-->

Cara Memilih Buah Durian Yang Matang Dan Enak

Memilih Durian Yang Matang - Siapa tak suka durian? Dari aromanya yang mengundang selera saja orang sudah membayangkan kelezatannya. Sepertinya lebih banyak yang suka daripada tidak suka dengan buah durian yang memiliki cita rasa yang khas ini. Tak heran jika durian termasuk salah satu buah yang digemari di Indonesia.
Memilih durian yang matang dan lezat.
Durian yang matang.

Banyak penggemar durian yang rela berburu ke daerah yang dikenal sebagai penghasil durian demi mendapatkan buah terbaik pada saat musimnya. Mereka ini biasanya memiliki trik khusus untuk mengenali ciri-ciri durian yang enak dan lezat.

Berbeda dengan penggemar durian umum yang hanya senang mengkonsumsi durian tapi tidak tahu banyak cara membedakan durian yang baik dengan durian yang rasanya hambar.

Nah, supaya tidak salah pilih atau dikelabui oleh penjual durian yang nakal, sebaiknya Anda yang suka makan durian mengetahui trik dan tips memilih durian yang baik. Baik dalam arti buah durian tersebut matang, rasanya enak, lezat dan bertekstur sempurna.

Jangan sampai membeli durian seperti membeli “kucing dalam karung”. Aromanya wangi tapi setelah dibuka, buahnya kecil dan rasanya tidak manis alias hambar. Karena itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri durian yang bagus dan rasanya enak serta cara memilihnya.
Berikut tips cara memilih buah durian yang matang dan rasanya enak :

1. Perhatikan aromanya. Cium kulit durian, durian yang matang memiliki aroma bau yang kuat. Jika durian yang kita cium sudah tidak berbau lagi, kemungkinan buahnya sudah masuk angin dan rasanya menjadi hambar.

2. Jangan pilih durian yang sudah merekah atau terbuka ujungnya karena dibelah oleh penjual. Udara yang masuk membuat daging durian cepat membusuk.

3. Pilihlah durian yang memiliki bentuk utuh, bulat dan simetris. Durian yang tidak simetris biasanya memiliki buah yang tidak sempurna di juringnya. Sedangkan durian yang bentuknya lonjong biasanya hanya memiliki daging buah yang sedikit.

4. Durian yang berdaging padat dan kering bisa dilihat dari durinya. Pilihlah durian yang kulitnya berduri jarang, besar-besar dan pendek karena lebih manis. Sebaliknya jika durian berkulit kecil dan durinya panjang dan rapat/banyak, ini menandakan daging durian tersebut sedikit, lembek atau basah.

5. Perhatikan ciri tangkai durian. Biasanya durian yang jatuh dari pohon bentuk tangkainya bergerigi. 
Jika terlihat bekas potongan, mungkin durian itu dipetik sebelum masak.

Selanjutnya, congkel sedikit kulit tangkainya dengan kuku, jika kulitnya tebal, maka daging buahnya pun tebal, kemudian jika warna bagian dalam kulitnya kuning, maka warna daging buahnya pun berwarna kuning.



6. Pilihan buah durian yang ringan, jangan yang berat. Biasanya buah yang semakin berat, makin banyak isinya. Tetapi untuk durian berbeda. Durian yang berat biasanya masih mentah, isinya terlalu banyak air dan kemungkinan lain adalah durian tersebut busuk.

7. Pukul buah durian dan dengarkan suaranya. Jika suaranya bluk-bluk bergema, itu tandanya durian tersebut sudah matang. Tetapi jika suaranya plek-plek artinya durian tersebut belum matang, jadi jangan dipilih.

8. Cara lain adalah guncangkan buah durian. Jika saat diguncangkan terasa sesuatu yang berguncang di dalam, itu menandakan bahwa daging buahnya kering. Dan itu menandakan durian yang bagus.

9. Pilihlah durian yang berjuring lima. Kulit buah yang bergelombang seperti labu atau disebut berjuring. Pada durian juring atau kamar-kamar dalam buahnya bisa dilihat dari permukaan kulitnya, yaitu berupa garis dari bagian atas sampai bawah. Biasanya durian dengan lima juring daging buahnya lebih banyak daripada durian dengan 6 atau lebih juring.

Dengan mengetahui beberapa Cara Memilih Buah Durian yang matang dan rasanya enak tersebut, tentunya Anda tidak akan salah lagi dalam membeli durian. Selamat menikmati durian.
loading...

Labels: Gaya Hidup, Kuliner

Thanks for reading Cara Memilih Buah Durian Yang Matang Dan Enak . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memilih Buah Durian Yang Matang Dan Enak "