-->

Ini Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan - Tanaman kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae yang cukup dikenal luas. Tanaman kelor bisa tumbuh subur di beberapa wilayah Indonesia yang memiliki ketinggian antara 300-500 meter diatas permukaan laut. Pohon ini bisa mencapai ketinggian 7-11 meter. 
Manfaat daun kelor untuk kesehatan.
Daun Kelor
Pohon kelor memiliki batang mudah patah dan cabang yang jarang. Daunnya yang berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, termasuk salah satu jenis sayuran yang cukup populer di kalangan ibu rumahtangga. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat dibuat sayur yang digemari.

Popularitas daun kelor makin melonjak dengan semakin diketahuinya manfaat kesehatan dari daun kelor. Bahkan sayur asli Indonesia ini ternyata sudah terkenal manfaatnya sampai ke mancanegara.

Daun kelor sudah dianggap sebagai tanaman ajaib yang dapat digunakan sebagai obat herbal segala penyakit. Banyak penelitian yang menemukan manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

Tercatat, ada lebih dari 300 penyakit yang dapat disembuhkan dari kelor, baik dari daun ataupun buahnya. Maka tidak mengherankan, dalam kehidupan sehari-hari kelir sering digunakan sebagai sayuran dan bahan baku obat-obatan. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan bayi dan balita mengonsumsi daun kelor untuk masa pertumbuhan mereka. Bahkan setelah melakukan studi dan menemukan bahwa kelor berjasa sebagai penambah kesehatan murah selama 40 tahun di negara-negara termiskin di dunia, akhirnya WHO menobatkan kelor sebagai pohon ajaib.

National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 pun mengatakan, bahwa pohon kelor telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun kelor.

Daun kelor merupakan salah satu tanaman obat yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung di dalam daun kelor seperti antioksidan, asam amino, magnesium dan nutrisi.

Kandungan vitamin C daun kelor lebih banyak dari sayur maupun buah lainnya. Daun kelor juga mengandung vitamin A dan potasium yang sangat tinggi. Tidak heran jika daun kelor dianggap sebagai tanaman ajaib yang sangat bagus untuk tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor


Kandungan-kandungan dalam daun kelor ini membuat daun kelor mempunyai banyak sekali manfaat.

Berikut kandungan nutrisi pada daun kelor yang perlu diketahui :


1. Vitamin A dan C

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A dan C. Seperti diketahui, vitamin A dan C baik untuk imunitas, selain itu vitamin C juga bagus untuk untuk kulit.

Menurut sebuah penelitian, vitamin A di daun kelor empat kali lebih tinggi daripada wortel dan vitamin C tujuh kali lebih tinggi dari jeruk.

Selain vitamin, daun kelor sebagai sayuran juga mengandung mineral. Mineralnya itu kalsium, potassium. Ada juga proteinnya meskipun tidak sebanyak yang ada di telur.

Daun hijau ini memiliki klorofil yang terkandung antioksidan di dalamnya, yang merupakan senyawa yang dapat menangkal radikal bebas.

2. Flavonoid dan fitosterol

Daun kelor juga mengandung flavonoid dan fitosterol, yaitu senyawa yang sering terdapat dalam tumbuhan yang dibuat sebagai obat. Kandungan flavonoid bermanfaat untuk menangkal diabetes, sedangkan fitosterol bermanfaat untuk antikolesterol.

3. Kalsium

Ternyata di daun kelor pun ada kandungan kalsium. Kalsium sangat bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi, serta membantu mencegah osteoporosis. Selain itu, kalsium bermanfaat untuk mengaktifkan beberapa enzim dan hormon yang mengatur pencernaan dan metabolisme lemak.

4. Potasium dan kalium

Daun kelor juga mengandung potasium dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan tekanan darah seseorang. Jika kalium dibutuhkan untuk memelihara tekanan darah dalam kondisi normal, maka potasium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

5. Efek laktagogum

Daun kelor juga mengandung efek laktagogum. Yaitu zat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI sama seperti halnya daun katuk. Karena itu ibu menyusui sangat dianjurkan mengonsumsi daun kelor.

