Masalah Pada Motor Injeksi dan Cara Mengatasinya

Cara Memperbaiki Motor Injeksi – Pada saat ini motor merupakan kendaraan wajib yang harus dimiliki setiap orang. Dengan adanya motor dapat mempermudahkan perjalanan seseorang ke tempat yang dituju. Selain itu, motor juga sebagai alternatif berkendara jika jalan dalam keadaan ramai. Karena tidak memungkinkan jika menggunakan kendaraan roda empat dapat sampai tempat tujuan dengan tepat waktu.
Masalah pada motor injeksi dan cara mengatasinya.
Sistem injeksi pada motor.
Berbeda dengan tahun 2000-an, motoh keluaran tahun 2014 keatas sudah menggunakan teknologi yang berbeda untuk sistem suplai bahan bakar yang dinamakan dengan teknologi injeksi. Dengan andanya teknologi baru ini diclaim dan diyakini penggunaan bahan bakar lebih irit dari motor – motor yang tidak menggunakan teknologi ini. 

Hal tersebut disebabkan karena adanya mode ECU (Electronik Control Unit) dalam mesin motor injeksi yang berfungsi untuk mengatur suplai BBM, sehingga lebih stabil.

Karena hampir rata – rata sudah menggunakan motor injeksi dengan berbagai merk yang berada, tidak mustahil jika motor dengan teknologi ini dapat mengalami kerusakan seperti mogok dan lain sebagainya. Walaupun pada dasarnya, motor injeksi memiliki daya tahan yang lebih baik daripada motor yang menggunakan karburator.

Nah, untuk mengatasi motor injeksi yang rusak sebenarnya cukup mudah. Anda bisa mnegecek terlebih dahulu sebelum membawanya ke berngkel baik yang resmi atau bengkel pinggir jalanan. Apa saja ? Berikut adalah Cara Memperbaiki Motor Injeksi Dengan Mudah.

1. Cek Bahan Bakar Minyak Anda
Pengecekan bahan bakar secara rutin wajib dilakukan. Pasalnya tidak sedikit orang lupa akan kondisi tangki bensin motor yang dimilikinya. Sehingga, saat sedang perjalanan motor mogok tiba – tiba karena kehabisan bahan bakar. Sebenarnya, kehabisan bahan bakar untuk motor injeksi merupakan hal yang fatal. Karena cepat atau lambat akan merusak sistem injeksi itu sendiri.

Selain itu, mogok juga bisa disebabkan karena tersumbatnya aliran bensin dari tangki motor menuju mesin. Biasanya terjadi difiltel injektor sebelum menuju ke mesin. Hal ini terjadi karena mungkin tangki motor yang kotor. Untuk solusinya anda bisa membuka filter tersebut kemudian membersihkannya. 

Dalam proses pembersian harus dilakukan dengan hati – hati karena ini merupakan bagian paling sensitif. Bisa menggunakan bensin dalam pembersihannya ataupun bisa menggunakan Injektor Cleaner yang bisa anda beli di toko – toko sprepart motor.

2. Aki Motor
Pada sistem motor injeksi yang sering bermasalah yakni aki motor. Adanya fiture “Idling dan Stop Idling” yang sekarang sudah banyak diterapkan. Bagi anda yang belum mengetahui mengenai fungsi dari fitur ini yakni berfungi untuk mematikan motor sejenak atau saat berada dilampu merah dan akan hidup otomatis jika anda mumutar “gas” motor. Dalam keadaan ini motor dalam posisi standby dan cukup memakan banyak daya aki. Sehingga lama kelamaan daya aki akan melemah.

Padahal, daya aki disini sangat penting untuk menghidupkan mesin dengan teknologi injeksi. Jika daya tidak cukup motor tidak akan mau untuk di starter. Maka solusinya, anda bisa mengganti aki itu sendiri.

Namun, tidak sedikit masalah timbul dibagian kelistrikan motor. Kabel 0 kabel yang sudah berumur dan keropos juga bisa menjadi masalah. Sehingga aliran listrik dari aki tidak sampai ke dinamo motor sehingga motor menjadi mogok.

Demikian ulasan mengenai Masalah Pada Motor Injeksi dan Cara Mengatasinya Sendiri, pada dasarnya motor injeksi tidak begitu rewel daripada motor konveksional yang menggunakan karburator. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai motor injeksi anda kehabisan bahan bakar.

Solusinya sebelum motor mogok karena kehabisan bensin anda matikan dan dorong terlebih dahulu sebelum habis. Jika sudah terlanjur anda perlu menyervicenya ke bengkel resmi merk motor anda tersebut.

loading...

Labels: Otomotif, Sepeda Motor

Thanks for reading Masalah Pada Motor Injeksi dan Cara Mengatasinya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Masalah Pada Motor Injeksi dan Cara Mengatasinya"