-->

Bilamana Kerontokan Rambut Tergolong Parah, Ini Indikatornya

Rambut rontok dialami semua orang, baik pria, wanita, dewasa, dan anak-anak. Adalah kondisi yang normal jika seseorang , bisa mengalami kerontokan rambut 50 hingga 100 helai rambut per hari. Meskipun mengalami kerontakan, pada umumnya orang tidak akan mengalami penipisan rambut atau bahkan kebotakan. Hal ini karena pada rambut yang normal, pada saat rambut mengalami kerontokan maka akan tumbuh helai rambut baru.
8 indikator kerontakan rambut yang parah.
Indikator kerontokan rambut yang parah

Namun berbeda halnya jika rambut yang rontok lebih banyak dan lebih sering dari biasanya. Misalnya saat keramas terdapat gumpalan rambut yang rontok atau saat menyisir menemukan gumpalan rambut di sela-sela gigi sisir. Bisa jadi ini adalah indikasi telah terjadi kerontokan rambut parah yang bisa berujung pada kebotakan.

Dilansir Kompas.com, berikut ini terdapat beberapa indikator untuk menilai normal tidaknya kerontokan pada rambut :

1. Rambut pada bantal
Pada pagi hari saat bangun tidur, coba cek bantalmu. Lihat ada berapa banyak rambut yang rontok sepanjang malam saat kamu tidur.

Jika jumlah rambut yang tertinggal di bantal lebih banyak dari biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa kerontokan pada rambutmu sudah terlalu banyak dari yang seharusnya.

2. Menarik rambut
Ahli restorasi rambut dan bedah plastik wajah, Dr. James C. Marotta menyarankan kita untuk mencoba meraih sekitar 60 helai rambut, dan menariknya sambil menyusuri jarimu melalui rambut.

Jika ada lebih dari delapan helai rambut rontok berarti skala kerontokan rambutmu sudah melebihi normal. Jika jumlahnya mencapai 15 helai atau lebih, maka bisa dikatakan rambut yang rontok tersebut sudah terlalu banyak.

3. Jarak rambut lebih lebar
Indikator adanya kerontokan rambutmu sudah parah juga dapat diketahui  dengan melihat jarak antar rambut atau kulit kepala yang terekspos.

Jika jarak tersebut melebar atau renggang maka hal itu bisa menjadi indikator kerontakan rambut yang parah. Namun, cara ini mungkin sedikit sulit untuk dikenali, maka memastikannya adalah datang ke dokter kulit atau penata rambut terkait hal tersebut.  

4. Rambut saat keramas
Adalah hal yang normal jika beberapa helai rambut kita rontok ketika keramas. Namun, jika terdapat jumlah rambut rontok yang terlalu banyak, misalnya pada lubang air, ini adalah pengecualian. Bisa jadi itu menjadi indikasi kerontokan rambut yang sudah parah.

5. Hitung rambut 60 detik
Tes lainnya adalah dengan melakukan hitung rambut 60 detik. Ini adalah sebuah metode yang tertuang dalam sebuah artikel yang dipublikasikan JAMA Dermatology pada tahun 2008.
Cobalah sisir rambut dari arah belakang ke depan selama 60 detik atau semenit, ini bisa menjadi indikator apakah kerontokan rambut sudah mencapai kategori parah.

Setelah menyisir selama 60 detik, perhatikan berapa banyak rambut yang rontok. Jika jumlahnya masih sekitar dari 10 helai, maka kerontokanmu masih dalam batas wajar. Jika lebih, kemungkinan kamu sedang mengalami masalah kerontokan rambut yang parah.

6. Rambut pada sisir
Ketika menyisir rambut terdapat helai rambut yang tertinggal pada sisir. Banyaknya rambut pada sisir yang awalnya bersih adalah indikator potensial bahwa kerontokan rambutmu melebihi batas wajar. Namun, sulit untuk menilai tingkat kerontokan rambut jika menggunakan sisir yang tidak bersih atau sudah dipenuhi helai rambut sebelumnya.

7. Kuncir kuda
Pada rambut yang panjang, kuncir kuda bisa menjadi tanda lainnya. Coba perhatikan, apakah rambut yang diikat semakin lama semakin sedikit dan jumlahnya berkurang drastis? Jika iya, maka itu bisa menjadi pertanda kerontokan rambut yang melebihi batar wajar. 

8. Gaya rambut berubah
Gaya yang dimaksud adalah perubahan gaya rambut akibat rambut yang semakin menipis, bukan karena pergi ke salon.

Jika rambut yang lurus tampak rata dan lepek, rambut alami tak lagi seperti dulu dan gaya rambut tidak bertahan lama, itu kemungkinan menjadi tanda telah terjadi kerontokan rambut yang tergolong parah.

Dengan memperhatikan 8 indikator kerontokan rambut tersebut, maka kamu bisa menentukan apakah kerontokan pada rambutmu tergolong parah atau masih dalam batas normal.


Ketika kerontakan rambut melebihi jumlah wajar, jangan tunda lagi untuk melakukan perawatan intensif pada kondisi rambut atau lebih baik lagi berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.
loading...

Labels: Kesehatan, Rambut

Thanks for reading Bilamana Kerontokan Rambut Tergolong Parah, Ini Indikatornya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Bilamana Kerontokan Rambut Tergolong Parah, Ini Indikatornya"