Namun saat ini problema tersebut juga dihadapi oleh orang-orang dewasa.
Cara menghilangkan jerawat
(sumber image : howtogetridofacne.trusted-guide.com)
Untuk mengatasinya, banyak cara cepat untuk meredakan dan menghilangkan jerawat. Daripada mengobatinya dengan obat kimia, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengurang jerawat. 

Yuk, ikuti tips cara menghilangkan jerawat dengan mudah, cepat, dengan bahan alami yang disarikan dari berbagai sumber.

Berikut ini ada beberapa macam buah, makanan serta minuman yang dapat digunakan untuk membantu mencegah dan menghilangkan jerawat serta bekas jerawat :

Belimbing wuluh
Belimbing wuluh atau yang banyak dikenal masyarakat disebut belimbing sayur, kaya akan vitamin C yang juga dpercaya dapat membantu menghilangkan jerawat dan flek hitam di wajah.

Caranya sediakan 5 buah belimbing wuluh, cuci bersih, haluskan. Kemudian tambahkan sedikit garam kira-kira seujung sendok teh, dan gosokan pada wajah secara perlahan.

Alpukat
Alpukat mengandung asam amino dan kaya akan serat, serta memiliki zat anti pembekuan darah dan mengandung indeks gylcemic yang baik bagi kulit untuk melindungi kulit dari kerusakan dan radikal bebas.

Pepaya
Pepaya mengandung enzim alami yaitu papain dan chymopapain yang bersifat anti jamur, anti bakteri, dan anti virus. Kemudian papain mengandung enzim protein larut yang bisa memecah dan menghapus keratin kulit tanpa merusak jaringan yang sehat.

Tingginya kandungan vitamin A juga mampu meningkatkan produksi sel kulit yang sehat guna melawan sel kulit mati yang jadi penyebab jerawat.

Untuk mengusir jerawat, biatlah masker pepaya dengan cara diblender terlebih dahulu. Selain itu juga dianjurkan mengonsumsi jus pepaya secara rutin untuk mencegah dan membersihkan jerawat dari dalam tubuh.

Jeruk Lemon
Asam yang terdapat pada lemon, mampu menghilangkan jerawat. Cukup bubuhkan perasan lemon dengan bola kapas pada jerawat dan tunggu 15 menit dan bilas. Metode ini dipercaya sebagai cara yang cepat untuk membasmi jerawat.

Bisa juga dengan dibuat minuman. Jus lemon membantu menghilangkan sisa asam dan membersihkan hati dengan asam sitrat dan membangun enzim untu mengeliminasi zat-zat sampah dalam darah. Jus lemon akan membantu membersihkan pori-pori dan menjaga kulit agar tetap segar dan cerah.

Bawang Putih
Kandungan sulfur dan antioksidan pada bawang putih dapat menyembuhkan jerawat Anda. Cukup memotong bawang putih menjadi 2 bagian dan oleskan pada jerawat. Tunggu selama menit, lalu bilas.

Teh Hijau
Teh hijau diketahui baik untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya bisa digunakan untuk mengusir jerawat.

Menurut hasil studi yang dilakukan Dr Po-Hsuan Lu dan Chung-Hua Hsu asal Taiwan, wanita yang diberi teh hijau tanpa kafein tampak mengalami penurunan jumlah jerawat di beberapa area wajah.
Para peneliti menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi teh hijau mengalami pengurangan jerawat. Bahan alami itu terbukti mengurangi jerawat di bagian hidung, sekitar mulut, dan dagu dari pada yang tidak.

Riset pun membuktikan jika produk perawatan dengan kandungan teh hijau bisa dipertimbangkan untuk mengatasi masalah kulit itu. Anda pun bisa mengonsumsinya di keseharian untuk membantu mengurangi jerawat dan membuat tubuh rileks.

Putih Telur
Protein dan antioksidan pada telur, mampu mengangkat racun-racun yang bersarang pada kulit, termasuk jerawat. Cukup gunakan putih telur dan aplikasikan ke seluruh wajah Anda. Tunggu 15 menit, kulit akan terasa kencang dan lembut. Jangan lupa untuk membilasnya.

Gunakan metode ini, jika Anda membutuhkan pengobatan yang cepat untuk menghilangkan jerawat. (SLV)

Pasta Gigi
Tahukah Anda bahwa pasta gigi yang berwarna putih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat? Oleskan sedikit pasta gigi ke area wajah yang berjerawat, diamkan hingga mengering semalaman. Saat pagi hari cucilah wajah sampai bersih, Anda akan lihat perubahan signifikan terhadap peradangan jerawat.

