Kenali Aneka Substitusi Kampas Rem Motor Anda

Substitusi Kampas Rem Motor - Sepeda motor merupakan alat transportasi pribadi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Agar bisa berjalan normal tanpa hambatan, maka kondisi komponen atau sparepart motor harus masih layak pakai. Ada komponen motor yang relatif awet dan tidak mudah rusak oleh pemakaian, sering disebut komponen slow moving. Contohnya setir motor atau velg. Namun ada juga part motor yang secara berkala harus diganti karena umur pakainya habis dalam jangka waktu tertentu, ini sering disebut sebagai part fast moving alias komponen yang sering diganti.

Salah satu komponen motor yang tergolong fast moving adalah kampas rem atau dikenal juga sebagai sepatu rem (brake shoes). Secara berkala oleh pemakaian normal sekalipun, kampas rem pasti habis dan harus diganti karena aus oleh pemakaian. Tak terhitung dalam sekali perjalanan menuju suatu tempat berapa kali kamu harus melakukan pengereman oleh karena situasi mengharuskan mengurangi kecepatan motor bahkan seringkali motor harus direm sampai berhenti.

Proses pengereman inilah yang membuat lapisan luar kampas rem yang langsung bersentuhan dengan tromol belakang atau piringan cakram untuk roda depan mengalami proses keausan akibat panas yang ditimbulkannya. Jika lapisan kampas rem ini sudah menipis dan dibiarkan tanpa diganti, lama-lama akan mengikis bagian dalam tromol atau piringan cakram (disc brake). Akibatnya, selain pengereman menjadi tidak maksimal, juga merusak komponen lain. Karena itu kampas rem motor harus mendapat perhatian dan bilamana ketebalan kampasnya sudah tipis, wajib diganti demi keselamatan si pengendara.

Daya tahan kampas rem tentu saja dipengaruhi oleh faktor kualitas bahan dan kebiasaan kita berkendara. Jika motor sering digeber dengan kecepatan tinggi, otomatis kampas remnya juga cepat habis, karena ketika melakukan pengereman kampasnya tergerus banyak untuk menghentikan laju motor. Selain itu, kualitas bahan yang digunakan juga menentukan daya tahan kampas rem. Umumnya kampas rem yang terbuat dari asbes lebih mudah aus, dan harganya juga lebih murah dibandingkan kampas rem yang terbuat dari bahan non-asbes.

Kampas rem motor dibedakan antara kampas rem tromol dan kampas rem cakram. Umumnya saat ini kampas rem tromol digunakan untuk roda belakang, sedangkan roda depan motor menggunakan kampas rem cakram. Meskipun ada juga motor yang kedua rodanya masih menggunakan rem tromol atau rem cakram.

Bentuk kampas rem tromol berbeda dengan kampas rem cakram. Kampas rem tromol bentuknya menyerupakai huruf U yang berhadapan, sedangkan kampas rem cakram ukurannya lebih kecil dan tipis.



Cara kerja keduanya juga berbeda. Kalau kampas rem tromol ketika tuas rem ditekan untuk melakukan pengereman, kedua bilah kampasnya melebar atau mengembang dan menggesek bagian dalam tromol, sehingga roda berhenti atau berkurang kecepatannya. Sedangkan kampas rem cakram posisinya mengapit piringan cakram, dan ketika tuas rem ditekan, maka ia akan mencengkram piringan tersebut, sehingga motor pun berhenti.

Meskipun lebih kecil dan tipis, hasil pengereman kampas rem cakram lebih kuat daripada kampas rem tromol. Nah kali ini Arsip Info akan menyajikan informasi tentang substitusi kampas rem tromol. Pada motor sekarang, kampas rem umumnya hanya diterapkan pada roda belakang.

Setiap motor memiliki bentuk dan ukuran kampas rem yang sekilas hampir sama atau mirip, tapi jika diteliti sebetulnya memiliki perbedaan sesuai dengan dimensi komponen motor. Ada kampas rem yang sama sekali berbeda baik ukuran maupun bentuk, tapi juga ada motor yang berbeda jenis dan merk tapi menggunakan kampas rem yang sama.

Sebaliknya ada juga motor yang kampas remnya memiliki spek yang mirip atau mendekati sama satu dengan lain. Nah, ukuran dan bentuk kampas rem yang sama inilah yang dalam istilah toko spare part disebut sebagai part substitusi atau suku cadang pengganti.



Fungsi part substitusi ini adalah bilamana suku cadang yang semestinya untuk motor tertentu tidak ada, mungkin stok tokonya habis atau memang part tersebut langka, bisa menggunakan part motor lain yang mirip atau hampis sama speknya tadi.

Selain fungsi pengganti, part substitusi juga bisa menjadi alternatif bagi pemilik motor untuk memilih part yang memiliki fungsi dan kualitas yang sama, tapi harganya lebih ekonomis. Sederhananya, kalau ada barang yang lebih murah dan kemampuannya hampir sama, kenapa harus memilih yang lebih mahal, apalagi jauh lebih mahal.

Salah satu komponen atau part sepeda motor yang paling banyak kesamaannya adalah kampas rem. Banyak kampas rem sepeda motor yang sama atau mirip antara tipe dan merk motor satu dan lainnya. Dengan mengetahui part substitusi kampas rem kita bisa menghemat pengeluaran untuk belanja sparepart.

Berikut ini jenis-jenis kampas rem sepeda motor yang bisa saling dipertukarkan atau part substitusi.

