-->

Cara Mudah Dan Alami Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

Cara mudah dan alami menghilangkan bau badan tak sedap - Bau badan terjadi ketika tubuh berkeringat, yang disebabkan oleh adanya kelenjar keringat dalam pori-pori kulit. Semakin tubuh memroduksi cairan, maka keringat yang keluar pun semakin banyak.

Cara mudah menghilangkan bau badan yang tak sedap.
Ilustrasi bau badan
Bau badan yang tak sedap, tidak hanya mengganggu bagi orang yang mengalaminya, tapi juga pada orang-orang di sekitarnya. Bau badan yang tak sedap bisa membuat kita kurang percaya diri dan merasa tidak nyaman saat beraktivitas.

 Secara praktis, orang biasanya memakai deodorant atau wewangian untuk menghilangkan bau badan. Namun, meski Anda telah menggunakan deodoran yang banyak, ada saatnya bau badan tak mau pergi. Pada saat itu, Anda akan merasa perlu melakukan sesuatu yang permanen untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada sejumlah faktor yang menjadi sumber atau penyebab bau badan, diantaranya adalah :

Pola Makan
Kurangnya mengonsumsi makanan bergizi akan menyebabkan Anda mengalami bau badan. Jika Anda pecinta makanan pedas dan berminyak, maka Anda akan memiliki bau badan yang sangat kuat. Daging merah, rempah-rempah dan bawang putih juga dapat menyebabkan bau badan yang tak sedap.

Rambut di Ketiak
Jika Anda tidak pernah membersihkan ketiak, akan menyebarkan bau tak sedap. Ketiak memiliki sejumlah kelenjar apokrin (kelenjar keringat) yang cukup banyak. Cobalah untuk mencukur dan mencuci secara teratur untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bau badan.

Tekanan atau Stres
Stres juga memicu keringat berlebihan. Ketika merasa tegang atau stres, Anda akan berkeringat lebih banyak. telapak tangan, kaki dan tubuh mulai mengeluarkan keringat, dan bau badan pun mulai keluar. Ketika Anda tegang, tubuh Anda juga akan merilis kortisol (hormon stres). Kortisol berfungsi membantu Anda saat berjuang menghadapi kecemasan dengan meningkatkan produksi keringat.

Pencernaan
Bau badan, kotoran atau urin merupakan masalah umum yang sering dihadapi ketika memiliki sistem metabolisme yang lambat. Sembelit dan masalah lambung dapat meningkatkan bau badan. Ketika Anda menderita masalah pencernaan, tubuh akan melepaskan racun yang menyebabkan bau.

Selain itu makanan yang Anda makan ternyata turut serta menyebabkan bau badan. Berikut ini sejumlah makanan yang dinyatakan bisa memicu bau badan, yang sebaiknya dihindari :

Minuman Beralkohol
Saat mengkonsumsi minuman yang satu ini, hanya sekitar 10% yang diekresikan melalui saluran urin, sehingga membuat tubuh berkeringat lebih banyak.

Bawang putih
Kandungan allicin yang dimilikinya membuat bawang putih memiliki aroma yang kuat dan memicu bau badan yang tidak sedap.

Daging
Kalangan pemakan daging pastinya memiliki bau badan yang tidak mengenakkan dibandingkan para vegetarian.

Nah, setelah kita mengetahui faktor penyebab bau badan, maka berikut ini empat cara mudah untuk mencegah bau badan dan menjaga bau badan tetap segar ketika beraktivitas :


- Hentikan mengonsumsi terlalu banyak bawang bombai, bawang putih dan kelabet. Sebab, bahan-bahan tersebut cenderung merembes kelur pori-pori tubuh dan menimbulkan bau. Tak peduli bawang bombai itu sudah dimasak dalam masakan kari pedas, Anda tetap harus menghindari bahan makanan tersebut.

- Rutin ke kamar mandi. Mandi secara teratur dua kali sehari merupakan hal yang baik. Sebab, itu akan melenyapkan berbagai masalah.

- Gunakan bedak. Hal ini kadang diremehkan tapi bisa membuat banyak perbedaan. Tidak hanya membuat Anda merasa segar tapi membantu mengurangi bau badan, terutama pada musim panas.

- Gunakan deodoran yang tepat. Ini tidak hanya membuat Anda merasa segar tapi juga mengurangi keringat. Sebab, musim panas membuat Anda lebih banyak berkeringat.

- Kenakan pakaian yang nyaman yang membuat tubuh kita bisa bernafas misalnya pakaian yang berbahan katun yang dapat membuat keringat menguap secara alami. Hindari penggunaan pakaian sempit dengan bahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak.

