-->

Info Pengobatan Bisul Menggunakan Bahan Alami

Mengobati Bisul Dengan Bahan Alami - Bisul atau bisulan bisa muncul di bagian tubuh mana saja, terutama wajah, ketiak, bahu, kaki, tangan dan juga bokong. Seperti halnya jerawat, bisul pada wajah sering menimbulkan masalah terutama bagi kaum wanita. Bisul di wajah bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Belum lagi rasa nyeri yang ditimbulkan bisul pada paha atau ketiak.
pengobatan bisul dengan bahan alami.
Ilustrasi bisul
Bisul merupakan kondisi kelainan kulit abses yang tak diinginkan yang terjadi secara alami. Hal ini bisa terjadi akibat debu atau polusi menghalangi terbukanya pori-pori, sehingga menimbulkan iritasi akibat terbentuknya benjolan disertai rasa sakit.

Bisul ini cenderung panas dan melepuh yang disebabkan oleh folikel rambut atau kelenjar minyak yang terinfeksi oleh bakteri dan tampak seperti jerawat kecil.

Meskipun sepele dan tidak berbahaya, bisul jangan dibiarkan saja dan harus segera diobati karena dapat menyebabkan sensasi rasa sakit yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Karena itu, pakar menyarankan sebaiknya tidak memencet atau menusuknya dengan peniti bisul yang berisi nanah, karena malah bisa menyebabkan luka.

Selain itu jangan sekali-kali menyentuh bisul, baik yang sudah pecah ataupun belum, dengan tangan tanpa mencuci dan membersihkannya dengan sabun. Hal ini untuk mencegah bisul makin besar karena adanya infeksi dan kotoran dari tangan.

Untuk mempercepat pecahnya bisul dilakukan dengan cara mengompres dengan air hangat. Cara ini bisa mengurangi nyeri sekaligus mengumpulkan nanah di puncak bisul.

Jika bisul sudah pecah, bersihkan nanah dan cairan yang keluar dengan kain kasan ditambah alkohol. Selanjutnya tutup bekas luka bisul yang pecah untuk menghindari infeksi lanjutan.

Nah, untuk menghindari atau mengobati bisul, kamu memanfaatkan bahan alami yang terbukti aman.

Berikut bahan-bahan ramuan alami yang terdapat di sekitar untuk mengobati bisul secara cepat dan praktis.

Jinten
Jinten, atau dikenal sebagai jeera, adalah bumbu yang efektif menghilangkan  nanah dan bakteri yang terakumulasi dalam bisul.

Siapkan 4 sendok teh bubuk jinten untuk mengobati bisul. Panggang biji cumin dan bubuknya, lalu tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta. Terapkan ini pada bisul setiap 4 sampai 5 jam sampai terlihat ada hasilnya.

Bawang Putih

Bawang putih juga merupakan obat yang efektif untuk bisul. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan membantu mengobati segala jenis peradangan pada kulit.

Buat pasta halus dari 2 atau 3 siung bawang putih, oleskan pasta ini pada bisul panas, dan biarkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Campuran Bawang Putih dan Bawang Merah

Panaskan bawang merah dan tambahkan empat siung bawang putih ke dalamnya. Lalu blender hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta ini pada bisul dan setelah 10 menit, cuci dengan air bersih. Ulangi proses ini setidaknya empat kali dalam sehari untuk hasil yang cepat.

Tapal Bawang Merah

Potong bawang menjadi irisan tapi jangan terlalu tipis, lalu ambil tapalnya untuk dioleskan pada bisul. Tutupi area dengan kapas dan biarkan selama satu malam. Ulangi beberapa kali sampai terlihat hasilnya.

Air Bawang Merah

Cincang halus beberapa potong bawang merah dan tambahkan secangkir air ke dalam panci. Selanjutnya panaskan di atas api sampai airnya mendidih. Ambil airnya dan setelah menjadi dingin, saring dan oleskan pada bisul dengan kain katun bersih.

Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung senyawa anti-inflamasi yang disebut asam ricinoleic. Senyawa ini akan membantu dalam mengusir bisul panas, melembabkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Ambil kapas dan celupkan ke dalam minyak jarak. Oleskan ke area yang terkena bisul dan biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu bilas dengan air biasa. Lanjutkan ini selama 2-3 hari atau sampai terlihat hasilnya.

Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang akan mengobati beberapa masalah kulit seperti ruam, radang, maupun kemerahan pada kulit. Teteskan beberapa tetes tea tree oil pada bisul dan biarkan selama beberapa menit.

Daun Sirih

Daun sirih juga bermanfaat menghilangkan jerawat dan bisul panas dengan membantu melepaskan nanah dari bisul.

Cara pemakaiannya, ambil 3 lembar daun sirih segar, lalu rebus dengan setengah cangkir air dengan api kecil. Setelah daun sirih lunak, biarkan menjadi dingin dan buat pasta dari campuran ini.

Oleskan pada area yang terkena bisul sampai mengering, lalu bilas dengan air biasa. Untuk hasil yang lebih cepat, ulangi pengobatan ini setidaknya dua kali seminggu.


Demikian cara mengobati bisul dengan bahan alami yang bisa kamu terapkan untuk mengobati bisul secara aman.

loading...

Labels: Bisul, Kesehatan

Thanks for reading Info Pengobatan Bisul Menggunakan Bahan Alami. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Info Pengobatan Bisul Menggunakan Bahan Alami"