-->

Cara Mengunggah Foto 3 Dimensi Di Facebook

Foto 3D di Facebook – Siapa tak kenal Facebook? Admin Arsip Info bahkan yakin kamu termasuk salah satu yang memiliki akun Facebook. Betul khan?

Cara Mengunggah Foto 3 Dimensi Di Facebook
Proses foto 3D di Facebook (via Kompas.com)

Tak heran Facebook sangat populer dan banyak punya banyak penggemar di Indonesia khususnya, selain Instagram tentunya. Salah satunya karena Facebook selalu memperbarui fitur-fiturnya sesuai perkembangan jaman.

Foto 3Dimensi di Facebook


Nah, yang terbaru Facebook memperkenalkan fitur visual yang keren buat para pecintanya. Yaitu foto dalam format 3 Dimensi. Dengan fitur tersebut pengguna Facebook dapat menggugah atau memposting foto dalam format 3D alias tiga dimensi.

Fitur foto 3D Facebook ini memungkinkan gambar yang diposting terlihat lebih dalam, dengan menghidupkan unsur latar belakang (background) dan latar depan (foreground). Sehingga pengguna bisa melihat foto seakan seperti kenyataan.

Gambaranya seperti kalau kamu nonton film di bioskop dengan format 3D, kira-kira seperti itu pengalaman ketika melihat foto 3D di Facebook.

Foto 3D tersebut bisa dinikmati secara kasat mata di linimasa, maupun melalui perangkat realitas virtual (VR).

Inovasi Facebook ini memperkaya beragam format visual di ranah maya, selain dari foto biasa, GIF, dan video.

Arsip Lain:



Namun kabar buruknya, belum semua pengguna bisa menikmatinya. Sejauh ini baru pengguna iPhone berkamera ganda (dual-camera) yang bisa membagikan foto 3D ke Facebook.

Lalu kapan pengguna Android bisa menikmati fitur foto 3D di Facebook? Tenang, pastinya tidak mungkin Facebook mengabaikan para pengguna gadget android yang jumlahnya sangat besar. Kemungkinan ini hanya soal waktu saja.

Nah, sambil menunggu fitur foto 3D ini bisa digunakan untuk HP android, tak ada salahnya kamu memahami lebih dahulu cara mengunggah foto di Facebook dalam format 3D.

Cara membuat foto 3D di Facebook


Lalu, bagaimana caranya? Dilansir dari Kompas.com, berikut cara menggunakan fitur tersebut.

Pertama, buka aplikasi Facebook seperti biasa dan pilih menu untuk mengunggah konten melalui ikon tiga titik. Selanjutnya, akan muncul opsi “3D Photo”.

Tekan opsi itu, lantas Facebook akan otomatis membawa Anda ke galeri foto yang Anda bidik dengan mode “Portrait” pada iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, iPhone X, dan iPhone XS. Facebook menggunakan pemetaan kedalaman (depth maps) yang tersimpan di mode “Portrait” tersebut.

Selanjutnya, pilih foto yang Anda inginkan, lalu Facebook akan otomatis memprosesnya agar menjadi foto 3D.

Jika hasilnya sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, foto siap kamu bagikan ke linimasa, jangan lupa tambahkan caption.

Agar hasil foto 3D tampak lebih maksimal, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

1. Bidik foto dengan lapisan (layer) latar belakang (background) dan latar depan (foreground) yang mumpuni. Misalnya saja foto Anda berdiri di ladang penuh bunga.
2. Perhatikan kontras. Ketika foto memperlihatkan kontras yang mencolok, maka tingkat kedalamannya akan semakin baik. Misalnya foto kamu yang menggunakan baju biru berdiri di depan tembok warna kuning atau merah.
3. Hindari objek yang warnanya transparan seperti plastik atau kaca. Hasilnya, foto 3D tidak  maksimal karena tekstur transparan tidak memberikan kedalaman yang dibutuhkan.

Itulah beberapa tips mengunggah foto 3D Facebook buat kamu yang tertarik dengan fitur terbaru ini. Selamat mencoba ya.

loading...

Labels: Internet, Tekno

Thanks for reading Cara Mengunggah Foto 3 Dimensi Di Facebook. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mengunggah Foto 3 Dimensi Di Facebook"