-->

Cara Ampuh Menahan Haus Saat Puasa

Cara Ampuh Menahan Haus Saat Puasa – Puasa merupakan sebuah amalan yang baik dan menuai banyak pahala bagi kaum muslimin. Baik puasa sunnah ataupun puasa wajib seperti Puasa Ramadhan.
cara ampuh menahan haus saat puasa.
Ilustrasi 
Puasa sendiri memiliki makna untuk menahan rasa haus serta lapar dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Dan berbuka diwaktu adzan magrib tiba. Dalam kurun waktu tersebut kita tidak diperbolehkan untuk makan ataupun minum. Sehingga, sangat memungkinkan untuk mengalami dehidrasi, ditambah lagi dengan cuaca panas terik rasa haus akan sangat terasa.

Mungkin untuk rasa lapar kita masih bisa menahannya, tetapi jika rasa haus saya tidak yakin semua orang bisa menahannya. Maka dari itu, disini saya akan menyampaikan bagaimana Tips Agar Tidak Terasa Haus Saat Sedang Berpuasa. Berikut adalah tipsnya :

1. Mengkonsumsi Buah – Buahan Saat Berbuka dan Sahur
Mengkonsumsi buah  - buahan selain baik untuk kesehatan juga ternyata baik untuk mengurangi rasa haus saat berpuasa. Hal tersebut dikarenakan kandungan air yang terdapat dalam dapat menjadi cadangan cairan dalam tubuh. Sehingga, saat siang tiba kita tidak akan merasa haus yang begitu sangat.

Beberapa buah yang mengandung banyak air diantaranya melon, semangka, jeruk, nanas, blimbing dan strowberry. Buah – buahan tersebut memiliki kandungan air diatas 85% yang artinya volume air dalam buah lebih dominan.

2. Mengkonsumsi Air Putih Yang Cukup
Ini merupakan cara classik dan sekaligus cara yang paling mudah untuk mengatasi rasa haus di siang hari saat berpuasa. Konsumsi air yang dianjurkan yakni 8 gelas perhari sehingga anda dapat membaginya saat berbuka dan sahur.
Selain itu, dengan mengkonsumsi air putih sesuai yang dianjurkan atau lebih dapat menghindari dehidrasi selama anda berpuasa.

Namun, yang jadi masalah yakni tidak sedikit orang akan merasa ingin buang air kecil jika terlalu banyak minum air putih. Nah, ini bisa disiasati dengan mengatur jarak minum anda. Bisa dibuat agak lama tetapi kebutuhan tetap terpenuhi.

3. Hindari Makanan Panas dan Pedas Saat Sahur
Jika melaksanakan ibadah puasa, sebaiknya untuk menghindari dua jenis makanan ini panas dan pedas. Ya, walaupun anda penggemar makanan pedas, alangkahbaiknya untuk “libur” terlebih dahulu disaat anda berpuasa.

Mengapa ? jika anda mengkonsumsi makanan pedas disaluran pencernaan akan menimbulkan hawa panas yang kemudian merambat ke tubuh. Sehingga tubuh untuk mendinginkannya atau menetralkannya diperlukan cairan. Sehingga cairan yang anda minum waktu sahur akan dipakai dan bisa jadi tidak cukup untuk sampai waktu berbuka.

4. Mengkonsumsi Makanan Berserat
Makanan berserat selain mampu untuk menahan haus juga membuat kita kenyang lebih lama. Pasalnya, makanan kaya serat akan dicerna diperut lebih lama ketimbang makanan yang rendah serat.

Selain itu, juga baik untuk pencernaan terutama untuk membersihkan usus. Makanan kaya serat diataranya brokoli, jagung, pepaya, apel, kacang – kacangan dan masih banyak lainnya.

5. Sahur Tepat Pada Waktunya
Tips yang terahir untuk menahan haus yakni sahur tepat pada waktunya. Yang dimaksud disini adalah jika imasak pukul 04.00 WIB pastikan pada puku 03.50 WIB anda sudah selelsai sahur dan ditutup dengan segelas atau dua gelas minum air putih. Cara ini sangat ampuh agar puasa kita tidak kehausan.

Minum Air Hidrogen Saat Berpuasa


Salah satu cara memelihara kesehatan tubuh agar ibadah puasa dapat berjalan dengan lancar selama sebulan penuh tanpa halangan karena sakit atau takut kuat menahan dahaga adalah mengonsumsi air hidrogen.

Saat berpuasa, menjaga cairan dalam tubuh sangatlah penting agar aktivitas sehari-hari jadi tak terganggu karena dehidrasi.

Tak hanya menghidrasi dengan lebih cepat, air hidrogen juga berkhasiat dalam membantu menjaga daya tahan tubuh, baik untuk pencernaan, serta merupakan antioksidan terbaik yang bisa menetralisir radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis.

Untuk aturan minum air hidrogen saat bulan puasa, dr. Andi Pratama (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Lira Medika Karawang yang juga referensi utama riset air hidrogen di Indonesia), menyarankan agar orang dewasa sehat mengonsumsi sekitar 2-3 liter/hari.

Berikut saran frekuensi minum air hidrogen yang bisa diterapkan selama bulan puasa:

• Bangun tidur = ± 250 ml / 1 gelas
• Sahur = ± 250-500 ml / 1-2 gelas
• Sebelum Imsak = ± 250-500 ml / 1-2 gelas
• Saat berbuka = ± 250-500 ml / 1-2 gelas
• Sebelum tarawih = ± 250 ml / 1 gelas
• Saat makan malam = ± 250 ml / 1 gelas
• Sebelum tidur = ± 250 ml / 1 gelas

Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, Anda pun harus tepat memilih air minum yang memiliki kemampuan lebih baik dalam menghidrasi, yakni air hidrogen kaya antioksidan dan bersifat alkali yang dihasilkan dari Hydro-Gen Fontaine Ramadan Edition!

Hydro-Gen Fontaine merupakan alat ionisasi air hidrogen yang mengandung antioksidan tinggi dan alkali yang sangat penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Air hidrogen adalah satu-satunya jenis air yang memiliki 1000 penelitian dan membantu mengatasi 170 jenis penyakit.

Mesin portabelnya telah terbukti berkualitas tinggi dan aman digunakan, dengan didukung oleh beberapa sertifikasi internasional, antara lain Sertifikat US FDA dengan nomor FCN No. 689, Sertifikat NSF (National Sanitation Foundation), Sertifikat KTRI (Korea Testing and Research Institute), Sertifikat Skygreen dari SK Chemicals Korea, Sertifikat Logam Elektroda Platinum dari Johnson Matthey London, dan Sertifikat Logam Elektroda Titanium dari Shinsho Corporation Jepang.

Minum air hidrogen saat puasa

Demikian ulasan Cara Ampuh Menahan Haus Saat Puasa, sangat mudah bukan ? selain keempat cara diatas yakni jangan banyak bergerak dan berbicara. Bukan berarti anda harus malas – malasan dan tidur seharian. Tetapi, beraktivitas dan berbicaralah seperlunya saja. Mengkonsumsi minuman isotonik untuk mencegah dehidrasi saat sahur juga bisa menjadi solusi untuk mencegah rasa haus muncul disaat puasa.
loading...

Labels: Kesehatan, Puasa

Thanks for reading Cara Ampuh Menahan Haus Saat Puasa. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Ampuh Menahan Haus Saat Puasa"