-->

Cara Membuat Email Dengan Gmail

Cara membuat email dengan Gmail - Email itu singkatan dari electronic mail alias surat elektronik. Biasa juga disingkat Surel (surat elektronik). Email adalah sarana untuk mengirim dan menerima surat melalui jaringan internet. Email berfungsi sebagai identitas alamat kita di dunia maya. Dengan mengetahui email seseorang, kita bisa bertukar pesan, surat, dokumen atau gambar/foto secara cepat (dalam hitungan detik sudah terkirim) dan praktis (tidak perlu keluar rumah).
Cara membuat akun email dengan Gmail

Email adalah 'KTP'nya dunia maya. Jika Anda ingin terjun ke bisnis online, tidak bisa tidak, salah satu modal yang wajib Anda miliki adalah email. Bahkan jika tidak berminat berbinis online pun, sebagai blogger maupun netizen, Anda juga harus memiliki email. Kalau di dunia fisik kita membutuhkan KTP sebagai identitas yang valid, di dunia maya identitas kita adalah email.

Sebagian besar aktivitas yang Anda lakukan dengan internet membutuhkan email. Membuat akun Facebook, Instagram, Twitter, ikut forum-forum, memberi komentar di suatu blog atau portal pun, daftarnya pakai email. Tanpa email, kegiatan berselancar kita di internet ibarat sayur tanpa garam, rasanya hambar. Kita hanya akan jadi peselancar pasif, aktivitas kita serba terbatas.

Langkah awal membuat email adalah mencari server yang menyediakan layanan email. Ini banyak dan mudah dicari, dan gratis. Dari sekian banyak penyedia layanan email gratis, rekomendasinya menggunakan layanan email milik Google. Alasannya karena Google sangat populer dan bagi pemain Adsense, wajib memiliki email Google.

Untuk membuat email dari Google, kita bisa melakukannya melalui smartphone atau laptop/komputer. Pilih salah satunya yang mungkin Anda gunakan. Jika mungkin lebih baik membuat lewat laptop karena prosesnya lebih cepat.

Persiapan Membuat Email
Agar proses pembuatan email berjalan lancar, kita perlu persiapan tertentu. Kita harus memikirkan user name atau nama pengguna dan password (sandi) untuk email kita. Kenapa? Karena dua hal ini yang biasanya jadi ganjalan ketika membuat email. Tentunya kita tidak ingin asal-asalan memilih user name dan password. Intinya, User name harus cukup cantik, password harus rumit tapi tetap mudah diingat.

Untuk user name jangan asal-asalan, tapi harus punya makna dan mewakili sebagian identitas kita. Misalnya bisa menggunakan nick name (nama panggilan) sebagai user name. Tujuannya untuk memudahkan kita mengingat atau mengenal user name email kita. Jangan sampai Anda kesulitan mengingatnya gara-gara tidak mengenal username yang telah dipilih atau tidak punya arti apapun buat Anda. Contoh Anda memilih username xdky, tentu lebih sulit diingat daripada eki90 yang merupakan sebagian dari nama Anda dan angka 90 sebagai tahun kelahiran Anda.

Memilih password pun harus hati-hati. Orang cenderung memilih password yang mudah diingat tapi juga mudah ditebak orang lain, dan ini suatu kesalahan besar. Siapkan password yang cukup rumit tapi punya makna bagi Anda pribadi. Karena password yang asal-asalan akan mudah ditebak dan akun Anda berpotensi di-hack alias dibajak orang yang tidak bertanggungjawab.

Jangan menggunakan password yang terlalu pendek, minimal 8 karakter. Anda bisa memilih password berupa angka, huruf, dan titik atau gabungan ketiganya. Tapi sebaiknya password terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Huruf untuk password berbeda antara huruf kecil dan huruf besar. Contoh password Anda "Huruf" tapi Anda memasukkan "huruf", meskipun bunyi dan maknanya sama, tapi ada perbedaan satu huruf kecil yang seharusnya huruf besar, itu sudah dianggap BEDA.

