-->

Naik Pesawat, Sebaiknya Pilih Kursi Di Bagian Mana ?

Cara Memilih Tempat Duduk di Pesawat - Ketika memeban tiket pesawat terbang, Anda tentu ingin mendapatkan tempat duduk terbaik. Sebagian orang mungkin lebih memilih tempat duduk di sisi dekat jendela (window seat), sementara yang lain lebih senang kursi dekat lorong (aisle seat). Namun ada juga yang lebih menginginkan kursi di dekat pintu darurat. Masing-masing punya pertimbangan sendiri ketika memilih kursi pesawat, meskipun ada juga yang tidak ambil pusing soal posisi kursi di pesawat.
Naik pesawat pilih kursi dekat jendela atau lorong?

Di sisi lain, ada juga yang fleksibel memilih kursi di pesawat. Kadang duduk di kursi dekat jendela, namun di  lain waktu, memilih kursi dekat lorong.

Sebenarnya, di manakah tempat duduk terbaik di dalam pesawat?

Jika Anda bingung ketika harus menentukan kursi di pesawat, Anda dapat mengikuti panduan yang diberikan situs perjalanan, farecompare.com  berikut ini : 

Pilih kursi dekat  lorong ketika:
- Penerbangan jarak jauh. Dalam penerbangan jarak jauh, lama penerbangan membuat Anda perlu ke toilet beberapa kali. Selain itu, Anda memang perlu sesekali berjalan di sekitar cabin. Sehingga duduk di dekat lorong artinya Anda tidak perlu melewati penumpang lain yang duduk di sebelah Anda.
- Anda di penerbangan lanjutan (connecting flight), sehingga Anda perlu cepat-cepat keluar dari pesawat untuk bisa tepat waktu ke penerbangan berikutnya.
- Anda tinggi dan perlu ruangan ekstra untuk merenggangkan kaki Anda keluar.
- Anda terbang di kelas ekonomi dan maskapai berbiaya murah, sehingga Anda perlu ruangan ekstra untuk meluruskan kaki Anda.
- Anda termasuk takut pada ruang sempit.
- Anda perlu akses mudah ke tas yang ditaruh di kabin pesawat.

Pilih kursi dekat jendela ketika:
- Anda perlu tidur. Tidur di kursi dekat jendela memungkinkan adan memiliki "dinding" untuk bersandar. Selain itu, Anda tak perlu terbangun karena penumpang lain ingin ke toilet.
- Anda terbang ke daerah dengan fitur geografis yang mengesankan, misalnya ke kawasan pegunungan.
- Anda terbang dengan bayi sehingga memerlukan ruang privasi untuk menyusui.
- Anda terbang dengan balita. Si kecil pasti senang melihat awan dan daratan dari ketinggian.
- Anda tidak ingin tertabrak penumpang yang lalu lalang atau kereta dorong makanan milik awak kabin.

Selain pertimbangan tersebut, ada saran lain yang direkomendasikan oleh awak kabin dan pakar, seperti dilansir oleh Huffington Post berikut ini :

Untuk alasan keamanan, pilih dekat lorong bagian belakang pesawat

Sebuah studi dari Popular Mechanics menyebutkan, penumpang yang duduk di dekat bagian ekor pesawat memiliki kesempatan hidup lebih tinggi 40 persen saat kecelakaan dibandingkan duduk di barisan depan. Sementara dengan memilih lorong, Anda akan bisa turun dari pesawat lebih cepat dalam keadaan darurat.

Untuk penerbangan yang lebih "halus", pilih kursi setelah sayap pesawat

Pertahanan pertama ketika menghadapi gelombang udara di ketinggian adalah selalu menggunakan pesawat berbadan besar. Namun, untuk penerbangan yang lebih "halus", pilih kursi setelah sayap pesawat.

Menurut President, CEO and Co-Founder Aviation Medicine Advisory Service, Dr. Quay Snyder, bagian depan dan belakang pesawat cenderung melambung dibandingkan kursi setelah sayap pesawat.

Untuk penerbangan yang tenang, pilih kursi di bagian depan kabin pesawat

Bunyi mesin pesawat kerap mengganggu tidur Anda di dalam pesawat. Untuk menghindari kebisingan mesin, pilihlah tempat duduk di bagian depan kabin pesawat.
Posisi di bagian depan kabin pesawat mungkin akan bisa mendengarkan awak kabin mengobrol. Namun dengan duduk di bagian depan kabin, Anda telah berada cukup signifikan dari bunyi mesin.

Untuk tidur, memilih tempat duduk dekat jendela di sisi kiri pesawat bagian tengah

Tempat duduk terbaik untuk tidur adalah di dekat jendela di sisi kiri pesawat bagian tengah. Anda tak akan terganggu suara-suara dari kamar mandi atau dapur pesawat.

Untuk penyimpanan barang di bagasi, pilih di kursi belakang kabin pesawat

Hampir semua maskapai di dunia kecuali asal Inggris, mengikuti aturan penyimpanan barang di bagasi kabin dari belakang ke depan. Nah, jika Anda duduk di belakang, Anda akan berkesempatan mendapatkan tempat penyimpanan barang di bagasi kabin.

Untuk keluar dari pesawat lebih cepat, pilih duduk di sisi kiri

Dalam keadaan darurat, penumpang akan diarahkan ke pintu darurat di bagian kiri badan pesawat. Nah, untuk keluar lebih cepat dari pesawat, pilih duduk di sisi kiri.

Untuk ruang duduk lebih luas, duduk di dekat pintu darurat

Jika ingin duduk dengan ruang antar kursi yang lebih luas, kursi dekat pintu darurat adalah pilihan terbaik. Anda bisa duduk dengan kaki yang lebih leluasa.

Untuk anak-anak, duduk di kursi dekat sekat pesawat

Jika pergi bersama anak-anak kecil, tentu Anda memerlukan ruang duduk yang lebih luas. Anda bisa memilih duduk di dekat sekat pesawat seperti antara kelas bisnis dan ekonomi. Biasanya kursi dekat sekat pesawat memiliki ruang yang memungkinkan anak-anak Anda bisa bermain di lantai pesawat. 

Nah, sesuai dengan berbagai saran tadi, sekarang Anda tahu cara memilih tempat duduk terbaik di pesawat sesuai dengan pertimbangkan tertentu dan kebutuhan pribadi setiap orang. (Kompas)
loading...

Labels: Gaya Hidup

Thanks for reading Naik Pesawat, Sebaiknya Pilih Kursi Di Bagian Mana ?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Naik Pesawat, Sebaiknya Pilih Kursi Di Bagian Mana ?"