-->

Cara Memblokir Nomor HP atau Telepon Yang Tidak Kita Inginkan

Blokir SMS dan Telepon - Anda pasti pernah atau bahkan sering kita menerima panggilan telepon atau SMS dari orang yang nomernya tidak kita kenal atau terdaftar dalam buku telepon. Termasuk juga dari orang yang tidak kita sukai.
Cara mudah blokir nomor telepon yang tidak kita inginkan.
Tiga cara blokir SMS atau telepon dari seseorang.

Modusnya bisa berupa teror, iklan atau yang sering terjadi, berupa SMS penipuan yang menyatakan kita menjadi pemenang undian, kuis, SMS yang pura-pura nyasar tentang transfer uang, mama genit minta pulsa, agen pulsa super murah, tiket pesawat murah, dan sebagainya. Pasti menyebalkan!

Sesuai dengan tipe HP yang kita gunakan, ada yang sudah dilengkapi dengan fasilitas blokir. Namun, banyak pula jenis HP yang tidak memiliki fasilitas seperti itu. Memang bisa jadi kita tidak menggubris telepon atau SMS yang masuk ke HP kita, namun jika itu sebuah teror yang terus berlanjut, tentu sangat mengganggu ketenangan dan kenyamanan hidup kita.

Ada juga yang mengakali dengan membuat pengaturan mode silent/senyap di HP atau smartphone, namun hal ini bisa merugikan ketika kita menerima panggilan telepon yang penting, kita justru tidak tahu karena HP kita tidak berbunyi.

Lantas, bagaimana mengatasi gangguan telepon dan SMS yang tidak diharapkan tersebut? Tentu saja cara terbaik adalah memblokir telepon atau SMS yang berasal dari orang atau nomor yang tidak kita kenal atau kehendaki.

Berikut beberapa 3 cara memblokir telepon dan SMS yang terbukti efektif.

1. Blokir Nomor HP Dari Operator Seluler


Blokir Telepon/SMS Pengguna Telkomsel


1. Ketik: *500*22# dari layar handphone utama > klik Yes / Call.
2. Tunggu balasan yang berisi daftar menu layanan dari Telkomsel, yang isinya kurang lebih seperti ini :

  1. Info Layanan.
  2. Auto Reply
  3. Divert
  4. Copy
  5. Black List.
  6. White List.
Kemudian balas dengan menekan “Answer” dan isi dengan angka 5 – lalu Kirim.
Maka Telkomsel akan membalas dengan menampilkan menu Black List yang terdiri dari :
  1. Registrasi
  2. Tambah nomor pengirim
  3. Hapus nomor pengirim
Selanjutnya balas dengan mengetikkan angka 1 untuk mengaktifkan fitur Black List – lalu Kirimkan. Kemudian Anda tinggal memasukkan nomor yang ingin Anda blacklist. 
Jika lebih dari satu maka bisa langsung didaftarkan bersama-sama sampai maksimal 10 nomor. 

Caranya dengan mengetik nomor tersebut dan dipisahkan dengan tanda koma dengan format : BTAM nomor.

Contohnya : 
BTAM 081259641121, 081812432, 081678123, dst. 

Lalu kirim ke 2255. 

Blokir Telepon/SMA Pengguna Indosat

Untuk pengguna provider Indosat dapat menggunakan layanan SMS Pintar untuk memblokir SMS dan panggilan dari nomor telepon yang tak diinginkan.

Adapun cara menggunakan fitur SMS Pintar ialah dengan cara mendaftarkan nomor ponsel atau kata kunci yang tidak ingin diterima dengan cara ketik *123*600# kemudian pilih fitur yang diinginkan.

Blokir Telepon/SMS Pengguna XL


Bagi Anda yang menggunakan layanan provider XL, berikut Cara Memblokir Nomer HP  yang bisa Anda terapkan : 

1. Melalui Aktivasi Via UMB, Silahkan tekan *123*517#
2. Pilih paket sesuai keinginan kalian
3. Tunggu sms konfirmasi masuk, bahwa pengaktifan layanan berhasil
4. Silahkan masukan nomer yang ingin di blokir
5. Tunggu sms notifikasi blokir aktif, bahwa nomer sudah terblokir.

Cara blokir nomor HP bagi pengguna XL

2. Blokir Telepon dan SMS Dengan Fitur Bawaan Di HP Android

Tentu saja cara ini meskipun mudah dan efektif tapi mungkin tidak semua tipe smartphone menyediakan fitur ini. Untuk memastikan apakah ponsel Android kamu memiliki fitur blokir bawaan, buka saja menu "Kontak" lalu cari nama/nomor kontak yang ingin diblokir atau blacklist. Klik tampilkan. Berikut contoh pada ponsel Xiomi saya.


Setelah nama dan nomer yang ingin diblokir tampil, maka selanjutnya cari letak pengaturan blokir nomor di ponselmu. Biasanya berupa tiga titik (...) yang terletak di pojok kanan atas atau dideretan menu di ponselmu. Klik saja lalu cari menu tersebut, dalam HP saya bertuliskan "Tambah ke daftar blokir".

Dengan menekan tombol tersebut, maka selanjutnya kamu tidak akan menerima SMS atau panggilan telepon dari nomor yang telah diblokir tersebut.  


3. Blokir Telepon Dan SMS Dengan Aplikasi Android

Banyak aplikasi yang bisa digunakan pengguna Android untuk menghindari telepon atau SMS dari nomor telepon tertentu. Kamu bisa mendownload aplikasi tersebut melalui fitur Google Play di HPmu. Sebagai saran, sebaiknya pilih aplikasi yang membutuhkan memori kecil, sehingga tidak membebani kinerja HPmu.

Berikut 6 aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk memblokir telepon dan SMS yang tidak kamu kehendaki, silakan pilih salah satu yang sesuai dengan seleramu. 

Salah satu aplikasi android pemblokir telepon.
1. Mr Number
2. Calls Blacklist – Call Blocker
3. Should I Answer?
4. Call Blocker Free-Blacklist
5. Call Blocker
6. Hiya-Caller ID & Block

Tentu saja masih banyak sekali pilihan lain aplikasi pemblokir telepon, Anda bisa menggunakan aplikasi lainnya di Google Play dengan cara menulis kata kunci "blocker call", maka akan muncul puluhan aplikasi yang bisa kamu pilih.

Nah, dari tiga cara blokir HP dan SMS dari nomer telepon yang tidak kita inginkan tersebut, Anda tentunya dapat memilih salah satu yang menurut Anda paling mudah diterapkan. Setiap orang bisa beda penilaian, Anda yang menentukan.
loading...

Labels: Gadget, Tekno

Thanks for reading Cara Memblokir Nomor HP atau Telepon Yang Tidak Kita Inginkan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memblokir Nomor HP atau Telepon Yang Tidak Kita Inginkan"