-->

Manfaat Yoga Dalam Membentuk Sistem Imun tubuh

Setiap orang selalu berusaha mendapatkan sistem kekebalan tubuh agar terbebas dari penyakit. Berlatih yoga bisa menjadi pilihan untuk membentuk sistem imun dalam tubuh. Apa alasannya?
Manfaat yoga dalam membentuk sistem imun tubuh.
Ilustrasi yoga (via ogdoo.gr)
Dilansir HuffPost, dalam penelitian yang ditulis dalam jurnal Plus One, disebutkan bahwa praktek yoga dapat memiliki dampak terhadap ekspresi gen, terutama dpada sel-sel kekebalan tubuh.

Para peneliti dari Universitas Oslo, Norwegia mengungkapkan bahwa yoga tak hanya berkaitan dengan menurunkan stres, tetapi juga menurunkan risiko penyakit jantung serta bermanfaat bagi kesehatan lainnya.

Dalam penelitian yang dilakukan para peneliti di Norwegia, menemukan bukti-bukti genetik dampak yoga pada sistem kekebalan tubuh.

Dalam penelitian ini 10 partisipan menjadi subyek, mereka menjalani yoga retret selama seminggu di mana mereka melakukan meditasi, yoga postur dan latihan pernapasan yoga.

Ilmuan mencoba meneliti arah partisipan sebelum dan sesudah sesi yoga empat jam menunjukkan bahwa latihan yoga mengubah ekspresi 111 gen dalam sel imun bersirkulasi. Sebaliknya, musik dan relaksasi berbasis berjalan mengubah ekspresi gen 38.

Disimpulkan, ada perubahan ekspresi gen yang cepat (dalam waktu dua jam dari awal praktek) dan signifikan selama program yoga yang komprehensif. Data penelitian ini menunjukkan bahwa efek dilaporkan sebelum praktek yoga memiliki komponen fisiologis terpisahkan pada tingkat molekuler yang dimulai segera selama latihan dan mungkin membentuk dasar untuk efek jangka panjang yang stabil.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa yoga mungkin efektif, atau bahkan lebih, dari latihan tradisional dalam mendorong manfaat kesehatan melalui perubahan pada tingkat genetik.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian sebelumnya di UCLA, yoga terbukti juga dapat mengurangi stres dengan cara mendorong relaksasi.

Berlatih jenis nyanyian meditasi yoga setiap hari selama delapan minggu ditemukan tingkat stres yang lebih rendah dengan mengurangi mekanisme biologis yang bertanggung jawab untuk meningkatkan peradangan respon sistem kekebalan tubuh dan stres yang dikenal dapat memacu peradangan. Jadi jangan ragu berlatih yoga yang ternyata mampu membentuk sistem imum pada tubuh.
loading...

Labels: Kesehatan, Yoga

Thanks for reading Manfaat Yoga Dalam Membentuk Sistem Imun tubuh. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Manfaat Yoga Dalam Membentuk Sistem Imun tubuh"