-->

Tips Memilih Wadah Makan Plastik yang Aman untuk Kesehatan

Wadah atau tempat makan berbahan plastik banyak digunakan. Masyarakat kita lebih menyukai wadah berbahan plastik daripada yang berbahan kaca misalnya. Selain lebih ringan, tidak mudah pecah, dan harganya juga cukup murah.
 
Memilih Wadah Makan Plastik
Aneka wadah makan plastik

Apalagi produk plastik sebagai wadah makanan punya banyak ragam, mulai warna, bentuk, fungsi, kualitas hingga harga. Sebagai konsumen kita harus jeli, karena kebanyakan wadah tersebut dibeli sebagai wadah bekal makanan atau botol air minum anak-anak untuk dibawa ke sekolah.

Sebaiknya jangan memilih wadah makanan semata karena bentuk dan warnanya yang bagus atau harganya murah. Untuk menjaga kandungan nutrisi dan keamanan makanan, perhatikan bahan plastik yang digunakan.
Pilihlah wadah bekal yang aman bagi kesehatan.

Sekilas semua wadah plastik tampak sama. Namun, tidak usah kuatir karena membedakan kotak plastik yang aman dan berbahaya bagi kesehatan tidaklah sulit. Simak tanda-tanda aman dan tidaknya ketika Anda membeli kemasan plastik ini:

Ada beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan ketika membeli kota makan berbahan plastik, yaitu :

1. Kenali Kode-Kode Angka

Di bagian dasar setiap wadah plastik biasanya terdapat kode-kode tertentu yang dilambangkan dengan segitiga dan angka di bagian dalamnya. Setiap angka ini menunjukkan bahan dasar pembuat plastik dan instruksi penggunaannya.


Produk plastik dengan angka 1 hanya dapat digunakan satu kali saja. Produk dengan angka 2 dan 4 cukup aman untuk digunakan 2 atau 3 kali. Produk plastik yang paling aman digunakan adalah yang bersimbol angka 5.

Angka 5 adalah PP (Polypropylene), merupakan jenis plastik terbaik; kuat, tahan panas, cukup resisten terhadap kelembapan, minyak, dan bahan kimia, serta berdaya tembus uap yang rendah.
Namun, jangan sekali-kali memilih peralatan makan dari plastik bernomor 3, 6, dan 7 karena cukup berbahaya dan berisiko tinggi mencemari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Arsip Lain:

2. Label BPA-Free

Jangan gampang tergoda dengan harga kotak makanan murah, karena belum tentu bahannya aman untuk kesehatan. Pilih kotak makan yang bebas BPA.

Label BPA-Free yang berarti bebas kandungan BPA. Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang banyak digunakan dalam kemasan makanan dan minuman.

Selain itu, tempat makan dengan simbol HDPE, LEDPE, dan PP masih aman digunakan.

Sebaliknya, hindari plastik berkode PS (Polystyrene) atau styrofoam karena dibuat dari styrene yang bersifat karsinogen. Termasuk juga resin PC (Polycarbonate) juga sebaiknya dihindari, karena bisa mengontaminasi makanan dengan kandungan BPA.

3. Label Food Grade

Pastikan wadah plastik untuk makanan atau minuman tersebut termasuk ke dalam kategori food grade. Tulisan yang menyatakan wadah plastik aman digunakan adalah tulisan food grade atau approved by FDA atau berupa gambar symbol gelas dan garpu.

Wadah yang berlabel food grade diartikan sebagai wadah yang aman untuk digunakan berkali-kali sebagai tempat menyimpan makanan atau minuman.

4. Daya Tahan

Selain ketiga  hal tadi, penting juga memastikan daya tahan produk, karena  wadah makanan yang aman pun memiliki daya tahan yang berbeda.

- Wadah plastik yang dapat digunakan di microwave, ditandai dengan gambar garis bergelombang di dalam kotak.
- Wadah plastik yang tertera gambar dua garis horizontal yang terdapat di dalam kotak berarti aman digunakan di oven.

Meskipun wadah plastik yang Anda pilih adalah wadah yang aman, sebaiknya tidak mengisinya dengan makanan atau minuman panas serta beraroma tajam. Tujuannya supaya wadah plastik Anda tidak cepat rusak penampilannya dan tahan lama digunakan.

5. Mudah dibersihkan

Penting juga untuk memilih kotak makan plastik yang mudah dibersihkan, karena ini menyangkut higienitas. Untuk kotak makan yang terdiri dari banyak kompartemen atau wadah, pastikan semuanya tercuci bersih tanpa meninggalkan bekas makanan.

Kotak makan sebaiknya segera dicuci setelah dipakai. Bersihkan kotak makan dengan kain basah yang telah direndam dalam campuran sabun dan air hangat. Setelah itu, bilas bersih dan diangin-anginkan hingga kering beberapa saat.

6. Hak Paten

Lebih baik lagi jika tempat plastik yang Anda beli juga bermerek. Dan pastikan juga merek wadah plastik yang Anda beli telah dipatenkan, sebab tidak sedikit  ditemukan wadah plastik dengan merek yang belum dipatenkan dijual ke masyarakat.

Definisi merek paten sendiri berarti telah lulus uji standar kualitas dan produknya aman digunakan.

Demikianlah beberapa poin penting sebagai panduan membeli wadah atau tempat makan plastik. Jangan asal memilih, karena wadah plastik, baik untuk tempat bekal atau tempat makan lainnya, bisa membahayakan kesehatan bahkan berpotensi kanker jika kita asal-asalan memilihnya.

loading...

Labels: Tekno

Thanks for reading Tips Memilih Wadah Makan Plastik yang Aman untuk Kesehatan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Memilih Wadah Makan Plastik yang Aman untuk Kesehatan"