Selain cara praktis tadi, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau badan :

1. Mengatasi Bau Badan dengan Air Rebusan Daun Sirih
Salah satu manfaat daun sirih adalah untuk menghilangkan bau badan. Caranya : sediakan kurang lebih 30 lembar / secukupnya daun sirih. Campur dengan air 1 secukupnya. Kemudian panaskan hingga airnya benar-benar mendidih. Setelah itu campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin agar air rebusan tersebut tidak terlalu panas. Setelah itu, mandilah dengan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan cara ini secara rutin

2. Mengobati Bau Badan dengan  Minum Air Rebusan Daun Sirih
Selain dengan cara digunakan untuk mandi, daun sirih juga bisa diminum agar hasilnya lebih optimal. Cara pemakaianny Anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun sirih, kemudian rendam dengan 1 gelas air putih. Tunggu hingga air rendaman daun sirih tersebut dingin, lalu minumlah. Agar lebih enak, Anda juga bisa menambahkan gula putih.

3. Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk Nipis
Ambil 1 buah jeruk kemudian otong dan ambil airnya. Setelah itu campurkan air jeruk nipis tersebut dengan daun sirih dan kapur. Selanjutnya anda oleskan pada bagian tubuh yang dipercaya sebagai sumber bau badan seperti ketiak.

4. Menghilangkan Bau Badan dengan Cengih
Cengkih merupakan salah satu bagaiana dari rempah-rempah yang dapat kita gunakan untuk mengusir bau badan. Caranya , ambilah beberapa kuntum buah cengkih kemudian rendam dengan air hingga buah cengkih tersebut mengembang. Setelah itu airnya diminum. Jika mau, anda juga bisa menambahkan gula agar rasanya lebih enak. Atau anda juga bisa mengoleskan air rendaman cengkih pada ketiak anda.

5. Menghilangkan Badan dengan Ketimun
Sediakan 1 buah mentimun, kemudian kupas mentimun tersebut. Setelah itu gosok-gosokan buah mentimun tersebut pada bagian badan yang berbau setiap kali anda selesai mandi.

6. Menghilangkan Bau Badan dengan Kemangi
Daun kemangi sering kita temui dipasar atau dirumah makan. Biasanya kemangi suka dijadikan urab atau lalap sebagai teman nasi. Konsumsilah daun kemangi secara rutin dipagi dan sore hari maka anda akan terhindar dari yang namanya bau badan

7. Menghilangkan Bau Badan dengan Jahe
Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai rasa pedas dan hangat. Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat ataupun dijadikan sebagai pengganti minyak pijat. Namun kita juga dapat menggunakan jahe sebagai obat untuk mengatasi bau badan. Kita juga dapat meminum wedang jahe secara teratur agar terhindar dari bau badan. Selain itu kita juga bisa mengosok-gosokan parutan jahe pada bagian ketiak agar terhindar dari bau abdan.



8. Menghilangkan Bau Badan dengan Kecombrang
Kecombrang juga dikenal dengan sebutan "honje" atau "Kantan". Kecombrang biasanya diambil daun mudanya atau buahnya sebagai bahan untuk membuat rujak, terutama rujak 7 bulanan. Kecombrang ini rasanya asam. Kecombrang juga dapat kita gunakan untuk mengatasi bau badan, caranya dengan mengkonsumsi keceombrang. Atau bisa juga dengan menumbuk kecombrang kemudian digosokan di daerah yang menjadi sumber bau badan (ketiak)

9. Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Beluntas
Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Daun beluntas mengandung senyawa fitokimia yakni senyawa tanin, fenol, flavonoid, sterol, dan alkaloid yang berpotensi sebagai sumber antioksidan dan antibakteri. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, sehingga seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan.

Ternyata ternyata selain dapat digunakan sebagai tanaman pagar, beluntas juga bermanfaat dalam mengatasi bau badan caranya yaitu kita hanya perlu mengkonsumsinya sebagai lalapan, ataupun dimasak terlebih dahulu.

10. Menggunakan Madu
Selain manfaat madu yang sudah kita kenal, ternyata ada hal lain yang belum banyak diketahui orang, bahwa madu juga bermanfaat untuk mengusir bau badan

Demikian informasi tentang penyebab bau badan dan cara praktis untuk menghilangkan bau badan yang tak sedap. Semoga bermanfaat bagi Anda yang mempunyai permasalahan bau badan yang tak sedap.
loading...

Labels: Bau Badan, Kesehatan

Thanks for reading Cara Mudah Dan Alami Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Dan Alami Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap"