-->

Cara Verifikasi PIN Google Adsense

Cara Verifikasi PIN Google Adsense - Tepat 10 hari pengajuan akun Google Adsense Nonhosted saya disetujui oleh Google Adsense, dalam dashboard akun saya terdapat tulisan melintang yang berbunyi "Pembayaran Anda saat ini ditangguhkan karena Anda belum memverifikasi alamat".
Cara verifikasi PIN Google Adsense.
Disamping tulisan ada tombol "aksi". Apa itu ya? Karena penasaran saya pun tekan tombol tersebut. Saat tombol tersebut saya klik, yang muncul adalah seperti dibawah ini.
Verifikasi PIN Google Adsense.
Verifikasi PIN Google Adsense
Oh ternyata saya diminta melakukan verifikasi alamat dengan memasukkan PIN yang dikirimkan oleh Google. Dalam keterangannya disebutkan, penghasilan saya dari adsense sudah mencapai ambang verifikasi, sehingga pihak Google mulai proses memverifikasi akun saya. Verifikasi PIN merupakan prosedur Google untuk memastikan bahwa pemilik akun adsense memang benar orang yang tinggal di alamat sebagaimana yang dicantumkan dalam profil.

Saat itu penghasilan adsense saya baru sekitar Rp 110 ribu saja. Sementara jumlah minimal penghasilan dari adsense bisa dicairkan adalah Rp 1,3 juta. Jadi baru mencapai kurang dari 10% ambang pembayaran pun ternyata sudah diminta melakukan verifikasi PIN oleh Google. Berarti tidak perlu menunggu terlalu lama sampai pencapaian adsense kita cukup banyak baru bisa verifikasi PIN. Mungkin ini bagian dari cara Google memotivasi para publishernya agar lebih semangat nge-blog.

Saya sempat berpikir, andaikata saat mendaftar adsense saya memasukkan data alamat asal-asalan, betapa menyesal saya saat ini, membayangkan surat yang dikirim Google nyasar entah kemana. Sayapun tidak pernah berpikir secepat itu proses verifikasi berlangsung, hanya 10 hari setelah diterima jadi publisher adsense. Mungkin ini juga bisa jadi pelajaran buat Anda yang tengah mengajukan akun adsense, jangan sembarangan menulis data pribadi. Nama dan alamat Anda seharusnya sama dengan yang tertera di KTP.

Dijelaskan dalam laman tersebut, bahwa proses verifikasi akun adsense dilakukan dengan cara mengirim surat yang berisi PIN (Personal Identification Number) kepada alamat pembayaran yang tercantum di akun adsense kita. Jadi kalau alamat yang ditulis ngaco, surat tersebut juga pasti nyasar.

PIN tersebut akan dikirim melalui pos dan diperkirakan sampai ke alamat tujuan dalam waktu 2-4 minggu, bergantung pada kecepatan layanan pos. Kok selama itu? Semula saya pikir, lamanya waktu dikarenakan PIN tersebut dikirim dari kantor Google di luar negeri, tepatnya dari Mountain View, California. Ternyata dugaan saya salah, PIN ternyata dikirim dari kantor Google di Jakarta.

Setelah menunggu sebulan, PIN belum juga saya terima, entah nyasar kemana. Maka saya pun melayangkan permintaan PIN yang kedua. Kali ini hanya dalam kurang satu minggu PIN sudah sampai.
Verifikasi PIN Google Adsense.
Bagian depan PIN
Bagian dalam berisi nomer PIN dan penjelasannya.
Setelah menerima PIN, kita harus memasukkan PIN yang tertera dalam surat tersebut di bagian laman yang telah ditentukan. Yaitu dibagian pemberitahuan tentang verifikasi alamat seperti gambar di atas. Selama Anda belum memverifikasi alamat dengan memasukkan PIN, maka selama itu pula pemberitahuan di dashboard akun adsense Anda akan terus menyala.

Sekalipun terasa konyol, tapi tetap perlu diperhatikan ketika memverifikasi PIN, jangan sampai salah memasukkan angkanya. Jika terjadi 3 kali kesalahan dalam memasukkan PIN, resikonya penayangan iklan dari adsense kita akan dihentikan oleh Google. Gawat khan.

Nah, setelah dilakukan verifikasi PIN, kita tinggal menunggu saja perkembangan penghasilan dari penayangan iklan adsense kita. Ketika nanti penghasilan adsense Anda sudah mencapai ambang pembayaran, yaitu sebesar Rp 1,3 juta, maka Anda pun bersiap menerima pembayaran pertama dari Google.

Verifikasi PIN Google adsense ini hanya sekali saja, yaitu ketika pertama kalinya Anda menerima pembayaran adsense. Untuk pembayaran berikutnya tidak perlu verifikasi lagi.

Selain verifikasi PIN, untuk publisher yang memilih metode pembayaran menggunakan transfer ke rekening bank lokal, maka masih harus melakukan verifikasi atas kepemilikan rekening yang didaftarkan ke Google Adsense.

Cara verifikasinya, pihak Google Adsense akan mengirimkan sejumlah nominal 3 angka (contoh : 379) ke rekening kita, selanjutnya kita memasukkan angka tersebut. Jika nominalnya sesuai, maka rekening bank kita siap digunakan untuk menerima pembayaran saat jumlah penghasilan Google Adsense kita mencapai ambang batas yang ditentukan.
Verifikasi rekening bank lokal
Bagi Anda yang baru saja mendapatkan akun adsense dari Google, semoga info cara melakukan verifikasi PIN Google Adsense ini bermanfaat bagi Anda. Setelah itu Anda tinggal berharap dan berusaha agar pencapaian ambang pembayaran adsense segera tercapai, sehingga Anda bisa segera menerima pembayaran dari Google adsense. 
loading...

Labels: Adsense, Blogging

Thanks for reading Cara Verifikasi PIN Google Adsense. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Verifikasi PIN Google Adsense"