-->

Cara Efektif Memanjangkan Rambut Dengan Bahan Alami

Cara Memanjangkan Rambut - Mempunyai rambut yang panjang dan lebat menjadi impian banyak wanita. Ada yang merasa rambut panjang membuat seorang wanita terlihat lebih feminine dan anggun. Rambut panjang juga sering diidentikkan sebagai simbol kecantikan, hal ini mungkin terlihat dari seringnya wanita berambut panjang digunakan sebagai model iklan produk perawatan rambut.
Cara memanjangkan rambut dengan bahan alami.
Rambut panjang idaman banyak wanita (via Bondibeauty.com.au)

Namun tidak semua orang dikaruniai rambut panjang berkilau yang alami. Tak heran, banyak cara dilakukan wanita untuk memiliki rambut panjang, mulai dari penggunaan shampoo tertentu, menambah dengan rambut palsu, hingga melakukan perawat di salon untuk memperbaiki rambutnya menjadi seperti yang diinginkan. Yang pasti untuk memanjangkan rambut tidak bisa cepat, karena dalam sebulan rambut akan tumbuh sepanjang 2 cm bahkan kurang. Jadi memang harus bersabar untuk mendapatkan rambut panjang.

Berikut cara efektif memanjangkan rambut dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat :


Vitamin B Komplek

Vitamin B terdiri dari 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing tipe vitamin B suplemen mempunyai nama masing-masing (contoh; B1, B2, B3). 

Agar tetap sehat dan subur, rambut  juga membutuhkan asupan vitamin B yang cukup. Beberapa bahan pangan yang mengandung vitamin B komplek tinggi antara lain adalah daging merah, asparagus, alpukat, kacang almond, bayam, dan kacang mete.

Wortel

Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga bermanfaat bagi rambut. Wortel memiliki kandungan vitamin yang lengkap, mulai A, K, dan C, serta antioksidan yang membantu memperbaiki rambut rusak dan menstimulasi folikel rambut untuk tumbuh.

Wortel juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks, mulai dari vitamin B1, B2, B3, dan B6. Keseluruhannya bekerja untuk mengunci kelembapan rambut dan menjaga rambut tetap berkilau.
Sayuran ini juga mengandung betakaroten dan vitamin C yang dapat menstimulasi sirkulasi darah, memperkuat akar rambut, menutup kutikula rambut dan mencegah rambut patah.

Kandungan kalium, forsfor dan vitamin E pada wortel berfungsi sebagai pelindung rambut dari radikal bebas, meningkatkan daya serap nutrisi rambut.

Berikut cara memanfaatkan wortel untuk mendapatkan rambut panjang nan indah. Parut wortel dan ambil ekstraknya. Campur dengan alpukat yang telah dihapuskan dan 1 sendok makan minyak zaitun, aduk rata. Sisir rambut dengan sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut kusut. Oleskan pasta tersebut pada rambut dan kulit kepala, berikan pijatan melingkar selama 10 menit. Diamkan selama 1 jam, lalu bilas dengan shampo ringan. Lakukan secara rutin. 

Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat  memperlancar sirkulasi peredaran darah yang ada dalam tubuh, terutama sirkulasi yang menuju rambut. Dengan lancarnya peredaran darah yang menuju rambut, membuat rambut lebih cepat tumbuh dan sehat.  

Cara menggunakannya, siapkan teh hijau dan seduh dalam segelas air hangat. Setelah dingin, siramkan seduhan teh tersebut ke rambut sambil kulit kepala dipijat lembut, lalu bilas rambut hingga bersih. 

Cara lainnya dengan membalurkan teh hijau ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut, lalu bungkus dengan handuk basah yang sebelumnya telah direndam ke dalam air hangat. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

Santan
Santan sudah lama digunakan oleh wanita di Indonesia untuk membuat rambut lebih lembut, hitam dan berkilau, selain itu juga bermanfaat untuk memanjangkan rambut. Cara menggunakan santan untuk menjangkan rambut adalah dengan mengoleskan secara merata santan ke kulit kepala dan rambut. Lalu tutup rambut dengan handuk hangat, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Minyak Zaitun
Bukan hanya baik bagi kulit, minyak zaitun juga sangat baik bagi rambut. Cara menggunakannya, teteskan 4 sampai 5 tetes minyak zaitun pada kulit kepala, pijat-pijat lembut, lalu diamkan semalaman agar sarinya terserap oleh kulit kepala dan rambut, baru esuk paginya keramas dan bilas rambut hingga bersih.

Apel
Apel ternyata mampu mencegah kerontokan rambut dan memberi nutrisi agar rambut lebih sehat dan tumbuh lebih cepat. Namun yang digunakan adalah kulit apelnya, bukan buahnya. Caranya, haluskan kulit apel dengan blender dengan tambahkan sedikit air, lalu oleskan secara merata pada rambut. Diambkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Protein
Jaringan yang ada pada rambut adalah 97% protein, jika konsumsi protein tetap dijaga, maka rambut akan lebih kuat dan tidak mudah patah dan mempercepat pertumbuhan sel baru pada rambut. Makanan yang termasuk kaya protein antara lain adalah ayam, ikan, daging, susu, kacang-kacangan dan telur.

Putih Telur
Cara alami memanjangkan rambut berikutnya adalah dengan menggunakan putih telur.
Putih telur kaya nutrisi yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Sediakan 3 butir telur, ambil bagian putihnya saja, kocok hingga merata dan oleskan menyeluruh ke rambut dan kulit kepala lalu pijat-pijat lembut kulit kepala. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, biarkan nutrisi dari telur tersebut terserap sempurna oleh rambut, lalu bilas hingga bersih.

Air Putih
Air putih selain menjaga tubuh terhindar dari hidrasi, juga berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Hal ini karena konsumsi air yang cukup akan menjaga rambut agar tetap lembab, sehingga rambut tidak kering, kusam dan mudah patah. Konsumsi setidaknya 8 gelas air putih sehari, akan membantu mengaktifkan kembali sel-sel yang terdapat pada rambut. Maka selanjutnya proses pertumbuhan rambut di kulit kepala akan semakin cepat, rambut lebih kuat, tidak mudah rontok dan patah.
loading...

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cara Efektif Memanjangkan Rambut Dengan Bahan Alami. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Efektif Memanjangkan Rambut Dengan Bahan Alami"