Substitusi Kunci Kontak Motor Yang Rusak

Tips bagi pemilik motor yang bermasalah dengan kunci kontak yang sudah aus atau bahkan rusak. mau tak mau harus mengganti dengan yang baru, karena biasanya tidak bisa diperbaiki. Jika dibiarkan ini berisiko dicuri orang. Untuk mengganti kunci kontak yang rusak, kamu punya pilihan antara mengganti kunci kontak saja atau sekalian dengan kunci sadelnya.

Jika hanya mengganti kunci kontak saja, maka kamu akan memiliki dua kunci yang berbeda, yaitu kunci kontak motor yang baru dan kunci sadel motor yang lama. Masalahnya adalah seringkali kamu akan keliru memasukkan antara dua kunci ini. Mau menghidupkan motor, yang dimasukkan malah kunci untuk membuka sadel, dan sebaliknya.

Masalah tersebut tidak akan terjadi jika kamu mengganti sekaligus satu set kunci kontak dan kunci sadelnya dengan yang baru, sehingga kamu cukup membawa satu macam kunci kontak yang sekaligus berfungsi sebagai kunci sadelnya.

Kunci kontak motor jaman sekarang banyak yang mengggunakan pengaman, yaitu ada penutup sebelum dapat memasukkan kunci motor. Salah satunya adalah SupraX125.
Substitusi kunci kontak Supra X 125.
Kunci kontak Supra X 125 (kiri) dan Vario (kanan)
Yang punya masalah dengan kunci kontak dengan penutup ini harganya relatif mahal, apalagi yang orisinil. Seperti kunci kontak SupraX125. Untuk mengakali harga yang mahal ini, gunakan saja substitusi kunci kontak motor lain yang beda-beda tipis, yaitu punya Vario.

Beda kunci kontak supraX 125 dan Vario hanya pada ujung kabelnya. Punya SupraX 125 kabelnya terurai, sedangkan Vario kabelnya ngumpul dalam satu soket. Dari segi harga, kunci kontak Vario juga lebih murah.

Selain faktor harga yang lebih mahal, kadang-kadang substitusi kunci kontak motor tertentu dilakukan pada motor yang tergolong langka atau kebetulan di toko kunci kontak motornya kosong. Misalnya untuk motor Kaze, mungkin agak sulit mencari kunci kontaknya. Ini bisa diakali dengan mengganti punya Yamaha FIZR, sama persis, hanya beda di panjang kabelnya. Punya FIZR kabelnya lebih pendek, tapi ini tidak masalah. Namun untuk kunci sadelnya beda antara Kaze dan FIZR. Jadi hanya berlaku untuk kunci kontaknya saja.

Semoga tips tentang substitusi kunci kontak motor ini bermanfaat buat kamu yang sedang mengalami masalah tersebut.
loading...

Labels: Kunci Kontak, Otomotif, Sepeda Motor

Thanks for reading Substitusi Kunci Kontak Motor Yang Rusak. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Substitusi Kunci Kontak Motor Yang Rusak"