6. Zat besi

Daun kelor ternyata juga kaya akan zat besi. Zat besi adalah gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan darah dan daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai pengganti asupan zat besi.

Maka dari itu daun kelor sangat bermanfaat untuk mencegah anemia, yaitu berkurangnya kandungan hemoglobin dalam darah.

Menurut penelitian Dr. Nadimin, SKM, MKes, dari Jurusan Gizi Poltekkes Makassar, ekstrak daun kelor yang diberikan pada ibu hamil, akan meningkatkan hemoglobinnya yang tak kalah dengan ibu yang mendapat suplemen besi folat. Artinya ekstrak daun kelor bisa mencegah anemia pada ibu hamil.


Manfaat Daun Kelor 


Berdasarkan banyaknya kandungan nutrisi yang dimilikinya, daun kelor mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mengobati penyakit dalam sampai penyakit luar. Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari daun kelor bagi kesehatan :

1. Menyehatkan kulit
Daun kelor mengandung vitamin c dan juga antioksidan yang sangat tinggi, kedua zat ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Tumbukan daun bisa dijadikan sebagai masker wajah yang membuat wajah semakin halus.

2. Mengatasi diabetes
Salah satu manfaat daun kelor yaitu dapat mengatasi diabetes.
Manfaat daun kelor untuk diabetes dapat mengurangi kadar gula dalam darah.
Daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Makan sayur daun kelor juga dapat mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

3. Menyehatkan mata
Daun kelor punya kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata.
Menurut herbalis dari Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari, Tati Winarto, kandungan Vitamin A dalam daun kelor berfungsi untuk menjaga kesehatan mata mulai dari mengurangi risiko mata minus, plus, silinder dan katarak. Daun kelor pun baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk menjernihkan pandangan matanya.

Cara mengkonsumsinya daun kelor untuk kesehatan mata bisa dimakan langsung ataupun air rebusan daun kelor di basuhkan pada mata yang sakit setiap hari sampai sembuh.

4. Mencegah kanker
Kandungan Antioksidan daun kelor sangat tinggi, selain itu daun kelor mengandung potasium yang banyak, hal ini bermanfaat untuk mencegah, memperlambat bahkan menghentikan dan menghilangkan kanker dalam tubuh.

5. Mengobati rematik
Daun kelor juga sangat baik untuk mengobati rematik, yaitu dapat mengurangi rasa sakit pada sendi dan dapat mengurangi penumpukan asam urat pada sendi sehingga dapat menyembuhkan rematik atau asam urat.
Caranya, ambil 2-3 gagang daun kelon dan 1/2 sdm kapur sirih. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus, lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

6. Kekebalan tubuh
Dengan mengkonsumsi daun kelor setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai virus sehingga tubuh tidak mudah sakit.


Ektrak daun kelor mengandung senyawa yang menunjukkan sifat antibakteri. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Bayero Journal of Pure and Applied Sciences, ekstrak daun kelor menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang tidak baik untuk tubuh seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

7. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Salah satu manfaat tak terduga daun kelor adalah menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan phytoconstituent bioaktif dalam daun kelor membantu menjaga kadar kolesterol tubuh tetap sehat.

8. Melindungi ginjal
Menurut studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Experimental Biology edisi Juni 2012, mengkonsumsi daun kelor ternyata dapat membantu mengembalikkan kesehatan ginjal yang sudah tidak baik.

9. Meningkatkan ASI
Ibu menyusui pun disarankan untuk mengonsumsi daun kelor. Seperti halnya daun katuk, tingginya kandungan gizi pada daun kelor bisa menambah produksi dan melancarkan air susu ibu yang baik untuk tumbuh dan kembang bayi.

Daun kelor sebaiknya juga diberikan kepada anak-anak yang kekurangan gizi untuk membantu perbaikan gizi. Misalnya diolah sebagai sayur bening yang tak kalah enaknya dengan sayuran lain seperti bayam maupun katuk.

Demikian informasi tentang berbagai manfaat daun kelor bagikesehatan tubuh kita. Yang jelas, selain dapat mengobati berbagai penyakit, daun kelor juga sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

loading...

Labels: Daun Kelor, Kesehatan

Thanks for reading Ini Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ini Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui"