-->

Cara Mengobati Sariawan Pada Anak dengan Mudah

Cara Mengobati Sariawan Pada Anak - Sariawan merupakan penyakit mulut dengan meradangnya lapisan mukosa. Gejala yang muncul biasanya ditandai dengan nyeri atau perih pada bagian mulut biasanya dibagian bibir, lidah atau bahkan digusi.
cara mengobati sariawan pada anak
Sariawan
Sariawan biasanya terjadi akibat sakit gigi yang cukup lama atau tergigitnya bagian mulut sehingga menimbulkan sariawan. Selain kedua penyebab tersebut, sariawan juga bisa disebabkan karena stres, alergi makanan, mulut yang kotor (sehingga bakteri dan virus banyak didalamnya), fase haid ataupun dapat sebagai indikator penurunan sistem imunitas dalam tubuh.

Penyakit sariawan terkadang dinaggap remeh oleh para orang dewasa. Namun, celakanya jika sariawan ini menyerang anak – anak. Apalagi anak dibawah 2 tahun, pasti dengan munculnya sariawan ini akan mengurangi nafsu makan anak sehingga asupan dalam tubuh berkurang.

Bisa jadi jika sariawan tidak segera ditangani akan muncul masalah atau penyakit baru yang tidak diingingkan.

Maka dari itu, diperlukannya penanganan yang tepat untuk mengobati sariawan pada anak. Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan dengan cepat.

1. Garam atau Air Garam

Mungkin anda tidak asing dengan cara yang satu ini. Ya, cara ini sudah digunakan cukup lama untuk mengatasi masalah sariawan yang sulit untuk disembuhkan. Dengan menggunakan garam selain dapat menyembuhkan sariawan, juga berfungsi untuk membersihkan mulut serta membunuh bakteri – bakteri yang bersarang.

Caranya cukup mudah, terdapat dua cara. Pertama, anda bisa menggunakan air garam untuk berkumur dengan melarutkannya didalam satu gelas air.

Yang kedua, anda bisa mengambil sedikit garam, kemudian mengoleskannya pada bagian mulut yang terjadi infeksi dan diamkan beberapa detik. Cara ini tergolong ekstrem dan menimbulkan rasa perih yang tidak tertahankan. Tetapi, setelah melakukannya beberapa kali, dijamin sariawan akan sembuh dan tidak terasa perih lagi saat anda mengkonsumsi makanan.

2. Madu Asli

Siapa yang tak kenal madu ? ya, makanan yang memiliki banyak manfaat ini juga ampuh dikenal sebagai penyembuh sariawan dengan cepat. Berbeda dengan garam yang menimbulkan efek perih, menggunakan madu akan tidak terasa perih dan justru malah mendinginkan. Caranya sama, yakni dengan mengoleskan madu kedaerah mulut yang terkena sariawan.

Dilansir dari Prevention, madu memiliki kandungan yang berfungsi sebagaianti radang dan antibakteri sehingga cocok untuk mengatasi masalah sariawan pada anak yang tidak menimbulkan rasa perih.

Yang jadi masalah yakni, untuk mendapatkan madu yang benar – benar asli belakangan ini sangat sulit karena banyak beredarnya madu yang sudah dicampur dengan berbagai bahan demi keuntungan penjualnya. Nah, ini merupakan tantangan bagi anda sebagai orang tua untuk dapat memberikan yang terbaik untuk sang buah hati.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib digunakan setiap anda memasak suatu makanan. Siapa sangka, bahan yang sering kita temui ini ternyata ampuh untuk mengobati sariawan secara alami dengan cepat. Caranya cukup mudah, anda ambil 1 – 2 siung bawang putih kemudian iris dan tempelkan pada bagian mulut yang meradang. Walaupun cukup mudah, akan jadi masalah jika sariawan berada di bagian samping mulut yang letaknya cukup dalam.

Selain 3 cara alami untuk menyembuhkan sariawan, ada juga obat kimianya yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan sariawan pada anak. Berikut diantaranya :

1. Mycostatin

Mycostatin merupakan obat cair yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Selain bisa digunakan untuk orang dewasa obat jenis ini juga cocok untuk digunakan pada anak usia sekolah. Cara kerja obatnya yakni dengan membunuh bakteri dalam mulut, sehingga sariawan perlahan akan menyusut dan hilang.

2. Ibuprofen atau paracetamol

Ibuprofen atai paracetamol biasanya digunakan untuk mengatasi panas tinggi, tetapi obat ini berfungsi sebagai anti nyeri yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sariawan pada anak. Tetapi jangan digunakan untuk anak dibawah umur 6 bulan karena akan sangat berbahaya.

Untuk menyembuhkan sariawan menggunakan obat, kami tidak merekomendasikannya karena akan menimbulkan beberapa efek samping. Serta jika anda ingin menggunakannya sebaiknya tahu terlbih dahulu dosis dan usia yang cocok untuk menggunakan obat kimia tersebut.

Demikian ulasan mengenai cara menyembuhkan sariawan pada anak dengan bahan alami maupun obat kimia, tetap terapkan pedoman mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah sariawan datang kembali anda bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang bergizi terutama vitamin c yang mampu mencegah anak terkena sariawan kembali.

loading...

Labels: Kesehatan, Sariawan

Thanks for reading Cara Mengobati Sariawan Pada Anak dengan Mudah. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mengobati Sariawan Pada Anak dengan Mudah"