Tea tree oil
Anda bisa membasmi jerawat dengan menggunakan tea tree oil, karena kandungan anti-bakteri dan anti-jamur. Cukup mengaplikasikan tea tree oil dengan menggunakam kapas dan tunggu selama 15 menit. Lakukan rutinitas ini hingga jerawat Anda pulih.

Es Batu
Manfaatkan es batu untuk mengurangi peradangan jerawat yang menimbulkan kemerahan. Bungkus beberapa potong es batu dalam kain, bungkus rapat kemudian tempelkan ke area wajah yang sedang mengalami peradangan jerawat. Diamkan beberapa menit, lalu ulangi proses ini. Cara ini juga bisa mengencangkan pori-pori wajah dan mengeluarkan kotoran dan minyak pada wajah.

Mentimun
Mentimun mengandung silicon dan zat belerang yang akan mengurangi masalah jerawat. Caranya haluskan mentimun tanpa menambahkan air hingga menjadi pasta yang lembut. Terapkan pada seluruh wajah sebagai masker, diamkan hingga mengering, lalu bilas.

Kulit Pisang
Perhatikan dulu apakah jerawat anda sudah meradang atau belum. Kalau belum meradang anda dapat menggosokan kulit pisang bagian dalam atau yang berwarna putih langsung pada wajah secara perlahan dan menyeluruh.

Apabila jerawat sudah meradang, anda bisa menghancurkan kulit pisang terlebih dulu, setelah itu tambahkan dengan 1 sendok teh madu. Setelah tercampur rata lalu jadikan sebagai masker wajah.

Air mawar dan bubuk cendana
Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan air mawar dengan 2 sendok makan bubuk kayu cendana. Setelah tercampur rata lalu oleskan campuran kedua bahan alami tersebut pada wajah anda.

Diamkan selama 20-25 menit kemudian bilas dengan air hangat. Anda dapat menerapkan cara ini 3 hari sekali.

Lidah Buaya
Pilih lidah buaya yang masih segar lalu kupas kulitnya dan ambil gel nya. Setelah itu oleskan gel lidah buaya tersebut pada bagian jerawat, tunggu beberapa saat lalu bersihkan. Anda dapat menerapkan cara ini setiap pagi dan sore hari.

Tomat
Irisan tomat ternyata dapat menghilangkan jerawat, caranya cukup dengan mengiris tomat dengan ukuran tipis lalu tempelkan irisan tersebut pada jerawat dikulit anda. Tempelkan selama 20-30 menit lalu bersihkan wajah anda dengan air.

Bayam
Bayam bisa membantu Anda mencegah banyak penyakit dalam tubuh Anda dan bisa membuat sistem kekebalan tubuh yang kuat, seperti penyakit jantung, arthritis, dan kanker.

Tak hanya itu, Bayam juga mengandung banyak vitamin K, A, dan zat besi, yang merupakan komponen penting untuk menjaga kulit Anda tetap sehat. Jadi, dengan mengkonsumsi bayam sesering mungkin, Anda bisa memperbaiki kerusakan pada kulit Anda dan membuat jerawat Anda hilang dari dalam.

Wortel
Mengonsumsi wortel baik untuk mengatasi masalah jerawat. Wortel mengandung banyak vitamin A, yang membantu Anda untuk menyembuhkan jerawat dan akan menghilangkan peradangan kulit Anda dengan cepat. Dengan kata lain, ini akan membantu Anda menghapus warna kemerahan pada kulit Anda yang disebabkan oleh jerawat. Anda bisa makan wortel secara mentah (seperti kelinci) atau Anda juga bisa membuat jus wortel sendiri dan minum setiap hari.

Brokoli
Brokoli mengandung beta karoten yang banyak dibutuhkan oleh kulit yang sehat. Mengonsumsi brokoli bisa meningkatkan kesehatan kulit. Brokoli mengandung komponen antioksidan yang kuat serta banyak vitamin yang akan membantu melawan jerawat dari dalam. Jadi, brokoli bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk menambahkan brokoli kedalam makanan sehari-hari Anda.

Demikian info dan tips Cara Menghilangkan Jerawat Bandel Dengan Bahan Alami yang banyak terdapat di sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk membantu mencegah dan mengobati jerawat.
loading...

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cara Menghilangkan Jerawat Bandel Dengan Bahan Alami. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Jerawat Bandel Dengan Bahan Alami"