Penggunaan angka untuk password juga jangan yang mudah ditebak. Seperti 12345, 6789, 11111, 0000, dan sebagainya. Termasuk sebaiknya jangan menggunakan tahun kelahiran Anda sebagai password. Lebih baik gunakan angka kombinasi tahun kelahiran kedua orangtua Anda.

Untuk bisa masuk dan menggunakan email yang telah anda buat, anda harus ingat user name dan password persis sebagaimana yang terdaftar pada server. Maka sebaiknya user name dan password anda dicatat.

Langkah-Langkah Membuat email Gmail

Membuat email dengan Gmail sangat mudah, pertama-tama masuk ke situs Google Mail di www.mail.google.com. Kemudian lakukan pendaftaran dengan menekan tombol "Buat Akun" di bagian bawah, maka akan muncul kolom-kolom isian pendaftaran.

Jika anda menggunakan browser Chrome, maka tampilannya akan seperti dibawah ini. Isi semua kolom yang ada.

 Cara membuat email Gmail dari Google.                             
  • Nama : Tulis nama lengkap Anda. Jika nama Anda hanya terdiri satu kata, tulis 2 kali karena ada 2 kolom, misal Giman Giman. Jika ditulis satu kali, pasti ditolak karena ada kolom isian yang kosong. Jika nama Anda terdiri 3 kata, gunakan nama depan dan nama belakang.
  • Pilih Nama Pengguna : Inilah user name email Anda. Jika tersedia, gunakan nama panggilan atau nama lengkap Anda. Tapi jika nama Anda termasuk nama yang populer (untuk tidak menyebut pasaran), biasanya sudah ada yang menggunakannya. Maka Google akan memberikan alternatif nama pengguna yang masih tersedia. Anda bisa memakai saran tersebut atau mengabaikan dan memilih nama lain yang masih tersedia. 
  • Buat Sandi : Buat sandi (password) minimal 8 karakter yang cukup rumit. Lihat penjelasan sebelumnya tentang sandi yang baik.
  • Konfirmasi Sandi Anda : Tuliskan lagi sandinya untuk memastikan kecocokannya dengan sandi pertama yang Anda tulis. 
  • Tanggal Lahir : Isikan tahun, bulan dan tanggal lahir Anda. Sebaiknya isi data sebenarnya.
  • Gender : Ada 3 pilihan, yaitu Pria, Wanita, dan Lainnya.
  • Ponsel : Isikan nomer HP Anda.
  • Alamat email Anda saat ini : Kosongkan jika tidak memiliki email yang lain. 
  • Buktikan bahwa Anda bukan robot : Jika dicentang, Anda harus melakukan verifikasi akun lewat nomor telepon yang Anda isikan. Sebaiknya biarkan saja (tidak usah dicentang), sebagai gantinya Anda melakukan verifikasi dengan mengetikan teks yang muncul dibawahnya.
  • Lokasi : Indonesia
  • Centang pernyataan "Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google"
  • Klik Langkah berikutnya. Jika semua isian Anda benar, maka email Anda siap digunakan.

Jika sukses, maka akan muncul halaman dengan ucapan Selamat Datang dari Google yang berarti akun email Anda telah dibuat. Simpan nama pengguna dan sandi email anda. Jika gagal, berarti ada bagian yang salah atau terlewatkan. Biasanya yang jadi masalah dalam proses pembuatan email adalah pemilihan Username/nama pengguna, yaitu sudah ada yang menggunakannya terlebih dulu. Dalam hal ini Anda harus memilih/mengganti dengan Username lain yang belum ada yang memakainya. Setelah Anda memiliki email dari Gmail maka ibaratnya Anda tinggal selangkah lagi untuk memulai bisnis online.
loading...

Labels: Blogging

Thanks for reading Cara Membuat Email Dengan Gmail. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Membuat Email Dengan Gmail"