-->

Cara Membuat Bakso Enak, Kenyal Dan Bulat


Siapa tidak suka bakso? Semua kalangan dari anak kecil sampai orang tua, baik laki maupun perempuan, sepertinya doyan dengan makanan berbentuk bulat dari daging sapi ini. Bakso bisa dibuat dari aneka daging seperti sapi, ayam, hingga seafood. Namun yang paling banyak dijumpai dan banyak peminatnya tentunya adalah bakso yang terbuat dari daging sapi.
Resep cara membuat bakso enak dan kenyal
Membuat bakso yang halus, kenyal dna bulat harus tahu resep dan cara membuatnya.
Bakso mudah didapat di sekitar tempat tinggal maupun di pusat perbelanjaan karena memang sudah merakyat. Namun tidak semua penjual bakso mampu membuat bakso yang kenyal dan enak. Ini tak lepas dari kualitas daging yang dipakai dan cara membuatnya. Resep bakso yang enak, kenyal dan bentuknya bulat sempurna dari Kedaiberita.info berikut ini layak dicoba.

Faktor utama yang bikin bakso terasa lezat adalah rasa kenyal yang pas. Terlebih kalau baksonya bertekstur halus, bulat sempurna, dan daging dalamnya matang hingga ke tengah.

Selain itu faktor pemilihan daging yang tepat juga penting. Pilih daging sapi yang bebas lemak. Sebaiknya tidak pakai daging sapi giling, karena biasanya daging merah dan lemaknya sudah tercampur.

Namun kalau yang ingin dibuat bakso urat sapi, maka pilihlah daging sengkel atau bagian lain yang berurat. Untuk bakso ayam, pakai yang bebas kulit seperti dada, fillet, atau daging giling. Sedangkan untuk bakso seafood, anda bisa pakai ikan berdaging putih, udang kupas, atau cumi besar.

Selain daging, adonan bakso dilengkapi aneka bumbu seperti bawang putih, tepung sagu/tapioka, garam, gula, telur, bahan pengembang, dan sebagainya. Karena semua bahan tersebut akan dihaluskan, sebaiknya potong atau cacah bahan-bahan besar agar lebih mudah halus.

Kunci dari permukaan bakso yang halus adalah adonan bakso yang benar-benar mulus. Adonan bakso bisa diproses dengan blender atau food processor, tapi jangan lupa tambahkan es batu. Kenapa perlu es batu? Agar protein dagingnya tidak pecah saat digiling, selain itu es batu bisa membuat tekstur bakso lebih kenyal.

Masukkan semua bahan-bahan pembuatan adonan bakso dan blender hingga halus seperti bubur dan tak terlihat serat dagingnya.

Setelah adonan benar-benar halus, selanjutnya adonan siap dicetak dengan membentuk bulatan bakso.
Panaskan dulu air dalam panci hingga mendidih, lalu matikan apinya. Perlu diperhatikan ketika merebus bakso, suhu air rebusan jangan terlalu mendidih sampai meletup-letup. Air rebusan yang terlalu mendidih bisa membuat bakso tak matang sempurna hingga ke tengahnya.

Cara mengetahui bakso sudah matang sempurna, ambil sebuah bakso yang sudah mengambang di permukaan air rebusan, lalu belah dan perhatikan bagian dalamnya. Jika di bagian tengah bakso berwarna merah muda sedangkan sekelilingnya keabuan, berarti bakso belum matang sempurna.

Setelah tahu tips membuat bakso yang enak dan kenyal, sekarang tentang  bahan yang harus disiapkan dan cara membuatnya.

Bahan Bahan

  • 1 kg daging giling segar
  • 5 butir putih telur
  • 8-10 siung bawang putih, goreng, haluskan (kalo lagi malas biasanya saya pakai garlic powder/bawang putih
  • bubuk).
  • 5 sendok makan bawang merah goreng
  • 2 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking powder (boleh di skip) ga pake biasanya juga udah kenyal dari pemakaian putih
  • telurnya.
  • 1 sendok teh merica
  • 100 gram tepung tapioka (gluten free), kalo pake tapioka biasa takarannya 200 gram, (saya pake 100 gram
  • tepung maizena + 50 gram tepung tapioka)
Cara Membuat Bakso Daging 

  1. Campurkan daging dengan putih telur, uleni pakai tangan / menggunakan blender daging sampai tercampur rata
  2. Masukkan garam, merica, bawang putih, bawang merah goreng, gula pasir. Giling kembali dengan blender daging atau uleni dengan tangan sekitar 15 menit.
  3. Masukkan tapioca & baking powder. Uleni / giling kembali hingga benar-benar halus & lembut .
  4. Setelah itu diamkan adonan di dalam kulkas bawah selama 15 menit.
  5. Sambil menuggu adonan di diamkan, siapkan panci berisi air, lalu didihkan air.
  6. Setelah air mendidih, matikan api
  7. Bisa juga pakai api yang kecil agar air jangan sampai mendidih atau bergolak, cukup hanya panas saja
  8. Ambil segenggam adonan bakso, lalu isi bakso sesuai selera, kemudian kepalkan di tangan dan tekan jemari hingga adonan keluar dari sela ibu jari dan telunjuk, kemudian ambil bulatan adonan dengan sendok dan masukkan ke dalam air panas dalam panci.
  9. Setelah semua adonan bakso masuk dalam air panas, diamkan selama 5 menit. Setelah itu, panaskan dengan api kecil hingga bakso terlihat mengapung di permukaan air.
Dengan mengikuti tips dan resep tersebut, hasilnya adalah bakso bulat halus, kenyal dan matang sampai ke tengah, pokoke maknyus kata Pak Bondan.
loading...

Labels: Kuliner

Thanks for reading Cara Membuat Bakso Enak, Kenyal Dan Bulat. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Membuat Bakso Enak, Kenyal Dan Bulat"