-->

Mengenal Virus di Internat Paling Berbahaya Sepanjang Masa

Virus di Internat Paling Berbahaya –Tidak didunia nyata ataupun didunia maya, yang namanya virus merupakan hal atau mahluk yang sangat berbaya. Sama - sama menyebabkan sakit namun, subjeknya saja yang berbeda.

Mengenal virus di internet paling berbahaya sepanjang masa

Beragam jenis virus yang menyebar di Internet. Penyebaran virus bisa melalui copy data lewat flaskdisk, melalui internet dan bisa menyebar saat kita menginstall sofware yang disisipkan virus didalamnya. Hal ini biasa terjadi, jika sofware anda download secara illegan bukan membeli yang asli. 

Virus komputer menyerang bagian software komputer mulai dari merusak file, menghilangkan file penting serta yang paling berbahaya yakni mampu mencuri data yang ada dikomputer kita. Maka dari itu, pentingnya kita memasang antivirus di komputer ataupun laptop kita.

Pada dasarnya, windows sendiri sudah memasang aktivirus yang bernama Windows Defender namun, banyak orang yang tidak percaya atau kurang yakin dengan antivirus bawaan windows ini atau bisa saja tergiur dengan fiture yang diberikan oleh antivirus dari luar. Yang perlu diketahui adalah semua antivirus sama, tugasnya membunuh atau membasmi virus komputer. 

Yang jadi masalah yakni jika antivirus tersebut tidak diupdate secara rutin. Akibat yang terjadi adalah virus – virus baru yang berkembang tidak masuk dalam list (dalam antivirus) untuk dibasmi. Sehingga bisa dibilang kita kecolongan dan merusak sistem software komputer.

Nah, berikut adalah beberapa Virus di Internet yang Paling Berbahaya yang pernah menyerang diberbagai dunia :

1.       Code Red (2001)

Pada tahun 2001 satu dulu pernah dihebohkan dengan virus yang bernama Code Red. Virus ini tergolong dalam jenis warm yang menyerang situs – situs di Internet. Salah satu situs yang pernah terserang yakni WHITEHOUSE.GOVyang merupakan web berita milik Amerika Serikat. 
Akibat virus Code Red ini, website tersebut mendadak tidak bisa dibuka dan hanya meninggalkan pesan “Hacked By Chinese !” . Tidak hanya di Amerika Serikat saja, virus ini juga menyebar diseluruh dunia. Membuat para pemilik website – website penting untuk melakukan backup data sebelum terjangkit virus merepotkan ini. Ditaksir pada tahun tersebut, kerugian yang ditimbulkan sekitar $ 2 Miliar angka yang fantastis bukan ?

2.       MyDoom (2004)

MyDoom merupakan virus yang berjenis malware yang muncul pada pertengahan tahun 2004. Virus ini menyebar sangat cepat diseluruh pengguna internet dan komputer didunia. Tercatat lebih dari 1 juta komputer terjangkit virus malware ini.

Sistem kerja dari virus ini yakni mencuri data di komputer kita melalui pesan email. Jadi, saat anda membuka komputer dan membuka email masuk, ototmatis virus ini sudah menjangkit kompuer anda. Dan yang lebih parahnya lagi, setelah anda membuka email virus (berupa spam) otomatis akan mengirimkannya lagi ke semua email tersimpan di PC anda. Hal inilah yang membuat MyDoom 
mampu menyebar dengan cepat.

3.       Trojan (2006)

Mungkin anda tidak asing dengan nama virus ini. Ya, virus ini salah satu virus paling berbahaya di sepajang sejarah yang masih eksis sampai sekarang. Hal yang cukup menyebalkan menurut saya yakni saat komputer terserang trojan, seolah – olah komputer yang kita gunakan tampak sehat- sehat saja seperti tidak ada masalah. Tetapi setelah itu, trojan baru beraksi mulai dari membuat crash, merusak file windows yang mengakibatkan komputer kita tidak bisa menyala sampai mencuri password yang tersimpan didalam PC. 

Ahirnya, dibuatkanlah sebuah anti virus mengingat berbahayanya virus type ini yang bernama Anti Trojan pada tahun 2006, sehingga wabah virus trojan ini dapat dihentikan.

4.       Agen.btz (2008)

Agen.Btz atau dikenal dengan nama Agen.AWF merupan virus jenis malware yang sempat merepotkan pentagon. Pasalnya, Pentagon harus membuat departement khusus yang berkerja untuk mengatasi serangan virus ini yang diberi nama US Cyber Command. 

Menyerang Operasi Sistem Windows dengan cara merusak file, menghilangkan file serta mencuri file – file penting milik negara. Sehingga, dibentuklah tim khusus tersebut di Amerika Serikat. Namun, keeksisan virus ini tidak bertahan lama beberapa bulan kemudian virus ini telah lenyap dan tanpa kabar hingga sekarang.

5.       Ransomeware WannaCry (2014)

Nah, ini dia Virus yang sempat mengebohkan di Indonesia bahkan di Dunia. Ya Ransomeware WannaCry atau yang dikenal dengan sebutan WannaCry (2014). Walaupun daya serangnya tidak seheboh virus – virus pendahulunya, WannaCry hanya mampu menginfeksi 200 ribu komputer di seluruh dunia. Tercatat di Indonesia 2 Rumah Sakit terinfeksi virus. Sehingga, sempat waktu itu banyak orang yang tidak mengaktifkan internetnya agar tidak terserang virus ini.

Sistem kerja Virus WannaCry yakni dengan mengenkripsi data – data di komputer sehingga komputer tidak bisa dibuka (dikunci oleh virus WannaCry) sehingga untuk membukanya anda harus membayar sekitar 600 dolar Amerika Serikat atau sekitar 8 jutaan (kurs 1 dolar = 13.500). Namun, pada ahirnya sudah banyak orang yang menciptakan antivirus untuk menangani virus jenis ini.

Demikian ulasan mengenai Mengenal Virus di Internat Paling Barbahaya Sepanjang Masa, apa saja antivirusnya sama saja, hanya sajatetap update antivirus anda agar terhindar dari serangan virus yang berbahaya.
loading...

Labels: Internet, Tekno

Thanks for reading Mengenal Virus di Internat Paling Berbahaya Sepanjang Masa. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Virus di Internat Paling Berbahaya Sepanjang Masa"