-->

Mana yang lebih baik, Makan Sayur Atau Buah?

Baik sayur maupun buah keduanya memiliki kandungan yang menyehatkan. Maka tak heran kita sering mendengar nasehat banyaklah makan sayur dan buah setiap hari. Pertanyaannya, sama-sama penting, manakah yang manfaatnya lebih baik untuk tubuh kita antara makan sayur dan makan buah?

Lebih baik mana, sayur atau buah?
Sayur dan buah, mana yang lebih penting (via pixempire.com)

Pada sayur dan buah sama-sama memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Namun, serat pada sayur dan buah rupanya memiliki perbedaan dalam soal fungsi. Yaitu sayur lebih banyak mengandung serat tidak larut sedangkan buah memiliki serat larut.

Begitu juga buah maupun sayur juga memiliki fungsi berbeda. Serat larut berfungsi mengikat lemak dan glukosa. Sementara, serat tidak larut berfungsi membentuk masa veses.

Sehingga, untuk saluran cerna yang sehat, kita butuh sayur. Tapi kalau buang air besar lancar, kita butuh serat yang tidak larut.

Meski fungsinya beda, manfaat buah dan sayur tetap menyehatkan bagi tubuh. Karena itu, konsumsi sayur dan buah sangat dianjurkan, setidaknya lima porsi setiap hari.

Maka sangat disayangkan jika konsumsi sayur belum menjadi kebiasaan masyarakat. Karena itu, salah satu tip yang paling mudah adalah memvariasikannya.

Dengan mengomsumsi sayur dan buah bervariasi, tidak hanya satu macam, maka zat kimia yang ada di buah dan sayur berbeda-beda, itu semakin baik untuk kesehatan.

Selain menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh, ternyata rutin mengonsumsi buah dan sayur juga bisa membuat kita lebih panjang umur.

Dikutip dari Tempo.co, sebuah penelitian selama 13 tahun terhadap 71 ribu orang swedia berusia 45-83 tahun menyimpulkan hal tersebut.

Penelitian itu mengukur tentang konsumsi buah dan sayur serta usia harapan hidup para responden. Terbukti, mereka yang makan sedikitnya satu sajian buah setiap hari berusia 19 bulan lebih panjang dibanding orang yang tidak pernah makan buah. Hal yang sama didapat dari orang yang makan sayur. Rutin makan sayur setiap hari memperpanjang umur sampai 32 bulan.

Menurut Alicja Wolk, PhD, salah satu peneliti dari Karolinska institute Swedia, sebaiknya kita mengonsumsi lebih banyak sayuran ketimbang buah. Tetapi, baik buah maupun sayur, keduanya harus ada dalam menu harian.

"Buah dan sayur mengandung tipe vitamin dan mineral yang berbeda, yang tidak bisa kita temukan dalam makanan lain. Buah pada dasarnya lebih tinggi kalori. Meski begitu, buah dan sayur harus sama-sama dikonsumsi," katanya.

Para peneliti mencatat bahwa makan lima kali sayur dan buah setiap hari adalah yang terbaik. Makan dengan porsi kurang dari itu efeknya terhadap usia harapan hidup menjadi tidak optimal.

Menurut Alicja Wolk, mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin juga mampu menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Selain itu, juga membuat sistem kekebalan tubuh dan tekanan darah menjadi lebih baik.

Jadi, tidak ada alasan untuk meniadakan buah maupun sayur dalam menu harian kita semua. Baik buah dan sayur, tubuh kita membutuhkan keduanya.
loading...

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Mana yang lebih baik, Makan Sayur Atau Buah?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mana yang lebih baik, Makan Sayur Atau Buah?"