-->

Aneka Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Madu - Siapa tak kenal madu? Kebanyakan orang menyukai karena rasanya yang manis. Tapi sebenarnya madu memiliki rasa yang berbeda-beda, karena perbedaan bunga yang diisap oleh lebah. Madu juga memiliki warna berbeda berdasarkan jenis bunga. Madu sering dimanfaatkan untuk membuat minuman dan masakan yang lezat. Madu asli bisa disimpan dalam waktu lama tanpa takut kadaluarsa.
Aneka manfaat Madu untuk kesehatan dan kecantikan
Madu

Madu juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu mengandung enzim tertentu yang membantu tubuh mencerna makanan dan menjaga sistem imun bekerja dengan baik. Secara keseluruhan, madu menyehatkan pencernaan, tulang, hingga menyeimbangkan berat badan. Tak hanya menyehatkan, madu juga punya berkhasiat menyembuhkan. Beberapa kondisi kesehatan yang bisa diatasi dengan madu adalah alergi, infeksi, radang tenggorokan, sampai luka bakar.

Madu memiliki kandungan nutrisi tinggi. Madu terdiri dari gula seperti glukosa dan fruktosa dan mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6, B5 dan B3, yodium, dan seng.

Madu mengandung sejumlah zat yang sangat bermanfaat, diantaranya :

Karbohidrat
Madu ternyata mengandung karbohidrat murni yang bisa memberikan energi kepada tubuh. Jika Anda merasa lelah atau lemah segera minum madu karena akan memberikan energi dan menyegarkan tubuh secara cepat.

Glukosa
Kandungan glukosa pada madu juga efektif dalam mengurangi rasa lelah yang Anda alami. Selain itu glukosa yang cepat diserap oleh tubuh akan menjadi pembangkit energi saat Anda merasa lelah.

Radang tenggorokan
Jika Anda menderita radang tenggorokan, segera konsumsi madu. Sebab madu mampu membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan dan menyebabkan radang. Madu pun bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya. 

Antiseptik
Madu juga bersifat antiseptik yang mampu membunuh bakteri dan obat luka bakar yang efektif maupun akibat teriris benda tajam. Madu juga bersifat anti-inflamasi yang bisa mencegah radang dan pembengkakan.

Madu memang memiliki sejuta manfaat. Madu memang mempunyai jutaan khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan. Sudah sejak lama madu digunakan untuk pengobatan dan kecantikan. Selain dikonsumsi, ternyata ada banyak kegunaan madu yang jarang diketahui.

Dikompilasi dari berbagai sumber, berikut ini aneka manfaat madu yang perlu kita ketahui.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

- Antibakteri dan antimikroba pada madu membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Sehingga digunakan untuk mengobati luka bakar dan lecet.
- Madu membantu membersihkan luka,mengurangi bau dan nanah dan meningkatkan penyembuhan cepat.
- Sifat anti-jamur dalam madu, dapat membantu menyembuhkan infeksi pada kaki.
- Untuk membersihkan parasit dalam tubuh, coba minum minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air. Ketiga bahan tersebut merupakan pelawan parasit.
- Madu membantu pada wanita yang mengalami morning sickness saat hamil.
- Konsumsi madu secara teratur akan meningkatkan penyerapan kalsium dan jumlah hemoglobin yang membantu untuk melawan anemia.
- Madu membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan HDL (kolesterol baik).
- Madu membantu membersihkan sistem pernapasan dari lendir.
- Madu membantu memodulasi sistem kekebalan tubuh, mencegah terulangnya infeksi.
- Madu memainkan peran penting dalam mengelola obesitas.
- Madu membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu tubuh lebih banyak membakar lemak.
- Minum madu mampu memberi efek menenangkan pada tubuh pada saat Anda merasa cemas, gugup, atau insomnia.
- Sebelum berolahraga, mengkonsumsi madu bisa membuat stamina lebih tahan lama ketika beraktivitas dan mengurangi kelelahan otot.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

- Madu kaya senyawa humektan. Hal ini membantu mempertahankan kadar air dalam kulit dan mengembalikan elastisitasnya, sehingga membuat kulit lentur.
-Madu membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya keriput.
-Madu digunakan untuk mengobati kulit rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru. Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis dan gangguan kulit lainnya.
- Madu sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.
- Madu dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
- Madu bisa menembus lapisan atas kulit, jadi dapat mengelupas kotoran. Serta membantu melawan infeksi dan mencegah masalah jerawat dengan menjadikan madu sebagai masker.
- Madu adalah pelembap kulit yang baik dan efektif meremajakan kulit.
- Penerapan madu pada bibir pecah-pecah dan keriput akan membuat mereka sangat halus dan lembut.
- Gunakan madu sebagai pencuci muka yang lebih alami daripada sabun, biarkan sejenak lalu bilas hingga bersih.
- Campur madu, minyak zaitun, dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh mengatasi bibir kering.

Nah, banyak sekali bukan manfaat dan berbagai fakta menarik tentang madu.

Itulah madu, cairan kental yang dihasilkan oleh lebah yang ternyata mampu memberikan banyak manfaat, baik bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan wajah dan kulit. Jadi mulai sekarang, biasakan secara rutin mengkonsumsi si manis yang menyehatkan dan serbaguna ini.
loading...

Labels: Kesehatan, Madu

Thanks for reading Aneka Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Aneka Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"