Kampas Rem Vario

Buat bro yang punya motor matic Vario, salah satu komponen fast moving yang punya umur pake relatif pendek adalah Kampas Rem. Ini juga berlaku buat semua motor. Karena itu untuk komponen yang satu ini, kebanyakan biker lebih suka menggunakan produk yang orisinil alih-alih yang imitasi. Pertimbangan utamanya tentu saja faktor keamanan. Komponen orisinil tentu saja kualitasnya lebih mumpuni, speknya lebih presisi, dan daya tahan alias umur pakainya lebih lama.



Dewasa ini kampas rem orisinil tidak menggunakan bahan dasar asbes seperti dulu. Asbes sudah ditinggalkan karena membawa dampak kesehatan yang tidak baik. Dengan bahan dasar kampas rem yang lebih ramah lingkungan, tidak aneh harganya menjadi lebih mahal. Harga kampas rem orisinil berbahan asbes umumnya dibawah 20ribu untuk motor bebek, sedangkan yang berbahan non asbes mencapai 25ribuan. Dengan adanya selisih harga yang cukup besar ini, maka pabrikan masih memproduksi kampas rem berbahan asbes, dan karena kemasan atau paking produk orisinil adalah sama, untuk membedakannya ada tulisan BEBAS ASBES atau NON ASBES pada kemasan kampas rem orisinil.

Khusus buat Vario, stok kampas rem orisinilnya mungkin tidak sebanyak dibandingkan motor bebek pada umumnya, atau matic lain seperti Mio. Lebih-lebih di daerah, kampas rem Vario orisinil bisa jadi cukup sulit diperoleh. Kalaupun ada, harganya terbilang mahal untuk ukuran biker kebanyakan. Harga resmi kampas rem non asbes Vario adalah 57.500, barangkali banyak biker yang harus berpikir ulang untuk menebusnya. Alternatifnya adalah kampas rem imitasi yang harganya berkisar 20ribuan.


Tapi bagi yang ingin mempertahankan kualitas dengan harga lebih bersahabat, dapat memanfaatkan kampas rem Mega Pro New. Bandrol resminya Cuma 36.000. Selisih 20ribuan lumayan bisa buat traktir pacar makan bakso berdua.

Perhatikan saja spek kedua kampas rem tersebut. Sama nggak? Beda! Ya, beda kode partnya memang.

Kampas rem Vario registrasi partnya 43130-KUB-901, sedangkan punya MegaPro New 43125-KGA-902.

Kalau sama mengapa harganya bisa terpaut cukup jauh? Tentunya ini pihak ATPM Honda yang bisa menjawabnya.

Bagaimana soal kualitas? Kita main logika saja. Kira-kira beban pengereman antara Vario dan MegaPro berat mana? Sama-sama orisinil, tentu saja lebih bijak jika pilih yang harganya lebih murah.

Kampas Rem RX King


Kampas Rem Yamana RX King ternyata sangat fungsinya karena cocok diterapkan untuk berbagai sepeda motor lo.

Selain cocok diterapkan pada motor sesama merek, seperti Scorpio dan Vixion, kampas rem belakang RX King juga bisa menjadi part substitusi bagi merek lain, seperti RGR dan Thunder125.

Tidak sampai di sini. Kampas rem RX King juga cocok dipasang pada tromol motor matic Suzuki Spin maupun Sky Wave. Dalam kasus Spin dan Sky Wave ini, peranan kampas rem RX King menjadi penting, karena jumlah matic Suzuki relatif sedikit sehingga mungkin tidak banyak toko onderdil yang menyediakannya, terlebih lagi harganya lumayan mahal. 

Untuk menerapkan kampas rem RX King ke Spin atau Sky Wave memang butuh sedikit penyesuaian, yaitu jangan lupa mengganti Pir kampas rem nya dengan punya RX King juga.

Bagi pemilik motor lawas Kawasaki AR maupun Binter Merzy, pasti kesulitan mendapatkan kampas remnya. Untung ada kampas rem RX King, karena cocok diterapkan di keduanya. Mantap kan?

Tidak berhenti sama disini. Kampas rem motor yang sering dijuluki "raja jambret" ini juga cocok dipasangkan pada motor Mio, Nouvo maupun Vixion bahkan.
Substitusi kampas rem RX King untuk Mio.
Permukaan kampas rem RX King (kanan) lebih panjang dari bawaan Mio (kiri).
Menggunakan kampas rem punya RXKing untuk Mio ternyata menguntungkan, yaitu lebih pakem. Hal ini karena permukaan kampas rem King lebih panjang dari bawaan Mio. Hasilnya, daya cengkeram lebih bagus.


Kampas Rem Shogun

Kampas rem motor bebek Suzuki, khususnya Shogun 110, juga multi fungsi. Selain bisa dipakai untuk sesama tipe motor bebek Suzuki lain, seperti RC, Bravo, Tornado dan Smash, juga cocok dipakai motor merek lain.

Motor bebek Kawasaki seperti Joy dan Kaze, termasuk juga motor sport lawas seperti GTO dan KH, bisa memakai kampas rem punya Shogun. Kalau Blitz tidak bisa ya, karena ukurannya tidak sama.

Nah, begitulah beberapa substitusi kampas rem tromol yang bisa saling digunakan antar motor beda tipe maupun merk yang bisa kamu terapkan. Bahkan tak jarang kampas rem substitusi tersebut juga harganya lebih miring. Ibaratnya, kalau bisa hemat dengan kualitas yang sama baik, mengapa tidak?
loading...

Labels: Kampas Rem, Otomotif, Sepeda Motor

Thanks for reading Kenali Aneka Substitusi Kampas Rem Motor Anda. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Kenali Aneka Substitusi Kampas Rem Motor Anda"