-->

Berbagai Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kayu manis (Cinnamomum verum) adalah sejenis pohon penghasil rempah-rempah yang tumbuh di berbagai negara seperti India, Sri Lanka, Indonesia, Brasil, Vietnam dan Mesir. Seperti dilansir www.rainforest-alliance.org, dari semua negara itu, Indonesia menyumbang sampai 85% kayu manis dengan kualitas yang tak tertandingi dan persentase minyak yang tinggi.

Manfaat kayu manis yang perlu diketahui.
Ilustrasi kayu manis (via Google.com)

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan


Kayu manis terhitung sebagai satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia, orang Mesir Kuno telah menggunakannya sejak 5000 tahun yang lalu. Ini disebutkan dalam beberapa Kitab Perjanjian Lama.

Selama ini orang sering menggunakan kayu manis sebagai bahan makanan yang biasa dicampur kedalam masakan, kue ataupun minuman.

Padahal masih banyak manfaat yang diberikan oleh rempah yang satu ini. Mulai dari pengharum ruangan, bahan untuk menjaga kecantikan, menjaga fungsi otak, melawan diabetes, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan gigi dan hati serta masih banyak segudang manfaat lainnya.

Berikut ini adalah beberapa macam manfaat kayu manis yang perlu kita ketahui :

Kayu Manis Mengontrol Gula Darah

Kandungan antioksidan pada kayu manis bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Proses pencernaan akan terbantu oleh kayu manis karena setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2.

Dilansir Express.co.uk, sebuah studi klinis tahun 2002 menunjukkan kulit kayu manis dapat meningkatkan kadar gula darah dan kolesterol pada orang dengan diabetes tipe 2, selain itu juga dapat mengurangi faktor risiko yang berkaitan dengan diabetes dan penyakit jantung.

Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

Bagi/bila Anda yang mengalami kencing manis, dapat mencoba resep berikut untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Sediakan 3-4 batang kayu manis kering kurang lebih sebesar telunjuk, air putih biasa 1 liter.

Caranya, kayu manis direbus dengan air sampai mendidih dan mengeluarkan warna merah.

Kemudian kecilkan apinya, rebus lagi agak lama sampai warna air lebih merah lagi. Hasil akhirnya nanti jadi sekitar 2,5 gelas. Bau awal rebusan tersebut agak kuat tapi wangi, rasanya seperti teh tawar.

Angkat dan tuangkan rebusan kayu manis dalam gelas minum, diminum hangat-hangat tanpa perlu tambahan apa-apa.

Rebusan kayu manis tersebut dapat diulang dengan menambahkan air dan sebatang kayu manis saja. Minum air dari rebusan kayu manis dua kali sehari, pada waktu bangun tidur dan mau tidur.

Bila sudah turun, untuk tetap mempertahankan kondisi kesehatan, cukup minum 1 gelas saat mau tidur (malam).

Kayu Manis Memiliki Zat Anti Infeksi

Keunggulan kayu manis adalah memiliki komponen anti infeksi yang natural. Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

Sebuah studi dari Touro College di New York menunjukkan bahwa kayu manis mungkin memiliki efek antivirus dan membantu mencegah infeksi pada manusia.

Dr. Milton Schiffenbauer, peneliti dari New York School of Applied Studies dan timnya membandingkan Saign dan cinnamons Ceylon serta ekstrak botani lainnya termasuk bawang, cengkeh, peppermint, kakao dan kunyit Spanyol. Mereka menemukan bahwa kayu manis bisa menonaktifkan virus di beberapa organisme sedangkan ekstrak lainnya tidak.

Kayu Manis Dapat Menurunkan Kolesterol

Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Selama ini kolesterol menjadi salah satu penyakit yang membahayan bagi manusia.

Dengan adanya manfaat kayu manis untuk menyembuhkan kolestertol anda bisa menggunakan bahan non kimia ini sebagai obat alternatif.

Kayu Manis Dapat Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti dilansir Health.com (2018), sesuai studi dari Penn State, diet yang kaya akan kayu manis dapat membantu menangkis efek negatif dari makanan yang berlemak.

Arsip Lain:



Dalam studi, relawan mendapat asupan makanan penuh lemak, sehingga meningkatkan kadar lemak di dalam darah yang dikenal sebagai trigleserida. Dan tingkat trigliserida yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selanjutnya, para relawan tersebut diminta menambahkan 2 sendok makan rempah dalam makanan berlemak, termasuk kayu manis,

Makanan ini lalu diuji dan dibandingkan dengan  makanan yang sama namun tanpa rempah. Hasilnya, penambahan rempah membawa perubahan yang signifikan.


Sampel darah yang diambil setelah makan menunjukkan, dengan penambahan kadar antioksidan di dalam darah sebanyak 13 persen, rempah-rempahan mampu mengurangi trigleserida sampai dengan 30 persen.

Kayu Manis Dapat Mencegah Pertumbuhan Sel kanker

Secara ilmiah, kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas.

Hasil penelitian yang kemudian disimpulkan menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker, lebih dari itu itu, penelitian juga menemukan bahwa kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

Menurut sumber alin, ekstrak kayu manis juga dapat menurunkan kadar stres pada sel melanoma. Malahan cinnamic acid yang ditemukan pada minyak kayu manis juga dapat mengurangi pertumbuhan tumor bahkan membunuh sel-sel tumor pada tubuh.

Kayu Manis Menghangatkan Tubuh

Kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman. Hal ini cocok untuk tubuh yang sedang terkena influenza.

Bahkan pengobatan influenza menggunakan kayu manis ini sudah digunakan sejak jaman dulu di negeri tirai bambu atau Cina.

Kayu Manis Meredakan Rasa Sakit Pada Penderita Rematik

Dalam sebuah penelitian tentang kayu manis yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

Kayu Manis Untuk Diet

Kayu manis mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde, zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Hal ini telah diteliti oleh University of Michigan Life Sciences Institute. Cara penggunaan kayu manis untuk diet ini cukup mudah yakni dengan merebus kayu manis, kemudian diminum dengan madu.


Kayu Manis Untuk Kecantikan Wajah

Siapa sangka bahwa jenis rempah ini sangat berguna untuk penampilan wajah. Kayu manis memiliki sifat anti biotik dan anti mikroba yang akan melindungi kulit dari iritasi, ruam, reaksi alergi, dan infeksi.

Artinya bahwa gangguan pada kulit wajah bisa teratasi menggunakan kayu manis ini. Oleskan minyak esensial pada kulit yang mengalami masalah peradangan, nyeri, atau kemerahan.

Kayu Manis Untuk Kesuburan

Ternyata manfaat kayu manis juga ada untuk kesuburan wanita. Mengkonsumsi kayu manis akan mengurangi risiko wanita untuk terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Penyakit ini membuat fungsi ovarium terganggu sehingga menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan hormonal pada wanita.

Kemudian kayu manis juga bisa memperlancar siklus menstruasi pada wanita, jadi ketika anda mengalami silkus menstrtuasi yang tak beraturan bisa menggunan kayu manis untuk mengatasinya.

Selain manfaat-manfaat kayu manis diatas, masih banyak lagi manfaat lainnya seperti untuk melawan diabetes, mendukung kesehatan jantung, mendukung kesehatan otak dan lainnya.

Demikianlah ulasan terkait manfaat luar biasa kayu manis, semoga bisa menjadi referensi anda mengenai rempah yang tidak susah ditemukan disekitar kita ini.
loading...

Labels: Kayu Manis, Kesehatan

Thanks for reading Berbagai Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Berbagai Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan"