-->

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Menjaga kesehatan wajib dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan yang biasa muncul selama bulan Ramadhan. Masalah kesehatan yang sering terjadi adalah masalah gigi dan bau mulut.

Bau mulut atau halitosis sering dialami oleh hampir seluruh orang yang berpuasa dan hal ini bisa memengaruhi aktivitas saat bulan puasa.
Cara menghilangkan bau mulut
Halitosis via http://tublogsalud.com

Bau mulut saat puasa umumnya disebabkan produksi air liur yang berkurang akibat kita tidak makan dan minum, memang suatu hal yang alami.

Namun, menjadi masalah yang mengganggu terutama ketika kita harus berbicara dalam jarak dekat dengan orang lain. Terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas yang tinggi.

Menurut Spesialis gigi, drg Felicia Melati, SpKGA, di dalam mulut manusia terdapat bakteri, yang pada saat jumlahnya berkembang banyak, bisa menjadi masalah.

Bakteri yang disebut anaerob gram negatif ini berasal dari sisa makanan, air liur, sel epitel dari mukosa mulut, serta bakteri yang sudah mati dan memicu munculnya khas bau seperti telur busuk, bawang putih, bau seperti kotoran (bau mulut).

Saat berpuasa, kita tidak makan dan minum (kecuali antara waktu berbuka hingga sahur), sehingga asupan cairan terbatas. Ditambah lagi tidak adanya stimulus saliva yang merupakan agen pembersih alami, mengandung enzim antibakteri dan menjaga keseimbangan bakteri dalam mulut.

Dalam kondisi asupan cairan kurang dan tidak ada stimulus saliva, maka laju saliva menurun, sehingga penumpukan bakteri terjadi yang memicu terjadinya bau mulut.

Berikut cara-cara efektif menjaga kebersihan mulut untuk mencegah dan mengatasi bau mulut saat sedang puasa seperti disarankan oleh para pakar kesehatan.

Banyak Minum Air

Saat Sahur Setelah makan sahur atau sambil menunggu waktunya imsak, manfaatkan waktu untuk minum air putih. Minumlah sedikitnya 2-3 gelas air putih. Minum air putih menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga mencegah bau mulut. Setelah berbuka puasa, jangan lupa juga minum air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Gosok gigi setelah makan

Menggosok gigi setelah makan wajib dilakukan saat bulan puasa maupun tidak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Saat bulan Ramadan, jangan lupa menggosok gigi setelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari untuk mencegah datangnya bakteri penyebab bau mulut.

Menyikat gigi dan lidah dengan benar mampu membuang sisa makanan yang menempel pada gigi. Namun, tata cara menyikat gigi harus diperhatikan karena jika tidak dibersihkan secara maksimal, bakteri akan menempel dan menyebabkan terjadinya bau mulut.

Selain itu lakukan scaling (pembersihan karang gigi), penambalan kalau ada lubang, perbaikan tambalan, bila perlu lakukan perawatan saraf kalau karies sudah besar.

Gunakan obat kumur antibakteri

Sikat gigi terkadang tidak mampu menjangkau dan membersihkan semua sela-sela gigi. Gunakanlah obat kumur antibakteri atau mouth wash agar membersihkan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut secara maksimal. Dengan begitu, tak ada sisa makanan yang tertinggal yang sekaligus mencegah datangnya bakteri.

Perlu diingat, peran mouthwash hanya sebagai tambahan, sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakannya secara terus menerus. Pilih obat kumur yang mengandung bahan aman, jangan yang mengandung alkohol, agar tidak membatalkan puasa.

Bersihkan lidah

Tak hanya gigi, lidah juga menjadi bagian mulut yang harus dibersihkan. Lidah bisa menjadi tempat menempelnya sisa makanan, termasuk kemungkinan adanya bakteri penyebab bau mulut terdapat di lidah.

Bila diperbesar, lidah memiliki lekuk-lekuk yang bisa menjadi tempat sisa-sisa makanan menempel. Kalau dibiarkan, pada orang dengan lekukan cukup dalam, ada lapisan lekat yang salah satunya diisi bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Gunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan plak dan mencegah terjadinya bau mulut. Cara membersihkan lidah bisa menggunakan sikat gigi atau scraper.

Selain cara-cara yang sudah disebutkan tadi, jangan lupa selalu berkumur saat wudhu. Hal ini juga bisa menyegarkan kembali rongga mulut yang kering. Juga perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta minum air putih yang banyak saat sahur dan berbuka sehingga saat puasa tubuh tidak mengalami dehidrasi.


Demikian cara-cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi bau mulut selama menjalani ibadah puasa. 
loading...

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa"