-->

Mengenal Profesi Asisten Masinis Kereta Api

Profesi Asisten Masinis - Dalam mengoperasikan kereta api, selain masinis, ada satu orang lagi yang memegang peran tak kalah penting, yaitu Asisten Masinis Kereta Api. Kebanyakan orang tidak mengetahui keberadaan asisten masinis, meski keberadaannya sangat vital.

Asisten Masinis kereta api sedang bekerja (via Kompas.com)
Pekerjaan inti Asisten masinis adalah membantu tugas masinis agar dapat bekerja baik. Salah satu tugas penting asisten masinis adalah melakukan tunjuk sebut sinyal selama perjalanan.

Mulanya asisten masinis menunjuk dan menyebutkan sinyal apa yang dilihatnya di jalur perjalanan. Masinis kemudian akan mengulangi perkataan asisten masinis agar yakin sinyal yang dilihat dan ditunjuk benar.

Karena itu Asisten Masinis harus selalu fokus dan penuh konsentrasi dalam bekerja. Apalagi di malam hari, dalam keterbatasan cahaya penerangan, seorang asisten masinis harus tahu letak sinyal tanda di depan seperti apa. Jelas pekerjaan seorang asisten masinis sangat penting dalam perjalanan kereta api.

Buat yang tertarik menjalani profesi sebagai Asisten Masinis berikut persyaratannya :

- Persyaratan pendidikan minimal lulusan SLTA IPA atau STM Listrik/Mesin dengan NEM rata-rata diatas 7.
- Usia dibawah 28 tahun
- Belum menikah
- Lulus psikotes dan tes kesehatan

Para calon asisten masinis itu akan dididik terlebih dahulu untuk mengenal teori soal profesinya sekitar 6 bulan. Selanjutnya mereka akan menjalani kelas praktik selama 6 hingga 12 bulan, tergantung kompetensi dan kemampuan adaptasi.

Tahap berikutnya calon akan mengikuti test brevet asisten masinis. Jika lulus, maka mulai bertugas sebagai asisten masinis.

Profesi asisten masinis di PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendapatkan gaji penuh (take home pay) di awal karir sebesar Rp 5-6 juta per bulan. Gaji tersebut akan terus naik, apalagi bila profesinya meningkat sebagai masinis kereta api.
loading...

Labels: Pendidikan, Profesi

Thanks for reading Mengenal Profesi Asisten Masinis Kereta Api. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Profesi Asisten Masinis Kereta Api"