Apa Itu Temporary Files

Sifat beberapa file sementara (Temporary file) seperti Temporary Internet Files, file Index.dat, Cookie dan File Prefetch. Pada kali ini kita akan membahas beberapa aspek dari Temporary Files, yang dibuat oleh komputer.

Apa itu Temporary File di Windows

Temporary File di Windows adalah file-file yang penggunaannya hanya sementara dan menjadi berlebihan sekali setelah program selesai. File sementara tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, diproses atau digunakan.

Untuk Apa Temporary File dibuat?

File-file sementara (Temporary File) yang dibuat oleh Sistem Operasi Windows selama ketika berjalan normal mungkin tidak ada cukup memori dialokasikan untuk tugasnya.

Software yang menggunakan sejumlah besar data seperti Grafik, Video atau Media mengedit perangkat lunak juga membuat file sementara. Seperti file sementara yang dibuat lebih sering daripada tidak, tertinggal bahkan ketika tugas selesai, yang menyebabkan pemborosan ruang disk pada harddisk.

File Sementara juga dibuat untuk tujuan cadangan oleh program. Sebagai contoh, Microsoft Office menyimpan file sementara dari dokumen yang terbuka setiap beberapa menit. Jika Anda menyimpan dokumen dan keluar, File Temporary akan dihapus. Jika program crash tak terduga, Temporary File tidak akan dihapus. Dengan demikian dapat digunakan untuk membantu memulihkan data yang hilang jika program atau sistemnya tiba2 crash.

Idealnya, Temporary File harus segera dihapus setelah keluar dari program. Tapi ini tidak selalu terjadi, menyebabkan ruang disk yang akan terus bertambah dan lama2 bisa memenuhi harddisk dan tentunya memperlambat kinerja windows itu sendiri.

Lokasi Temporary File

Temporary File di Windows biasanya ditemukan terletak di dua lokasi:

%systemdrive%\Windows\Temp
%userprofile%\AppData\Local\Temp

Jika mengklik pada folder C:\Windows\Temp, maka kita akan mendapati peringatan “You don’t currently have permission to access this folder” kemudian dengan mengklik tombol Continue, maka kita akan mendapati isi folder ini sebagian besar filenya adalah file .tmp, .temp, dan .txt.

Folder lain biasanya terletak di C:\Users\username\AppData\Local\Temp, dibuat untuk setiap pengguna windows. folder ini tersebunyi (hidden), jika ingin melihat isinya kita harus meng-“un-hide” terlebih dahulu di folder options.

File-file sementara yang dibuat oleh sistem operasi Windows biasanya disimpan dalam folder %system%\Windows\Temp, sedangkan salah satu yang dibuat oleh Pengguna ketika menjalankan perangkat lunak apapun yang disimpan dalam profil pengguna di %userprofiles%\AppData\Local\.

File Sementara dari software tertentu juga mungkin berlokasi di sub folder-, di dalam folder induk dari perangkat lunaknya.

Pada kondisi yang tidak biasa, folder file sementara atau file-file sementara mungkin bisa dibuat ke dalam direktori root dari drive (Sistem) C. Anda mungkin ingin memeriksa folder untuk detilnya, dan kemudian menghapusnya jika Anda yakin, jika itu memang berisi file sementara.

Cara Menghapus Temporary Files

Baiklah selanjutnya silahkan untuk menghapus Temporary File yang ada pada laptop anda sekarang juga. Caranya sebagai berikut :

--> Buka RUN (Windows+R) Ketikkan Perintah "%TMP% (Persen TMP Persen) lalu tekan enter, dan hapus secara permanent dengan menekan tombol Shift+Del dan klik yes untuk menghapus. Selesai.
Temporary Files atau file sementara.
Temporary FIle | Perlu DI Hapus permanent

Cara Memindah Lokasi Folder Temp dari Drive C Ke Partisi Lain

Setelah mengenal tentang Temporary file, selanjutnya akan ditunjukkan cara untuk memberitahu Windows untuk menggunakan “Temp” folder tunggal file sementara (Temporary file) untuk kedua sistem dan pengguna sehingga kita tidak perlu membuka 2 folder berbeda untuk membebaskan ruang Harddisk.

Kita juga akan mengubah lokasi folder “Temp” dari drive C:\ ke partisi lain. Alasan di balik perubahan lokasi ini sangat sederhana! Pertama, ia tidak akan makan ruang disk yang berharga dari drive sistem. Kedua, kita tidak akan perlu khawatir tentang membersihkan isi folder Temp secara teratur untuk ruang bebas disk pada drive C:. Dan nanti hasilnya juga bisa sedikit mempercepat kinerja windows.
Temporary Files
Jadi tanpa membuang waktu, mari kita mulai tutorialnya:

Klik kanan ikon Computer di desktop >> Pilih Properties (atau tekan tombol WIN + Pause/Break), Klik Advanced kemudian klik tombol Environment Variables.

Disini terdapat 2 bagian yang berbeda: User variables dan System variables
Anda akan melihat variabel TEMP dan TMP tercantum di bagian User variables. Bagian Sistem variabel akan berisi daftar panjang berbagai lingkungan variabel bersama dengan variabel TEMP dan TMP seperti terlihat pada screenshot berikut:


Sampai disini Anda telah selesai membaca penjelasan Apa itu Temporary File yang ada pada komputer kita. Semoga bermanfaat. (WS)

Posting Komentar untuk " Apa Itu Temporary Files"