Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google

Bisa dipastikan pengguna ponsel pintar alias smartphone Android akrab atau bahkan rutin browsing menggunakan mesin pencari (search engine) Google. Apapun yang ingin kita ketahui, mulai arti kata/istilah, film terbaru, berita, lagu-lagu, mencarinya lewat mesin pencari Google.
Cara menghapus riwayat pencarian Google.
Mesin pencari Google
Bisa dikatakan Google sudah menjadi referensi utama untuk mencari info apapun mulai hal paling sepele sampai yang paling serius. Hal yang sama juga berlaku bagi para pengguna laptop maupun desktop, sangat mengandalkan Google sebagai sumber informasi dengan cara melakukan penelusuran.

Pada saat kita melakukan pencarian di Google, maka akan muncul riwayat pencarian dari yang pernah dilakukan atau saran pencarian yang mirip dengan riwayat pencarian sebelumnya di kolom atas (address bar).

Tentu saja saran pencarian ini sangat membantu. Namun tak sedikit yang merasa terganggu. Ada juga orang yang, dengan alasan tertentu, tidak nyaman dengan adanya data riwayat pencarian di Google tersebut. Salah satunya bisa memperlambat proses loading di ponsel bila terlalu banyak riwayat pencarian yang menumpuk. Karena itu perlu dilakukan penghapusan riwayat pencarian tersebut secara berkala.

Nah, buat pengguna yang ingin menghapus jejak pencarian di laptop maupun di ponselnya, Google telah menyediakan solusinya melalui menu “My Activity” atau “Aktivitas Saya”, tergantung pengaturan bahasanya.

Melalui menu Aktivitas saya ini kita bisa melacak riwayat pencarian di desktop maupun ponsel. Untuk mengakses menu ini, kamu harus login ke akun Google kamu.

Bersumber dari Kompas.com, berikut ini cara menghapus riwayat pencarian Google di Desktop/Laptop maupun ponsel.

Hapus Riwayat Pencarian Di Desktop


Untuk menghapus riwayat pencarian Google di desktop, pertama-tama kamu harus masuk ke halaman My Activity di myactivity.google.com

My activity Google
Tampilan menu Aktivitas Saya setelah login.

Kemudian, klik menu 'Delete activity by' atau “Hapus Aktivitas Menurut” yang ada di sisi kiri layar, lalu pilih jangkauan hari yang terdiri dari hari ini (today), pencarian 7 hari terakhir (last 7 days), pencarian 30 hari terakhir (last 30 days), sepanjang waktu (all time) 

Kamu juga bisa mengatur sendiri jangkauan waktu yang ingin dihapus pencariannya, dengan memilih tanggal melalui kolom bagian bawah.

Setelah memilih waktu, pilih 'All Products/Semua Produk', lalu pilih 'Search' untuk hapus situs yang pernah ditelusuri, atau pilih 'Image Search/Hapus Gambar' untuk hapus pencarian gambar yang pernah dilakukan, atau pilih 'Video Search/Hapus Video' untuk menghapus pencarian video. 

Terakhir, klik tombol 'Delete/Hapus' pada kotak pop-up yang muncul. Selesai.

Hapus Riwayat Pencarian Di Mobile/Ponsel


Untuk menghapus pencarian Google via mobile, buka myactivity.google.com, lalu login dengan akun Google kamu.

Menu 'My Activity' juga bisa diakses melalui menu 'My Account' (Akun Saya) di myaccount.google.com, kemudian gulir ke bawah hingga muncul menu 'My Acitvity/Aktivitas Saya'.

Menu Aktivitas Saya di ponsel Android, klik pojok kiri atas.
Untuk melihat menu Aktivitas Saya, pilih ikon menu (tiga baris horizontal) di bagian kiri atas layar. Pilih menu 'Delete activity by' dan lakukan langkah yang sama seperti halnya menghapus pencarian via desktop.


Selain memberi data berapa banyak pencarian yang dilakukan, menu 'My Activity' juga memberikan rincian statistik berapa banyak aplikasi yang digunakan, dan berapa kali aplikasi tersebut digunakan di perangkat Android. Termasuk memuat aplikasi apa saja yang pernah dicari pengguna di Google Play Store dan berapa banyak iklan yang muncul di hasil pencarian yang sempat di-klik oleh pengguna.

Hapus Riwayat Pencarian Di Browser Google Chrome


Selain cara diatas, ada cara lain yang lebih praktis untuk menghapus riwayat pencarian di internet khususnya bagi pengguna perambah (browser) Google Chrome.

Cukup klik ikon menu (tiga lingkaran vertikal) yang ada di sisi kanan atas layar. Kemudian pilih menu history (histori), lalu pilih 'hapus data browsing'. Seperti halnya di menu 'My Activity', pilih rentang waktu yang pencarian yang ingin dihapus, kemudian pilih 'hapus data'.

Nah, buat kamu yang pengin menghapus data riwayat pencarian Google di internet ternyata mudah ya cara melakukannya. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google"